Lama Permainan Softball

Lama permainan softball ditentukan oleh Inning. Satu inning adalah satu babak dalam permainan softball. Inning adalah satu kali menjadi regu pemukul dan satu kali menjadi regu penjaga. Setelah seorang pemain memukul bola, maka dia harus berlari ke base satu yang dilanjutkan ke base dua, setelah itu ke base tiga dan selanjutnya kembali lagi ke home plate.  Jika semua  pemain berhasil berlari melewatinya dengan selamat tanpa terkena lemparan bola dari para penjaga. maka disebut satu inning. Dalam permainan resmi, lama permainan adalah 7 inning. Setiap pemain atau batter yang berhasil kembali ke home dengan selamat dan melalui jalan yang benar, baik atas pukulannya sendiri maupun pukulan orang lain akan mendapatkan nilai satu.

Permainan Softball dimainkan oleh dua tim di lapangan Softball. Jumlah pemain setiap tim adalah 9 pemain dan selebihnya merupakan cadangan. Permainan terdiri dari 7 babak yang disebut inning. Di dalam satu inning, tim yang bertanding masing-masing mempunyai kesempatan memukul (batting) untuk mencetak angka . Ketika tim yang menjadi penyerang mendapat giliran memukul, seorang pelempar bola tim bertahan melemparkan bola ke arah penangkap bola sekencang-kencangnya agar bola tidak dapat dipukul.Tim yang mendapat giliran memukul bergantian seorang demi seorang untuk memukul bola. Tim yang berjaga berusaha mematikan anggota tim yang mendapat giliran memukul. Tim yang mendapat giliran memukul mendapat kesempatan 3 kali  sebelum giliran memukul digantikan tim yang bertahan.

Skor yang dihasilkan dari seorang runner yaitu berlari menginjak semua Base secara berurutan dan kembali menginjak home plate. Setiap pelari yang berhasil mengelilingi dan menginjak home plate mendapat satu angka. Waktu permainan ditentukan oleh inning. Setiap tim mendapat giliran memukul sampai 3 kali out dan mematikan tim lawan 3 kali out, disebut 1 inning. Dalam tiap pertandingan sofbol durasi permainan setidaknya 7 inning tergantung situasi, atau lama waktu 2 jam. Setelah menghabiskan inning, tim yang mencetak angka (run) terbanyak menjadi pemenang.

Jika dalam inning yang ditentukan waktu sudah habis dan kedua belah tim dalam keadaan seri, inning tambahan dimainkan sampai salah satu tim keluar sebagai pemenang. Kondisi itu disebut tie break atau seri.  Dalam peraturan internasional, apabila regu menolak permainan ulang atau inning yang ditetapkan oleh wasit, maka ia dinyatakan kalah dengan angka 0 - 7.

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel