Martinus Willem Beijerinck - Salah Satu Pendiri Virologi.

 adalah seorang ahli mikrobiologi dan ahli botani Belanda Martinus Willem Beijerinck - Salah Satu Pendiri Virologi.
Martinus Beijerinck
Lahir: 16 Maret 1851 Amsterdam, Belanda

Meninggal: 1 Januari 1931 (umur 79) Gorssel, Belanda

Bidang: Mikrobiologi

Lembaga: Wageningen University , Delft School of Mikrobiologi (pendiri)

Almamater: Leiden University

Dikenal untuk: Siklus nitrogen, Chemoautotrophy, Virologi, Sulfat-Bakteri, Budidaya bakteri

Pengaruh: Sergei Winogradsky

Penghargaan: Leeuwenhoek Medal (1905)
Willem Martinus Beijerinck adalah seorang ahli mikrobiologi dan ahli botani Belanda. Lahir di Amsterdam pada 16 Maret 1851 dan meninggal pada 1 Januari 1931 Dia belajar di Sekolah Teknik dan dianugerahi gelar Tehnik Kimia pada tahun 1872. Meraih gelar Doctor of Science dari Universitas Leiden, Jerman pada tahun 1877.

Pada saat itu di Delft, sebuah Politeknik tidak memiliki hak untuk memberikan gelar doktor, sehingga Leiden menjadi seorang guru mikrobiologi di Sekolah Pertanian di Wageningen (sekarang Wageningen University) dan kemudian di Polytechnische Hogeschool Delft (Delft Politeknik, saat ini Delft University of Technology) (dari 1895).

Dia mendirikan Delft School of Mikrobiologi. untuk bidang studi mikrobiologi pertanian dan mikrobiologi industri yang menghasilkan penemuan fundamental dalam bidang biologi. Prestasinya dibayang-bayangi oleh orang-orang sezamannya seperti Robert Koch dan Louis Pasteur, karena tidak seperti mereka, Beijerinck tidak pernah belajar penyakit manusia.


Penemuan

Willem Martinus Beijerinck dianggap sebagai salah satu pendiri virologi. Pada tahun 1898, ia menerbitkan hasilnya setelah melalui percobaan penyaringan menunjukkan bahwa penyakit mosaik tembakau disebabkan oleh agen infeksi lebih kecil dari bakteri.

Hasilnya sesuai dengan pengamatan serupa yang ditemukan oleh Dmitri Ivanovsky pada tahun 1892. Ivanovsky, Adolf Mayer dan Beijerinck mangatakan bahwa agen infeksi tidak bisa disaring, namun Beijerinck menyimpulkan bahwa agen dapat mereplikasi dan berkembang biak pada tanaman hidup. Dia memberi nama baru virus patogen untuk menunjukkan sifat non-bakteri tersebut. Beijerinck menyatakan bahwa virus itu agak cair di alam, ia menyebutnya " contagium vivum fluidum "(cairan menular hidup). Tidak sampai kristal pertama dari virus mosaik tembakau (TMV) yang diperoleh Wendell Stanley pada tahun 1935, mikrograf elektron pertama TMV diproduksi pada tahun 1939 dan analisis kristalografi sinar-X pertama TMV dilakukan pada tahun 1941 membuktikan bahwa virus itu partikulat .

Beijerinck juga menemukan Nitrogen fiksasi, proses dimana diatomik gas nitrogen diubah menjadi ion amonium dan berguna bagi tanaman. Bakteri melakukan fiksasi nitrogen, tinggal di dalam bintil akar dari tanaman tertentu (kacang-kacangan). Selain menemukan reaksi biokimia penting untuk kesuburan tanah dan pertanian, Beijerinck mengungkapkan contoh archetypical ini simbiosis antara tanaman dan bakteri .

Beijerinck menemukan fenomena bakteri reduksi sulfat, suatu bentuk respirasi anaerobik. Dia telah mempelajari bahwa  bakteri bisa menggunakan sulfat sebagai pusat akseptor elektron, bukan oksigen. Penemuan ini memiliki dampak penting pada pemahaman kita tentang siklus biogeokimia, Spirillum desulfuricans, bakteri-pereduksi sulfat pertama kali dikenal, diisolasi dan dijelaskan oleh Beijerinck.

Beijerinck menemukan budaya pengayaan ( enrichment culture), metode fundamental yang mempelajari mikroba dari lingkungan. Dia sering salah dikreditkan dengan membingkai gagasan ekologi mikroba bahwa "segala sesuatu di mana-mana, tapi yang memilih lingkungan", yang dinyatakan oleh Lourens Baas Becking.

Beijerinck adalah sosok eksentrik sosial. Dia kasar secara verbal kepada siswa, tidak pernah menikah, dan memiliki beberapa kolaborasi profesional. Ia juga dikenal karena pertapa gaya hidup dan pandangannya tentang ilmu pengetahuan dan pernikahan yang tidak kompatibel. Popularitas rendah dengan murid-muridnya secara berkala menekannya, karena ia sangat senang untuk menyebarkan antusiasme biologi di kelas. (WIkipedia)
Sumber https://blogpenemu.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel