Pedoman Terbaru KI dan KD Kurikulum 2013 SD/MI SMP/MTs MA/SMA Tahun 2019

Secara resmi Pedoman KI dan KD Kurikulum 2013 pada jenjang SD/MI SMP/MTs MA/SMA telah dirubah.
 Secara resmi Pedoman KI dan KD Kurikulum  Pedoman Terbaru KI dan KD Kurikulum 2013 SD/MI SMP/MTs MA/SMA Tahun 2019

Perubahan ini berdasarkan Permendikbud No 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kopetensi Inti dan Kopetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Pada intinyanya, Kurikulum 2013 saat ini menggunakan pendidikan karakter yang digaungkan saat ini.

Selain itu Pedoman KI dan KD Kurikulum 2013 telah berevulusi menggunakan mata pelajaran Informatika yang menyesuaikan Abad ke 21 dan perkembangan digital.

Apa itu Informatika ?

Informatika merupakan salah satu disiplin ilmu yang berfungsi memberikan kemampuan berpikir manusia dalam mengatasi persoalan-persoalan yang semakin kompleks agar dapat bersaing di Abad ke-21. Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai salah satu bagian dari Informatika merupakan kebutuhan dasar peserta didik agar dapat mengembangkan kemampuannya pada era digital.

Mata Pelajaran Informatika merupakan mata pelajaran pilihan yang diselenggarakan berdasarkan ketersediaan guru sesuai dengan kualifikasi akademik dan kompetensi, serta sarana prasarana pada satuan pendidikan.

Pedoman Terbaru KI dan KD Kurikulum 2013 SD/MI SMP/MTs MA/SMA Tahun 2019

Isu Pokok dalam Regulasi

Berdasarkan peraturan Pemerintah Permendikbud No 37 Tahun 2018 Tentang KI dan KD Kurikulum 2013 mengungkapkan bahwa :

a. Muatan informatika pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) dapat digunakan sebagai alat pembelajaran dan/atau dipelajari melalui ekstrakurikuler dan/atau muatan lokal.

b. Muatan informatika pada Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), dimuat dalam kompetensi dasar yang digunakan sebagai acuan pembelajaran.

Lampiran dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 diubah dengan menambahkan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Informatika pada SMP/MTs dan SMA/MA.

Nah, untuk mengetahui lebih jelas Pedoman terbaru Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Tentang mengenai KI dan KD Kurikulum 2013 jenjang SD/MI, SMP/MTS, MA/SMA dapat Anda undih pada tautan dibawah ini.

Link Download Pedoman KI dan KD Kurikulum 2013 Tahun 2019 DISINI

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait perubahan aturan Pedoman KI dan KD Kurikulum 2013. Semoga dapat bermanfaat.

Sumber https://www.bingkaiguru.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel