Ilustrasi Grammar-translation Method

Ilustrasi Grammar-translation Method - Untuk memperkuat pemahaman dalam memahami Grammar-translation Method, penulis hadirkan sebuah ilustrasi keadaan kelas bahasa yang menggunakan GTM sebagai metodenya. Berikut ini adalah ilustrasi singkatnya.

Pelajaran dimulai dengan sapaan dari guru kepada siswa, yang dilanjutkan dengan warm up tentang materi yang akan diajarkan. Selanjutnya masing-masing siswa diminta untuk membaca sebuah teks bacaan bahasa Inggris yang kemudian diminta untuk menterjemahkannya.

Setelah siswa selesai membaca dan menterjemahkanya, guru memberikan sebuah kesempatan kepada siswa untuk menanyakan tentang hal-hal yang belum diketahui mengenai teks bacaan tersebut. Jika ada yang bertanya mengenai sebuah makna dari Vocabulay baru, guru menjawab atau menjelaskannya dengan menggunakan bahasa aslinya (native language).

Jika sudah tidak ada pertanyaan lagi, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang teks bacaan tersebut dalam bahasa Inggris. Guru juga bisa menambahkan pertanyaan yang menanyakan pendapat pembaca mengenai teks bacaan seperti 'Apa pendapat kamu tentang ....' atau 'Apakah kamu pernah ....'


Setelah batas waktu berakhir, guru memeriksa pekerjaan siswa. Beberapa siswa diminta untuk membaca dan menjawab pertanyaan. Jika jawabannya benar, guru meminta siswa lain untuk melanjutkannya. Tetapi jika jawabannya salah, guru memilih siswa lain untuk menjawabnya atau menjawabnya sendiri.

Aktifitas selanjutnya, guru menerangkan unsur grammar yang ada di teks bacaan tersebut. Misalkan teks yang dibaca berisi unsur grammar tentang past tense, guru menerangkan dan menjelaskan apa itu past tense, bagaimana cara membuat kalimat past tense, ciri-cirinya dan di perkuat dengan contoh.

Selanjutnya, siswa diminta untuk menggunakan peraturan grammar yang sudah dipelajari dengan membuat beberapa kalimat yang serupa dengan contoh yang diberikan oleh guru tapi berbeda kata atau diksi. Misalkan guru memberikan contoh penggunaan past tense seperti ini 'I went to the supermarket last night', kemudian siswa menggantinya dengan 'I went to the hospital last night'.

Sebagai penutup, siswa diberikan beberapa soal mengenai vocabulay dan penggunaan peratuaran grammar yang baru dipelajari. Soal diberikan dengan bentuk tulis untuk mengukur kepahaman siswa terhadap materi yang diberikan.

Sumber http://www.belajarbahasainggris.us/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel