RUANG LINGKUP KAJIAN PERBANDINGAN KONSTITUSI | Materi Perbandingan Konstitusi

RUANG LINGKUP KAJIAN PERBANDINGAN KONSTITUSI

Tongsampah - Setelah sebelumnya kita membahas mengenai Istilah Perbandingan Konstitusi dimana didalamnya membahas mengenai penjelaasan Perbandingan Konstitusi. Maka untuk memperlengkap materi akan kita lanjutkan pembahasan kita mengenai RUANG LINGKUP KAJIAN PERBANDINGAN KONSTITUSI.

RUANG LINGKUP KAJIAN PERBANDINGAN KONSTITUSI


Secara factual atau nyata, hampir tidak ada suatu Negara dibelahan Dunia ini yang tidak mempunyai konstitusi dalam praktik kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh sebab itu, adanya konstitusi dalam sebuah Negara merupakan suati keniscayaan atau keharusan, karena didalam konstitusi diatur bagaimana hubungan pemerintah dengan warganegaranya.

Menurut Sri Soemantri, lapangan penyelidikan perbandingan konstitusi adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan teori konstitusi, proses pembentukan konstitusi, dan materi muatan konstitusi yang terkandung dalam konstitusi pada masing-masing Negara.

Sedangkan menurut Francois Venter, ruang lingkup konstitusi meliputi :
a. Supermasi Konstitusi (predominance of the constitution)
b. Hak-hak Asasi Konstitusional (constitutional right)
c. Demokrasi dan Pembagian Kekuasaan (democracy and distribution of authority)

Mungkin itu sedikit pembahasan mengenai RUANG LINGKUP KAJIAN PERBANDINGAN KONSTITUSI, Untuk lebih menguasai materi Perbandingan Konstitusi penulis sarankan agar kawan mau untuk membaca artikel mengenai Metode Perbandingan Konstitusi yang merupakan kelanjutan materi dari artikel ini.

Sumber https://manusiapinggiran.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel