Contoh RPP metode Desuggestopedia
Saturday, July 21, 2012
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Desuggestopedia
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : X/ I
Materi : Listening
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A. Standar Kompetensi
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam bentuk perkenalan diri dan pemberian salam.
2. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam bentuk respo terhadap berita buruk.
B. Kompetensi Dasar
1. Merespons makna yang terdapat dalam percakapan transaksional sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam bentuk perkenalan diri (introducing yourself.).
2. Merespons makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk respon ke berita buruk.
C. Indikator
· Mengidentifikasi makna dari dialog introducing yourself.
· Mengidentifikasi cara merespon berita buruk.
D. Tujuan Pembelajaran
· Sisw mampu memperkenalkan diri mereka.
· Siswa mampu merespon terhadap berita buruk.
E. Materi Pokok
· Berkenalan
Getting to Know Each Other
Iccank: it is nice sunset, isn’t it?
Lin: yeah, really.
Iccank: by the way my name is Iccank Siwon Rege.
Lin: nice to meet you, I am Lin Depouse. Just call me Lin and how should I call you?
Iccank: just call me Iccank
Lin: and where are you from?
Iccank: I am from Seoul, south orea and you?
Lin: I am from Indonesia
Iccank: what do you do for a living?
Lin: I am a nurse and what about you?
Iccank: I am a teacher.
Lin: well Iccank I have to go, see you later. Bye
Iccank: okay, bye bye.
§ Merespon ke berita buruk (responding to bad news)
Dialogue 1
(Anita and Julia are reading a newspaper in the library)
Anita : Look! Oh no.
Julia : What is it?
Anita : It’s about the earthquake and the tsunami in Aceh. It’s really
terrible. The news states that at around 8 a.m. the earthquake
shook the land of Aceh and the tsunami burst out not long after
that. They destroyed the land 15 minutes later. More than two
hundred thousand people died and many were missing.
Julia : It’s unbelievable.
(Anton joines them).
Anita : Hi, Anton. How are you?
Anton : Not so good.
Anita : Why? Are you sick?
Anton : No. This morning I watched TV. All the news was about the
tsunami in Aceh and North Sumatra. You know, most of my
relatives live there.
Anita & Julia : We are really sorry to hear that.
Anton : Thanks for your concern.
F. Metode dan Pendekatan Pembelajaran: (De)suggestopedia
G. Langkah-Langkah Kegiatan
Langkah-Langkah Kegiatan |
1. Guru mendekorasi kelas: menempelkan gambar-gambar yang bebentuk poster yang berisi pemandangan Inggris dengan tujuan membentuk suasana kelas nampak lebih menyenangkan. (terdapat di lmpiran). 2. Guru memberi salam ke siswa dan memberitahu bahwa para siswa tidak akan belajar bahasa inggris melainkan mendapatkan pengalaman yang menarik dalam pengajaran bahasa. 3. Guru memperlihatkan nama-nama artis atau pun idola lain dari negeri barat. dan menginformasikan ke siswa bahwa mereka akan memilih salah satu dari nama tersebut beserta profesinya. Nama-nama tersebut di cetak berwarna dan nama perempuan berbeda kolom dengan nama laki-laki(terdapat pada lampiran) 4. Guru diikuti siswa mempraktekan cara penyebutan setiap nama-nama familiar tersebut. 5. Guru menberitahukan siswa bahwa mereka akan mempunyai identitas baru sesuai nama yang dipilh oleh siswa bersama dengan profesinya. 6. Setiap siswa memilih salah satu dari nama–nama tersebut dan memilih pekerjaan mereka dengan bantuan guru–yang menggunakan pertunjukan bisu atau pantomime. 7. Guru kemudian mengajarkan cara memberi memperkenalkan diri dan menanyakan pekerjaan orang lain. (terdapat pada lampiran) 8. Para siswa mempraktekkan cara memperkenalkan diri dan menanyakan pekerjaan orang lain. 9. Setelah siswa memahami cara memperkenalkan diri dan menanyakan pekerjaan orang lain, mereka memperkenalkan diri mereka masing-masing sesuai dengan identitas baru mereka. 10. Guru kemudian menceritakan ke siswa bahawa mereka akan memulai petualangan baru dalam pembelajaran bahsa inggris dan mendistribusikan ‘hand out’ 21 halaman yang berisi dialog berikut penjelasan sederhana terkait penggunaan grammar yang terdapat pada dialog. Dialognya disertai dengan terjemahan bahasa Indonesia untuk membuat makna percakapan jelas bersama dengan penjelasan sederhana grammar dan vocabulary terkait 11. Guru menginformasikan bahwa dia akan membaca dialog tersebut dan diikuti oleh siswa sambil mendengarkan musik klasik (guru memabaca dialog dengan mencoba mengikuti irama dari musik) 12. Kemudian para siswa diistirahatkan sejenak (±15 menit) sejenak. 13. Setelah para siswa keluar kelas, guru memasang pemandangan alam Inggris di dinding-dinding kelas yang dapat menyejukkan hati para siswa. 14. Kemudian para siswa memasuki kelas. 15. Guru menginformasikan bahwa mereka akan membaca dialog tersebut untuk ke dua kalinya sambil mendengar musik kalsik yang berbeda dari sebelumnya. 16. Guru pada kali ini membaca dialog tanpa ada usaha untuk mengikuti irama musik; pra siswa menutup ‘hand out’ mereka. Mereka hanya mendengarkan guru. |
H. Sumber/ Bahan dan Alat
Contextual Teaching and Learning Bahasa Inggris: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas IX Edisi 4 oleh Gunarso Susilohadi.
I. Evaluasi
Tak terdapat evaluasi
J. Penilaian
Tak terdapat contoh cara penilaian
Makassar, 24 Juni 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA N 96 Guru Mata Pelajaran
Kaimuddin Ismail Marsuki, S. Pd
NIP. NIP.