Sifat dan Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Sifat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) :

1. Penelitian Tindakan kelas memiliki sifat sebagai berikut:
2. Permasalahan yang di bahas berbasis  kelas, artinya hal-hal yang terjadi di kelas.
3. Kolaboratif, artinya ada kebersamaan kegiatan dengan pihak yang diberi tindakan.
4. Tidak menguji teori, tetapi dilaksanakan berdasarkan teori.
5. Tidak mengeneralisasikan, hasilnya hanya berlaku bagi subjek tindakan itu.
6. Tidak ada populasi dan sampel, yang ada hanya subjek tindakan.
7. Tidak ada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
8. Dilakukan dalam putaran siklus.   

Karakteristik tindakan sebagai berikut  (Cohen dan Manion, 1980) :

1)   Situasional, praktik, dan secara langsung gayut (relevan) dengan situasi nyata dalam dunia kerja. Ia berkenan dengan diagnosis suatu masalah dalam  kontek tertentu dan usaha untuk memecahkan masalah tersebut.

2)   Subjeknya adalah di kelas, anggota staf sekolah, dan yang lain penelitiannya terlibat dengan mereka subjek tindakan.

3)   Memberikan kerangka kerja yang teratur kepada pemecahan masalah.  Penelitian tindakan juga bersifat empiris dalam hal bahwa ia mengandalkan observasi  nyata dan data perilaku, dan tidak lagi termasuk kajian pihak-pihak panitia yang subjektif atau pendapat orang berdasarkan pengalaman masa  lalu.

4)   Fleksibel dan adaptif, memungkinkan adanya perubahan selama masa percobaan dengan mengabaikan pengontrolan karena lebih  menekankan tanggap dan pengujicobaan dan pembaharuan di tempat kejadian.

5)   Partisipatori karena peneliti atau anggota tim peneliti sendiri ambil bagian secara langsung  atau tidak langsung dalam melaksanakan  penelitiannya.

6)   Self evaluative, yaitu modifikasi secara kontinyu dan dievaluasi dalam situasi yang ada /aktual, tujuan akhirnya ialah untuk meningkatkan praktik dalam cara tertentu. Meskipun berusaha secara sistematis, penelitian tindakan secara ilmiah kurang ketat karena ditinjau dari kesahihan instrumen juga agak lemah.


Sumber https://blogomjhon.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel