MANFAAT APLIKASI PHOTOSHOP BAGI SEORANG ARSITEK

Assalamualaikum. salam sobat IndoINT, semoga dalam keadaan sehat selalu. pertemuan ini, saya mau menjelaskan beberapa kelebihan photoshop bagi seorang arsitek. kalau biasanya arsitek terkenal dengan aplikasi Autocad -nya. maka itu tidak mesti, karena arsitek perlu ditunjang dengan aplikasi grafis lainnya, misalnya Adobe Photoshop.

SEDIKIT MENGENAL ARSITEK.

Arsitek adalah seorang yang ahli dalam merancang bagunan, lingkungan binaan berdasarkan konsep atau ide pemikiran yang berasal dari aspek aspek tertentu. salah satu keahlian arsitek yang sering kita jumpai adalah seni merancang interior rumah maupun exterior atau landscape. dan ketika kita berbicara masalah interior maupun exterior rumah maka diharuskan menguasai aspek estetika dalam proses desain agar menghasilkan desain yang ramah terhadap pandangan maupun lingkungan.

seiring berjalannya waktu, zaman telah memberikan beberapa tekanan bagi seorang arsitek, dimana pada era modern ini tuntutan akan penguasaan aplikasi sangatlah penting. agar hasil desain dapat lebih responsive dimata para klien. contohnya dalam menyuguhkan desain menggunakan gadget yang dapat dibawa kemana - mana dari hasil penyempurnaan dan warna lewat aplikasi grafis seperti photoshop.

PHOTOSHOP UNTUK ARSITEK

Photoshop adalah aplikasi bagi seorang desainer grafis, dimana aplikasi ini berfungsi sebagai alat untuk mendaur ulang objek berupa vektor ataupun gambar/bitmap yang sudah ada atau  membuat objek baru dengan alat - alat canggih yang sudah siap digunakan didalamnya.

Fungsi photoshop sudah sangat jelas arahnya, yaitu memberikan sapaan bagi seorang arsitek untuk memanfaatkan aplikasi ini dalam proses desain mereka. karna konsultasi antara arsitek dan kliennya  tidak lepas dari penerapan hasil desain dalam bentuk gambar.
Kapanpun dan dimana pun seorang arsitek berada, karena mereka butuh tempat untuk menuangkan ide - ide maupun imajinasi agar tetap tersimpan rapi. otak tidak mampu menyimpan begitu banyak ide yang sering muncul secara tiba - tiba.

FUNGSI PHOTOSHOP YANG SEMPURNAKAN PERJALANAN ARSITEK

Menyimpan Ide.

Bagi kebanyakan Arsitek, Ide dapat dituangkan ke dalam bentuk sketsa. tapi apakah ini sudah mencukupi kapasitas imajinasi seorang arsitek ? tentu tidak. sebab secara umum sketsa hanya sebuah gambaran kasar hitam di atas putih. bisa dibilang ide kita masih dalam konteks bentuk, ingatlah selain bentuk, perpaduan warna yang baik akan menghasilkan desain yang sempurna. maka dari itu Photoshop hadir untuk melengkapi kekurangan itu sebagai pelengkap untuk menyimpan ide - ide dasar berupa combinasi warna dalam suatu objek.

Merangsang Imajinasi

Bagi sebagian orang imajinasi adalah hal yang penting namun bagi seorang arsitek imajinasi akan naik 10 level yaitu sangat amat penting, karna dengan ini inovasi desain akan selalu berkembang dari aktu ke waktu. imajinasi yang terbentuk dalam pikiran kita adalah penggabungan informasi - informasi yang telah didapatkan dan berusaha dirangkai oleh otak menjadi sesuatu yang bisa diwujudkan serta sesuatu yang masih samar untuk di wujudkan. dengan seringnya kita melakukan aktifitas maka semakin banyak pula informasi yang didapatkan oleh otak kita melalui 5 indra.
Jadi buatlah Aplikasi Photoshop sebagai tempat Bereksperimen membuat berbagai bentuk dan kombinasi warna  maupun manipulasi objek agar mendapat imajinasi dan  ide- ide baru.

Penyempurnaan Hasil desain 

Suguhan Gambar yang dihasilkan Arsitek harus memiliki  penataan yang rapi agar mudah di mengerti namun tidak lepas dari estetika itu sendiri. jadi sebelum memberikan hasil desain kepada pelanggan, arsitek juga harus membuat suatu hubungan antara beberapa desain lewat satu gambaran umum keseluruhan. sehingga konsultasi menjadi lebih terarah.
8 Profesi yang menggunakan photoshop sebagai alat bantunya
Misalnya ingin memaparkan hasil desain rumah. sementara hasilnya terbagi beberapa lembar. nah fungsi photoshop disini adalah merangkum beberapa gambar utama dalam satu bentuk. sehingga cuma 1 gambar bisa menjelaskan secara umum hasil desainnya tersebut.

Sumber https://www.grafis-media.website/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel