KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH 2015

Kisi-Kisi Uji Kompetensi Kepala Sekolah - Berikut ini dalam rangka menyambut persiapan bapak dan ibu selaku yang menjabat Kepala sekolah bisa mempelajari apa saja nanti yang akan diujikan dalam kompetensi yang akan dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan Profesi Tenaga Kependiikan (Pusbangtendik) BPSDMPK Kemdikbud akan menyelenggarakan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (KS) dan Pengawas (PS)  dalam rangka pelaksanaan Program Keprofesian Berkelanjutan (PKB KS dan PS). Peyelenggaraan UKKS dan UKPS antara tgl 18 Maret s.d 28 Maret 2015 di wilayah Dinas Pendidikan Kab/Kota masing-masing.

Kompetensi Kepala Sekolah yang terdiri dari 4 Dimensi yakni :

1.   Kompetensi Manajerial
2.   Usaha Pengembangan Sekolah
3.   Kewirausahaan
4.   Supervisi
 Berikut ini dalam rangka menyambut persiapan bapak dan ibu selaku yang menjabat Kepala se KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH 2015

Dari masing-masing Kompetensi Kepala Sekolah di atas memiliki beberapa Kompetensi, dan masing-masing kompetensi terdapat beberapa Indikator.

Berikut ini Kisi-kisi Uji Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah Tahun 2015 :

1.  MANAJERIAL

a.   Menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan

  • Merumuskan visi sekolah/madrasah
  • Membedakan rumusan visi dan misi
  • Merumuskan misi sekolah/madrasah
  • Membedakan rumusan misi dan tujuan sekolah/madrasah
  • Merumuskan tujuan sekolah/madrasah
  • Membedakan rumusan visi dan tujuan sekolah/madrasah
  • Menyusun rencana kerja sekolah/madrasah
  • Menyusun perencanaan evaluasi program sekolah/ madrasah
  • Mengarahkan perencanaan evaluasi program

b.   Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya secara optimal

  • Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman sekolah/madrasah
  • Memaksimalkan sumberdaya sekolah/madrasah dalam perencanaan dan pelaksanaan program

c.  Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik

  • Mengaitkan budaya sekolah/madrasah dengan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif.
  • Mengarahkan tumbuhnya iklim yang memotivasi timbulnya prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan psikologis peserta didik
  • Mencerahkan peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dalam meningkatkan prestasi belajar

d.   Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal

  • Menganalisis kebutuhan guru dan staf
  • Menugaskan guru dan staf sesuai dengan kompetensi yang dimiliki
  • Melatih guru dan staf dalam peningkatan keprofesian berkelanjutan
  • Menerapkan prinsip penghargaan dan pembinaan untuk meningkatkan motivasi kerja guru dan staf

e.   Mengelola sarana dan prasarana sekolah/ madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal   

  • Menganalisis kebutuhan sarana prasarana
  • Menganalisis kebijakan program tertulis mengenai pengelolaan sarana prasarana
  • Memaksimalkan penggunaan sarana prasarana yang ada di lingkungan sekolah/madrasah
  • Memaksimalkan pemeliharaan dan pendayagunaan sarana prasarana dengan memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan

f. Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan, dan pengembangan kapasitas peserta didik       

  • Menyeleksi peserta didik baru (PPDB)
  • Melaksanakan PPDB secara objektif, transparan, akuntabel, dan tidak diskriminatif
  • Melaksanakan orientasi peserta didik baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan
  • Mengarahkan peserta didik sesuai kompetensi, bakat, dan minat

g. Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien    

  • Menyusun RKAS
  • Melaksanakan pengelolaan keuangan sekolah/madrasah secara transparan dan akuntabel
  • Mengevaluasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/madrasah (RKAS)

h. Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah / madrasah  
  • Membuat daftar urut kepangkatan pegawai
  • Menerapkan pelayanan operasional standar ketatausahaan sekolah/madrasah

i. Melakukan monitoring, mengevaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya            

  • Menganalisis kinerja sekolah/madrasah melalui Evaluasi Diri Sekolah/madrasah
  • Melaksanakan tindak lanjut hasil monitoring dan evaluasi program sekolah/madrasah


2.  USAHA PENGEMBANGAN SEKOLAH

a.   Mengembangkan organisasi sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan

  • Menganalisis tugas dan fungsi sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif
  • Merancang struktur organisasi sekolah/ madrasah sesuai hasil analisis tugas dan fungsi
  • Melaksanakan rincian tugas dan fungsi pengembangan struktur organisasi
  • Mengevaluasi keterlaksanaan tugas dan fungsi sesuai dengan struktur organisasi

b.  Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/ madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif

  • Mengembangkan perangkat yang menunjang organisasi pembelajar
  • Mengembangkan suasana belajar yang kondusif bagi seluruh warga sekolah/madrasah
  • Merumuskan prinsip-prinsip evaluasi pengembangan perangkat organisasi pembelajar

c. Mengelola hubungan sekolah/madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah

  • Menggali bentuk dukungan masyarakat / stakeholder dalam penyelenggaraan pendidikan
  • Membangun kemitraan dalam pengembangan sekolah/madrasah
  • Menggali sumber daya yang berasal dari masyarakat/ pemangku kepentingan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan

d.   Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional

  • Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi
  • Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses
  • Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian
  • Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar kompetensi lulusan

e. Mengelola unit layanan khusus sekolah/ madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah
·       Merumuskan tujuan layanan khusus
·       Menyusun program unit layanan khusus sekolah
·       Mensinergikan unit layanan khusus sekolah dengan pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah
·       Mengevaluasi program unit layanan khusus sekolah
f. Mengelola sistem informasi pendidikan di sekolah/ madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
·       Menyusun program Sistem Informasi Sekolah (SIS)
·       Meningkatkan peran warga sekolah dalam memberdayakan Sistem Informasi Sekolah (SIS)
·       Menggunakan Sistem Informasi Sekolah (SIS) dalam membantu pengambilan keputusan
g.   Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah

  • Menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pengolahan data
  • Menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam penyampaian informasi sekolah
  • Memfasilitasi guru dalam merancang model pembelajaran berbasis ICT
  • Memfasilitasi guru dalam mengevaluasi model pembelajaran berbasis ICT

h.   Kepemimpinan Pembelajaran

  • Mengembangkan strategi dalam peningkatan prestasi akademik seluruh siswa secara berkelanjutan
  • Memecahkan masalah peningkatan prestasi belajar.
  • Melaksanakan program peningkatan prestasi belajar.
  • Menilai pelaksanaan program peningkatan prestasi belajar.

i.  Membangun kultur pembelajaran yang progresif dan kondusif di sekolah agar hasil belajar siswa dapat mencapai target optimal

  • Menganalisis lingkungan belajar yang kondusif
  • Mendukung iklim pembelajaran akademis
  • Memaksimalkan pembiasaan positif seluruh warga sekolah agar menjadi komunitas pembelajar

j.    Melibatkan pemangku kepentingan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran

  • Mengarahkan warga sekolah dalam mengatasi permasalahan pembelajaran
  • Menganalisis komitmen warga sekolah untuk melakukan hal yang terbaik
  • Menjalin jejaring sekolah untuk optimalisasi proses dan hasil pembelajaran

k.   Melibatkan pemangku kepentingan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran

  • Menetapkan harapan-harapan yang tinggi bagi warga sekolah dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya
  • Memfasilitasi warga sekolah untuk melakukan eksperimentasi, prakarsa moral dan hal-hal baru dalam pembelajaran

l.  Meningkatkan hasil belajar warga sekolah melalui peningkatan mutu proses pembelajaran secara berkelanjutan

  • Melakukan pengembangan kurikulum yang berkelanjutan
  • Memaksimalkan peran organisasi profesi untuk meningkatkan profesionalisme warga sekolah


3.  KEWIRAUSAHAAN

a.   Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/ madrasah

  • Merancang inovasi untuk pengembangan sekolah/ madrasah
  • Menciptakan gagasan kreatif dalam pengembangan sekolah

b.  Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif

  • Merancang strategi dalam membangun budaya kerja keras
  • Menerapkan strategi untuk membangun budaya kerja keras
  • Membangun etos kerja untuk mencapai keberhasilan sekolah

c.  Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/ madrasah

  • Menunjukkan keinginan yang kuat untuk sukses
  • Melakukan upaya-upaya positif untuk mencapai target yang ditetapkan

d. Pantang menyerah dan selalu mencari solusiterbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah

  • Memperhitungkan risiko yang muncul akibat upaya yang dilakukan
  • Merumuskan alternatif solusi dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah

e.   Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah/ madrasah sebagai sumber belajar peserta didik

  • Membangun kemandirian dalam mengelola sumber daya sekolah
  • Menggunakan peluang untuk memaksimalkan kegiatan sekolah


4.  SUPERVISI

a.   Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru

  • Menyusun program supervisi akademik
  • Merumuskan tahapan teknik supervisi akademik.
  • Menjabarkan tujuan supervisi akademik pada masing-masing lingkup pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran
  • Menggunakan pendekatan supervisi akademik yang efektif
  • Menyusun prosedur monitoring dan evaluasi supervisi akademik
  • Merumuskan kriteria pencapaian tujuan supervisi akademik (output)

b.   Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat

  • Melaksanakan supervisi akademik yang didasarkan pada kebutuhan dan masalah nyata yang dihadapi oleh guru
  • Membangun hubungan dengan guru dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan supervisi berdasarkan prinsip-prinsip supervisi akademik
  • Menggunakan pendekatan dan teknik supervisi akademik yang tepat dan sesuai dengan tujuan supervisi akademik
  • Memecahkan masalah pengembangan pembelajaran supervisi akademik
  • Menggunakan teknologi informasi untuk mendukung keefektifan supervisi akademik

c.   Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru

  • Merumuskan kriteria pencapaian dampak supervisi akademik (outcome)
  • Mengembangkan instrumen pengukuran pencapaian hasil langsung (output) supervisi akademik
  • Melakukan analisis hasil evaluasi untuk kepentingan tindak lanjut
  • Mengembangkan program tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi supervisi akademik
  • Menentukan langkah-langkah supervisi klinis

Sumber https://www.maribelajarbk.web.id/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel