Cara Cek Keaslian Surat Melalui Aplikasi https://persuratan.kemdikbud.go.id/login/ceksurat


Salam semangat buat seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan. Pada postingan kali ini admin akan membagikan informasi tentang Cara Cek Keaslian Surat Melalui Aplikasi Persuratan Cek Surat Kemdikbud. 
Sedikit cerita, suatu hari admin pernah ragu dengan sebuah keaslian surat yang di bagikan oleh rekan-rekan baik di Forum WA ataupun FB. Terlintas di pikiran admin, ini surat asli atau tidak? Oleh karenanya, admin mencoba melakukan searching di google "Bagaimana Cara Cek Keaslian Sebuah Surat?". Alhasil, admin menemukan solusinya. Dan ternyata surat tersebut memang asli atau valid.


 Admin, apa solusinya?
Solusinya adalah melalui Aplikasi Cek Surat Kemdikbud.  
Aplikasi Cek Surat Kemdikbud? Barangkali menjadi sesuatu yang baru bagi rekan-rekan termasuk admin juga awalnya. 

Jadi, Aplikasi Cek Surat Kemdikbud ini adalah sebuah aplikasi persuratan yang dirilis oleh Kemdikbud yang dapat digunakan untuk mengecek validitas sebuah surat (Asli atau Bukan). 


Salam semangat buat seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan Cara Cek Keaslian Surat Melalui Aplikasi https://persuratan.kemdikbud.go.id/login/ceksurat
Gambar : Halaman Akses Aplikasi Cek Keaslian Surat Kemdikbud

Aplikasi tersebut dibuat karena sudah banyak aduan dari satuan pendidikan yang menjadi korban penipuan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab mengatasnamakan Kemdikbud. Dengan modus meminta dana untuk kepentingan pendidikan dan data-data sekolah. Oleh karena itu, Pemerintah meirlis aplikasi ini.

 Aplikasi Cek Surat Kemdikbud, bisa diakses melalui link berikut :


Untuk kita ketahui bersama Surat Palsu ataupun Asli sebenarnya mudah dikenali. Untuk Surat Palsu umumnya terdapat keasalahan penulisan Identitas Instansi, diantaranya : Nama Instansi, Pejabat dan Nomor Telepon. Modusnya pun tidak susah ditebak salah satunya penyaluran sejumlah dana dan permintaan data/identitas sasaran. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui validitas sebuah surat (keaslian surat) yang mengatasnamakan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud, ada beberapa hal yang dapat dilakukan :

Cara Mengetahui Validitas Sebuat Surat : 

  1. Teliti konten surat. Secara umum surat palsu memiliki kesalahan fatal dalam penulisan identitas instansi dan pejabat. Data dan informasi yang disebutkan rata-rata telah usang ;
  2. Perhatikan tujuan pembuatan surat. Jika surat berisi permintaan dana, dapat dipastikan bahwa itu surat palsu. Kementerian tak pernah membuat acara/kegiatan yang meminta peserta menyerahkan sejumlah dana ;
  3. Jika masih ragu dengan isi surat, silahkan hubungi nomor telepon (021)57900255 untuk mengecek otentisitas surat ;
  4. Kirimkan surat (telah dipindai/scan atau dipotret) yang diterima atau hendak dikonfirmasi ke e-mail: info.dikdasmen@kemdikbud.go.id. Jika memang diyakini sura titu palsu, tetap kirimkan surat ke e-mail diatas untuk dipublikasikan sebagai surat palsu.

Berikut ini adalah Cara Cek Keaslian Surat Melui Aplikasi Persuratan Kemdikbud Cek Surat : 

1. Silahkan akses link Persuratan Kemdikbud berikut ini : 

Masuk di halaman Aplikasi Perkantoran Elektronik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, silahkan klik pada tombol Cek Surat 
 Maka akan dialihkan ke halaman seperti berikut ini:
Halaman Cek Surat Keluar


Silahkan isikan Nomor Surat yang akan di cek keaslian suratnya. Selanjutnya, isikan Kode Pengaman yang muncul serta klik pada tombol Cek Surat Keluar. 

Disini admin mencontohkan cek keaslian surat dengan Nomor : 4082/B.B3/GT/2019. Alhasil surat tersebut terbukti asli. Buktinya seperti gambar dibawah ini. 


Gambar. Surat Terbukti Valid atau Asli

Sampai disitu, cek keaslian surat telah berhasil dilakukan. Terus bagaimana dengan surat palsu? Apabila surat tersebut palsu, maka akan muncul pemberitahuan "Tidak Ada Surat Keluar dengan Nomor Ini". 


Itulah cara yang dapat kita lakukan untuk cek keaslian sebuat surat. Semoga informasi ini bermanfaat buat kita semuanya. Salam semangat dan salam satu data. 

Sumber : ainamulyana.blogspot.com/

Sumber http://secercahilmu25.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel