Di Madinah Baiknya Pilih Fakultas Apa?

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على رسول الله نبينا محمد وعلى أله وصحبه أجمعين

 Topik posting kali ini adalah fakultas apa yang sebaiknya dipilih pada jenjang S Di Madinah Baiknya Pilih Fakultas Apa?
Di Madinah Baiknya Pilih Fakultas Apa?

Topik posting kali ini adalah fakultas apa yang sebaiknya dipilih pada jenjang S1 Universitas Islam Madinah?

Masih belum tau ada fakultas apa saja? Silakan baca pada posting Profil Universitas Islam Madinah! Di sana ana sudah sebutkan fakultas-fakultas apa saja yang ada di UIM disertai dengan jurusan yang tersedia untuk jenjang pascasarjana S2 (Magister) dan S3 (Doktoral) di Universitas Islam Madinah (UIM).

Tulisan ini ana tujukan khususnya bagi teman-teman yang sudah dinyatakan diterima menjadi calon mahasiswa madinah 2015/2016 namun masih bingung untuk memilih fakultas apa nantinya ketika tiba di Madinah dan melakukan muqobalah kedua.

Berikut tips-tips yang ana buat dengan model tanya jawab agar membuka wawasan Antum terkait pemilihan fakultas di UIM:

1- Antum ke Madinah mau belajar ilmu syar'i atau sains?
> Pertanyaan ini tentunya sudah Antum jawab saat daftar online. Kalau Antum mau belajar sains maka Antum akan belajar dengan pengantar bahasa inggris dan harusnya Antum sudah punya sertifikat TOEFL. Adapun jika ingin belajar ilmu syar'i maka Antum akan belajar dengan bahasa Arab.

2- Kalau mau masuk sains tapi belum punya sertifikat TOEFL atau masa berlakunya habis gimana?
> Allahu A'lam. ana nggak tau gimana solusinya.

3- Lihat kemampuan bahasa Arab Antum! Sudah siapkah menerima pelajaran 100% bahasa Arab dari Masyaikh yang kadang juga terselip bahasa 'ammiyyah?
> Jika nilai Antum hancur di fakultas, maka sulit untuk lanjut S2. Ada baiknya Antum masuk Ma'had Lughoh Arobiyyah dulu jika memang Antum masih lemah dalam membaca, menulis, mendengar, maupun berbicara bahasa Arab.

4- Lihat status dan umur Antum?
> Jika status Antum sudah beristri masa masih tetap mau masuk ma'had dulu? Kelamaan -_-. Atau berasa umur Antum sudah cukup tua, masa iya mau persiapan bahasa dulu? Kalau sudah ada modal bahasa cukup, bisa aja nekad masuk fakultas ntar juga terbiasa dan bisa mengikuti. Kalau kemampuan bahasa Arab masih sangat minim ya lebih baik masuk ma'had lughoh dulu agar nilai di S1 tidak hancur sebab problem bahasa ini.

5- Ma'had Lughoh haruskah 2 tahun / 4 semester?
> Bisa kurang dari itu kok. Setau ana minimal 1 tahun, jadi Antum bisa langsung masuk Ma'had mustawa (semester) 3 aja. Atau mau mulai semester 2 juga boleh.

6- Fakultas Qur'an gimana?
> Top deh pokoknya. Mahasiswanya sedikit karena paling sulit masuknya. Hafalan Qur'an Antum harus sudah 30 juz dan lancar.

Fokus pelajarannya ya qiroat 'asyroh dan tafsir. Ada hafalan matan kitab Syatibiyyah. Ilmu syar'i lainnya seperti tauhid, hadits, fiqh, dan nahwu tetap dipelajari namun sedikit.

7- Fakultas Lughoh gimana?
> Gak kalah keren. Mahasiswanya juga sedikit, karena sudah di Arab mungkin jadi males belajar bahasa lagi. Padahal di fakultas ini juga akan dipelajari syair-syair Arab dan balaghoh.

Fokus pelajarannya adalah kebahasaan tentunya, seperti nahwu, shorof, syair, dan balaghoh. Ilmu syar'i lain juga dipelajari sedikit.

8- Fakultas Hadits gimana?
> Wes mantap. Mahasiswanya pertengahan lah, gak terlalu sedikit dan gak terlalu banyak. Hafalan 150 hadits per semester.

Fokus belajarnya mustholah hadits dan ilmu hadits lainnya serta mempelajari kitab-kitab hadits induk. Ilmu tafsir, tauhid, fiqh, nahwu juga dipelajari sedikit.

9- Fakultas Dakwah dan Ushuluddin gimana?
> Ini penting nih mengingat saat ini banyak pemikiran aneh yang jauh menyimpang dari Islam namun mengaku Islam. Jumlah mahasiswanya lumayan banyak.

Fokus belajarnya tauhid, agama lain, aliran pemikiran-pemikiran, dan metode dakwah. Tafsir, Fiqh, hadits, nahwu juga dipelajari sedikit.

10- Fakultas Syariah gimana?
> Wow ini yang paling banyak peminatnya baik dari penduduk lokal Arab Saudi sendiri maupun dari Indonesia. Karena katanya sih, orang Saudi kalau mau kerja resmi itu seperti polisi dan kantoran diutamakan lulusan syariah.

Fokus belajarnya ya seputar masalah fiqh dan ushul fiqh. Ilmu hadits, tafsir, tauhid, dan nahwu dipelajari sedikit.

11- Bisakah nanti pindah fakultas?
> Bisa, maksimal pindahnya ketika awal semester 3. Namun kadang ada fakultas yang tidak mengizinkan pindah dan ada fakultas yang tidak mau menerima pindahan. Biasalah mood orang Arab suka berubah-ubah..

12- Yang dibutuhkan masyarakat desa/kota/negara Antum apa?
> ana sengaja meletakkan spesifikasi pelajaran utama 5 fakultas itu di tengah, agar setelah itu Antum mudah menjawab pertanyaan ini. Lihat masyarakat desa/kota/negara Antum kebanyakan butuh tahsin bacaan Qur'an, butuh ahli tafsir, mempelajari hadits, meluruskan aqidah tauhid, masalah khilafiyah fiqih, sastrawan yang Islami, atau metode pengajaran bahasa Arab yang lebih simple.

13- Kata hati Antum maunya belajar apa?
> Pertanyaan ini jawabannya bisa saja tak sesuai dengan nomor 12 di atas. Jika ditanyakan apa yang dibutuhkan masyarakat, maka jawabannya semua di nomor 12 itu dibutuhkan. Percuma Antum paksakan diri masuk suatu fakultas tertentu tapi hati Antum berat. Alternatif utama dan terakhir adalah pilih fakultas yang sesuai kesenangan hati Antum. In syaa Allah semua ilmu Islam itu akan bermanfaat jika dipelajari dengan ikhlas.

14- Kemampuan Antum seberapa?
> Di fakultas Qur'an sebagaimana sudah disebutkan di atas ada hafalan matan Syatibiyyah. Di fakultas Hadits ada hafalan 150 hadits per semester. Di fakultas Lughoh mungkin ada hafalan sya'ir-sya'ir Arab. Di fakultas Syariah dituntut untuk mengingat perbedaan pendapat dalam mazhab-mazhab Fiqih. Di fakultas Dakwah dituntut untuk memahami perbedaan paham aqidah dan bagaimana bantahannya. Silakan sesuaikan kemampuan diri masing-masing agar tak menyesal nantinya salah pilih fakultas.

Selain di fakultas Qur'an, kewajiban hafalan qur'an satu seperempat (1 1/4) juz per semester. Target tulus 8 semester minimal hafal 10 juz. Adapun hafalan hadits di selain fakultas Hadits, 25 hadits per semester. Yang ini tidak bisa dihindari.

15- Fakultas mana yang masuk S2nya mudah?
> Allahu A'lam. Kira-kira sih, ini kira-kira lho.. Ya yang mahasiswanya paling sedikitlah, karena otomatis saingan sedikit. Contoh fakultas Qur'an dan Lughoh.

16- Untuk S2 yang Sains gimana?
> Allahu A'lam. Ini juga kira-kira lho.. Sains juga mungkin lebih mudah, karena fakultas baru dan mahasiswanya sedikit. Atau coba ke kampus lain yang masih di dalam Kerajaan Saudi Arabia (KSA).

Pembahasan terkait kampus lain bisa dibaca pada posting Tanya Jawab Beasiswa Kerajaan Saudi Arabia (KSA).

Jika ada koreksi dari kawan-kawan atau Asatidz senior UIM terkait konten silakan posting komentar Antum atau kontak ana pribadi, in syaa Allah konten yang kurang tepat akan ana perbaiki.

Copyright @ SantriNabawi.Com
Madinah Al-Munawwarah,
19 Muharrom 1437 H / 2 November 2015 M
Update 23 Muharrom 1439 H / 13 Oktober 2017 M

Sumber http://www.santrinabawi.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel