Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris saat Interview

Setelah sebelumnya membahas mengenai cara memperkenalkan diri di depan kelas, sekarang saatnya mengupas lebih tinggi lagi yaitu bagaimana cara memperkenalkan diri saat interview menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar.

Sebenarnya, cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris saat interview itu sama mudahnya dengan memperkenalkan diri di depan kelas. Bedanya hanya pada siapa orang yang dihadapan kita serta pengaruhnya. Jika ada kesalahan, baik dari segi pengucapan ataupun kosakata, memperkenalkan diri di depan kelas tidaklah berpengaruh akan nasib seorang siswa, ujung-ujungnya pasti dinasihati oleh guru agar memperbaiki penguasaan bahasa Inggris kita.

Akan tetapi, ketika memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris saat interview, kesalahan sedikit bisa berakibat hal yang tidak ingin kita rasakan, yaitu, tidak akan diterima di kantor ataupun perusaahaan tempat kita mendaftarkan surat lamaran kerja.

Memang, setelah kita melayangkan surat lamaran kerja, sangat beruntung jika kita dipanggil untuk melakukan interview. Dengan harapan lamaran kerja kita diterima di suatu perusahaan, saat interview terkadang kita disuruh memperkenalkan diri siapakah kita sebenarnya. Agar terkesan “modern dan berbakat”, alangkah baiknya kita menggunakan bahasa Inggris ketika memperkenalkan diri sehingga pihak perusahaan tertarik dengan kemampuan kita.

 sekarang saatnya mengupas lebih tinggi lagi yaitu bagaimana cara memperkenalkan diri saat Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris saat Interview
Interview Kerja (c) Huffingtonpost


Tips Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris saat Interview


Ada beberapa tips ketika kita harus menggunakan bahasa Inggris ketika wawancara / interview kerja, diantaranya :


  1. Mulai dengan senyum ramah, lalu perkenalkan diri kita : nama, tempat dll
  2. Ceritakan latar pendidikan kita secara menyeluruh, bila perlu tambahkan prestasi yang pernah kita raih saat masih sekolah atau sudah di perguruan tinggi. Pastikan tidak terlalu bertele-tele.
  3. Berilah alasan mengapa kita melamar kerja
  4. Sebutkan beberapa hal yang akan kita lakukan jika kita diterima di perusahaan yang kita lamar.
  5. Sebutkan orang yang menginspirasi kita.
  6. Sebutkan hobi atau minat kita
  7. Sebutkan apa yang kita lakukan ketika memiliki waktu senggang
  8. Sebutkan skill kemampuan kita yang berhubungan dengan tempat anda mendaftar kerjaan.
  9. Lalu simpulkan perkenalan kita dengan mengucapkan “Terima Kasih”

Sekedar memberikan gambaran, berikut adalah contoh memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris saat interview / wawancara kerja :
Good Morning Sir/Mam,

I am so happy to introduce myself. My name is Diana Rose, I have graduated from Englishindo University two years ago. I have won many trophies for my university, especially when performing a speech contest in Jakarta.
I have a huge passion on Linguistics and educational world. That is the only reason why I apply this job as an English tutor in this institute.
If I am welcomed to be one of this institute, I will do my best work to teach and educate all students here.
In my spare time, I like to publish some informational posts in my personal website because I love writing. To see my site, you can check it in my curriculum vitae.
I can speak English fluently and write it correctly as
That's all about me sir/mam. Thank you.

Demikianlah contoh dan cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris saat interview ini, meskipun sederhana tapi semoga saja cukup untuk kita dalam memperkenalkan diri di saat interview kerja, semoga sukses selalu.


Sumber https://www.englishindo.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel