Latihan Senam Pembentukan Otot Perut

Siapa sih yang tidak menginginkan bentuk tubuhnya kelihatan macho, Semua tentu menginginkannya baik laki-laki ataupun perempuan. Punya tubuh atletis dan ideal menjadi kebanggaan tersendiri. Kelihatan gendut adalah suatu hambatan untuk tampil ideal, untuk itu bagaimana melatih otot perut agar mempunyai bentuk yang bagus? Berikut ulasannya:

Apakah otot perut itu?
Otot perut adalah jaringan daging dalam tubuh yang membalut perut. Otot berfungsi untuk menggerakkan tubuh. Otot dibagi menjadi 3 macam, yaitu otot Lurik, Otot polos, dan Otot jantung.

  • Otot lurik adalah otot yang digunakan untuk mengeluarkan tenaga besar. otot ini membalut seluruh bagian luar otot manusia. gerakan otot lurik berasal dari sinyal motorik dari otak dan bersifat sadar.
  • Otot polos adalah otot yang berada dalam pencernaan dan pembuluh darah. Otot ini digerakkan oleh saraf tak sadar atau saraf otonom.
  • Otot jantung adalah Otot yang bekerja khusus untuk memompa darah pada jantung ini adalah jaringan otot yang sanggup berkontraksi secara terus-menerus tanpa henti. Pergerakannya tidak dipengaruhi sinyal saraf pusat. Otot jantung dapat dipengaruhi oleh interaksi syaraf simpatetik atau parasimpatetik yang memperlambat atau mempercepat laju denyut jantung, namun tidak dapat mengontrolnya secara sadar.
Bagaimana cara pembentukan otot perut?
Cara pembentukan otot perut dapat melalui senam perut atau Sit Up. Sit Up adalah gerakan baring duduk. Cara melakukan Sit Up adalah sebagai berikut:
  1. Sikap permulaan adalah terlentang dengan kedua lutut ditekuk dan kedua telapak tangan dikaitkan dibagian kepala dan kedua siku disamping telingan. Selalu konsentrasi saat latihan.
  2. Gerakan satu dilakukan dengan mengangkat badan ke atas dan kembali ke sikap duduk 
  3. Gerakan dua kembali kesikap telentang. 
  4. Gerakan turun naik baring duduk dilakukan secara berlahan-lahan dan berulang ulang dengan hitungan 2 X 4 hitungan
Olahraga senam perut atau sit up ini dapat anda lakukan setiap pagi selama 1 menit saja. Ini sudah memberikan satu pengaruh yang sangat besar terhadap pembentukan otot perut anda. Bagi pemula yang baru akan melakukan olah raga sit up harus melalui pemanasan terlebih dahulu. Gerakannnya pun jangan terlalu banyak misalnya 5 - 7 kali saja. Kemudian besok ditambah lagi menjadi 10 -15 dan seterusnya. Setelah itu anda dapat rutin melakukan sit up 1 menit setiap hari. Bagi orang yang sudah terlatih olahraga sit up dalam satu menit dapat melakukan baring duduk  sebanyak 50 kali. Ini sudah cukup untuk rutinitas senam pembentukan otot perut. 

Jika latihan ditargetkan untuk membentuk otot perut yang Six Pack, latihan harus ditambah lagi, tidak hanya satu menit, tapi bisa 2 sampai 5 menit. Six Pack adalah tonjolan otot pada bagian perut yang membentuk karakter perut sehingga kelihatan kotak-kotak di sisi perut sebelah kanan dan kiri. Bentuk seperti ini tidak dapat diraih dengan dalam waktu singkat, namun harus melalui latihan minimal selama 3 bulan.   

Latihan sit up dapat anda lakukan dimana saja. Tidak hanya di rumah, tetapi di tempat-tempat fitness yang di situ banyak teman-teman yang berolahraga. Atau pada saat berlari pagi, di lapangan atau di jalan perkampungan yang bersih. Di situ anda dapat berhenti sejenak untuk melakukan sit up. Bisa dengan kaki dipegang oleh teman anda atau sendirian jika anda dapat melakukannya. 

Selamat mencoba...........



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel