ideologi kapitalisme | pengeritan, latar belakang, cangkupan

ideologi kapitalisme | pengeritan, latar belakang, cangkupan, Ajaran, Keterkaitan, Tokoh Pemikir, dan Perkembangan

Tongsampah - Kali ini kita akan membahas mengenai ideologi kapitalisme | pengeritan, latar belakang, cangkupan, Ajaran, Keterkaitan, Tokoh Pemikir, dan Perkembangan. Ini adalah tugas kuliah dari Ideologi Negara.

Langsung saja ke pokok bahasan.

1. Pengertian Kapitalisme

Kapitalisme adalah sistem perekonomian yang menekankan peran kapital (modal), yakni kekayaan dalam segala jenisnya, termasuk barang-barang yang digunakan dalam produksi barang lainnya (Bagus, 1996).
(Sumber: . Diakses pada Jum’at, 28 Maret 2014. Pukul 14:59)

2.Ajaran/Teori Kapitalisme

Max Weber mengungkapkan bahwa kemunculan kapitalisme erat sekali dengan dengan semangat religius terutama kaum protestan. Pendapat ini didukung Marthin Luther King yang mengatakan bahwa lewat perbuatan dan karya yang lebih baik manusia dapat menyelamatkan diri dari kutukan abadi. Tokoh lain adalah Benjamin Franklin dengan mottonya yang sangat terkenal yaitu “Time Is Money”, bahwa manusia hidup untuk bekerja keras dan memupuk kekayaan.

3.Latar Belakang/Sejarah Kapitalisme

Kapitalisme muncul di Eropa pada abad ke-16. Kapitalisme muncul dari paham feodalisme di Eropa. Kapitalisme di Eropa muncul dari pemikiran kaum ilmiah yang pada awalnya berfikir untuk mensejahterakan kaum buruh. Sejarah kapitalisme melewati tiga fase dimulai dari Kapitalisme Awal (1500-1750), Kapitalisme Klasik, Kapitalisme Lanjut.
(Sumber: . Diakses pada Jum’at, 28 Maret 2014. Pukul 15:21)

5.Keterkaitan dengan ideologi lain

Keterkaitan Kapitalisme dengan Liberalisme terlihat dalam perkembangannya yang sejalan. Perbedaannya, Kapitalisme berdasarkan determinisme Ekonomi, sementara Liberalisme tidak semata didasarkan pada ekonomi melainkan juga filsafat, agama, dan kemanusiaan.
(Sumber: . Diakses pada Jum’at, 28 Maret 2014. Pukul 15:30)

6.Tokoh pemikir/pengembang Kapitalisme

John Locke, Adam Smith, David Ricardo, Robert Malthus, Lord Keynes, David Hume, Marthin Luther King, dan Karl Marx.
(Sumber: aariefsugianto503.blogspot.com/2011/07/makalah-tentang-kapitalisme-sosialisme.html. Diakses pada Jum’at, 28 Maret 2014. Pukul 15:39)

7.Perkembangan/keadaan saat ini Kapitalisme

Saat ini Kapitalisme dengan mudahnya berkembang pesat. Hal ini dibuktikannya dengan adanya pasar bebas (globalisasi) yang memberikan kesempatan untuk semua orang berbisnis tanpa adanya penghalang khusus. Pemilik modal banyaklah yang berhak berkuasa. Negara hanya sebagai pelengkap saja.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.

Sumber https://manusiapinggiran.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel