Panduan Cara Install Aplikasi Dapodikmen V.8.3.0 Tahun 2016

Pada kesempatan kali ini, admin akan share bagaimana langkah-langkah install aplikasi Dapodikmen V.8.3.0 untuk entry data Dapodik jenjang pendidikan SMA/SMK pada semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 ini.

Perlu diketahui pada saat ini terkait adanya aplikasi Dapodik, maka semua kebijakan baik yang kaitannya dengan Dana BOS, BSM/PIP, Tunjangan Guru dan lain sebagainya diambil dari hasil sinkronisasi Dapodik. Jadi kesimpulannya aplikasi Dapodik sifatnya sangat vital bagi kegiatan Sekolah.

Pada awal semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 ini, Tim Pengembang Dapodik telah merilis aplikasi Dapodikmen Versi 8.3.0 untuk jenjang SMA/SMK. Bagaimana cara instal Aplikasi Dapodikmen Versi 8.3.0 ini? Simak panduan berikut ini.

A. Panduan Cara Instal Dapodikmen 8.3.0 untuk sekolah baru.

1.   Download Installer Aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.3.0
2.   Selanjutnya instal Dapodik SMA-SMK versi 8.3.0
3. Generate dan download prefill baru dengan menggunakan Kode Registrasi di alamat : http://sync.dikmen.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik/generate_prefill.php
4.   Masukkan file prefill yang sudah di download tadi ke dalam folder C:\prefill_dapodik
5.   Kemudian registrasi pada aplikasi Dapodikmen versi 8.3.0
6.   Setelah registrasi dan login, lakukan validasi di lanjutkan sinkronisasi ONLINE. Tujuannya adalah untuk meng-update referensi-referensi baru.

B. Panduan Cara Instal Dapodikmen 8.3.0 bagi yang sebelumnya telah menginstal dapodikmen versi 8.2.3

1. Pertama, lakukan Sinkronisasi Online. Tujuannya adalah untuk mengirim data-data terakhir setelah melakukan perubahan/edit data
2.   Kemudian Uninstall/Remove/Hapus Aplikasi Dapodikmen versi 8.2.3, gunakan fasilitas menu add/remove pada Control Panel.
3.   Jangan lupa untuk menghapus folder "Dapodik SMA-SMK"  yang ada di C:\Program Files
4.   Restart komputer/laptop.
5.   Download Installer Aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.3.0 = Download aplikasi dapodikmen 8.3.0
6.   Instal Dapodik SMA-SMK versi 8.3.0 seperti biasanya
7.   Restart kembali komputer/laptop
8. Generate dan download prefill baru dengan menggunakan Kode Registrasi di alamat : http://sync.dikmen.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik/generate_prefill.php
9.   Masukkan file prefill yang sudah di download tadi ke dalam folder C:\prefill_dapodik
10. Kemudian registrasi pada aplikasi Dapodikmen versi 8.3.0 dengan menggunakan username atau data yang sama pada Aplikasi Dapodikmen versi 8.2.3. Agar proses registrasi lebih cepat anda dapat menonaktifkan koneksi internet terlebih dahulu.
11. Setelah registrasi dan login berhasil, lakukan validasi di lanjutkan sinkronisasi ONLINE. Tujuannya adalah untuk meng-update referensi-referensi baru.

Setelah selesai melakukan instalasi aplikasi Dapodikmen versi 8.3.0 ini Operator dapat melanjutkan dan menuntaskan proses update data untuk Semester Genap pada Tahun Ajaran 2015/2016, termasuk melengkapi data PTK Dikmen  mengingat Surat Edaran dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor : 1234B/PR/2016 Tanggal 11 Januari 2016 Perihal Surat Edaran Tentang Penyaluran Tunjangan Tahun Anggaran 2016. Semoga bermanfaat.


Sumber https://blogomjhon.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel