MENGATASI DATA TIDAK DITEMUKAN DAN GAGAL CETAK NOMOR TIKET ERROR 500 PADA FORM PENDAFTARAN PUPNS

Masalah yang sering muncul ketika kita ingin memasukkan data dalam PUPNS adalah "Data Tidak Ditemukan". Sebenarnya disana sudah ada menu bantuan yang terdapat dalam form PUPNS yaitu sebuah tombol bantuan yang terletak di sebelah kanan form pengisian, tombol itu berfungsi apabila user mengalami permasalahan sewaktu mengisi form tertentu, sehingga kita direkomendasikan untuk menggunakan tombol bantuan tersebut, berikut tampilannya :


Tujuan tombol itu sendiri yakni sebagai sarana bagi user untuk menyampaikan permasalahan yang terjadi pada form yang bersangkutan kepada admin pupns dengan mencetak nomor tiket sebagai acuan dari bentuk permasalahan yang kita sampaikan, namun pada kenyataannya setelah kita mencoba untuk cetak nomor tiket justru mengalami error 500. 

Pada Kesempatan ini saya akan membagikan Solusi error 500 / gagal cetak nomor tiket pada ePUPNS Ketika mengalami Data Tidak Ditemukan, Sebenarnya ada 2 cara, sebelumnya perlu diingat bahwa yang kita butuhkan adalah Nomor Tiket  : 

Cara Pertama : adalah dengan mengcopy link yang ada pada address bar browser pada saat terjadi Error 500. perhatikan gambar di bawah ini : 
seperti yang kita lihat, dalam lingkaran itu adalah Nomor Tiket Kita

Cara Kedua : 
Masuk ke : https://epupns.bkn.go.id/helpdesk Atau klik disini
Kemudian pilih "Jenis Permasalahan"

Dalam hal ini saya memilih "Sekolah Tidak Ditemukan" Sehingga muncul tampilan seperti ini : 
Isi Semua formnya kemudian klik  KIRIM  

Setelah klik KIRIM, maka anda akan dialihkan menuju tampilan "Cetak Pengaduan", 

Setelah klik Cetak, dan Anda akan mendapatkan file PDF berupa "Tanda Bukti Permohonan Bantuan" yang terdapat NOMOR TIKET di dalamnya kemudian Unduhlah file tersebut seperti gambar berikut :  

Itulah 2 cara untuk mencetak nomor tiket, namun yang terpenting adalah anda mengetahui Nomor Tiket Permohonan bantuan tersebut. 

Selanjutnya bagaimanakah caranya untuk mengetahui "Apakah Pengaduan Tersebut Sudah Ada Solusinya / Ada Tanggapan dari Pihak Admin Atau Belum ?"

Perhatikan tulisan yang tertera di bawah Nomor Tiket berikut ini : 
Simpan nomor TIKET untuk melakukan pengecekan status pengaduan. Pengecekan dapat
dilakukan minimal 1x 24 jam

Artinya ya disuruh tunggu 1 x 24 jam, kemudian lihatlah hasil pengaduan anda 
pada alamat : https://epupns.bkn.go.id/menu Atau Klik Disini 

Klik Cek Status, Kemudian Pilih Cek Status Pengaduan.

Setelah itu masukkan Nomor Tiket yang sudah anda peroleh tadi kemudian klik "OK" 


Lihatlah hasilnya, Jika Sudah ada respon dari admin pasti disitu sudah ada solusi dari permasalahan yang anda alami. 

Sumber https://www.pgrionline.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel