35 Soal Tematik Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat & Kunci Jawaban
Wednesday, May 29, 2019
Contoh soal tematik kelas 5 tema 3 makanan sehat semester 1 dan kunci jawaban, kurikulum 2013 (kurtilas) revisi terbaru. Pada kali ini kami akan melanjutkan kebiasaan kami, yaitu latihan soal untuk menguji kemampuan pengetahuan siswa kelas 5 SD MI tema 3 subtema 1 : bagaimana tubuh mengolah makanan.
Yang namanya makan pasti merupakan pekerjaan yang setiap hari kita lakukan. Namun, apakah sebagain siswa sudah mengerti bagaimana tubuh mengolah makanan? Nah, di kelas 5 SD MI, diajarkan pengetahuan kepada siswa tentang materi atau kompetensi dasar ini.
Bisa dibilang, latihan soal ini merupakan latihan soal awal, ketika para siswa mempelajari tema 3 tentang makanan sehat ini. Jadi, terkhusus untuk bapak/ibu guru SD MI yang mengajar kelas 5, dapat menggunakan soal ini sebagai bahan persiapan UTS/ UAS Tema 3 Makanan sehat.
Ada tiga jenis soal pengetahuan yang kami bagikan dalam artikel ini, yaitu terdiri dari soal pilihan ganda/ pilgan (multiple choice), soal esai/ essay, dan soal uraian. Ya semoga cukup banyak lah, jika akan digunakan untuk latihan para siswa kelas 5 dalam mempersiapkan diri menghadapi UTS/ UAS.
LINK DOWNLOAD soal sudah kami sediakan, jika setelah membaca latihan soal ini, anda tertarik untuk menggunakan contoh soal ini untuk keperluan pembelajaran di sekolah. Cukup klik saja tombol DOWNLOAD soal yang tersedia di bawah artikel, lalu ikuti arahan download soal kelas 5 tema 3 ini.
Oya, dalam soal ini juga sudah kami sediakan kunci jawaban dan pembahasan soal. Ya semoga saja sih tidak ada yang salah. Jika anda menjumpai ada yang salah pada kunci jawaban soal kelas 5 tema 3 ini, anda dapat menghubungi kami melalui kolom komentar. Akan kami usahakan untuk segera mengedit artikel soal kelas 5 SD MI ini. Nah, tanpa panjang lebar lagi, berikut ini soal dan jawaban kelas 5 tematik tema 3 subtema 1 : Bagaimana tubuh mengolah makanan sehat.
A. rumen
B. retikulum
C. saliva
D. omasum
2. Sisa makanan hasil proses pencernaan pada sapi akan dikeluarkan melalui organ …
A. usus
B. anus
C. saliva
D. mulut
3. Hasil dari pencernaan makanan yang diserap tubuh adalah …
A. feses
B. nutrisi
C. energi
D. daging
4. Fungsi gigi seri pada sapi adalah untuk …
A. mengiris makanan
B. mengunyah makanan
C. menghancurkan makanan
D. memotong makanan
5. Organ pencernaan yang berfungsi menyerap sari-sari makanan adalah …
A. lambung
B. lidah
C. usus
D. migi
Simaklah percakapan berikut ini
Dayu : “Wah, sedapnya sarapanku hari ini.”
Edo : “Sarapan apa kamu pagi ini, Dayu? Kalau aku seperti biasa, nasi, sayur dan telur mata sapi sudah cukup.”
Dayu : “lbuku membuat bubur ayam istimewa, Edo.”
Siti : “Aduh, semuanya terdengar enak untukku, sekalipun hanya nasi, sayur, dan telur mata sapi. Apalagi kalau bubur ayam istimewa. Bersyukurlah kita dikaruniai sistem pencernaan, teman-teman. Dengan begitu makanan yang kita makan dapat membawa manfaat untuk tubuh kita.”
6. Menu sarapan pagi Edo adalah …
A. nasi dan sayur
B. bubur ayam
C. telur mata Sapi
D. telur mata sapi, nasi, dan sayur
7. Percakapan di atas terjadi pada waktu ... hari
A. siang
B. pagi
C. malam
D. sore
8. Dalam sistem pencernaan sapi dan hewan ruminansia lainnya, setelah rumput dikunyah dan masuk kedalam esophagus, kemudian menuju …
A. perut masam
B. perut kitab
C. perut besar
D. perut jala
9. Berikut ini adalah makhluk hidup yang memiliki sistem pencernaan paling rumit adalah …
A. ayam
B. anjing
C. kambing
D. kucing
10. Organ-organ pencernaan yang tidak terdapat di dalam mulut sapi adalah ...
A. lidah
B. saliva
C. gigi graham
D. gigi taring
11. Sistem pencemaan manusia berfungsi untuk …
A. menghaluskan bahan makanan
B. mengolah makanan
C. menyimpan cadangan makanan
D. mengolah bahan makanan
12. Berikut ini yang bukan merupakan bagian dari sistem pencernaan manusia adalah …
A. kerongkongan
B. tenggorokan
C. lambung
D. usus halus
13. Perhatikan gambar berikut inil
Organ pencernaan yang ditunjukkan anak panah ada gambar di atas adalah ...
A. hati
B. usus
C. anus
D. lambung
14. Pencernaan makanan dengan bantuan enzim pencernaan terjadi pada organ …
A. lambung
B. mulut
C. anus
D. usus besar
15. Urutan organ pencernaan makanan manusia dari luar ke dalam yang benar adalah …
A. mulut - usus halus - lambung - kerongkongan - anus
B. mulut - lambung - kerongkongan - usus halus - anus
C. mulut - kerongkongan - lambung - usus - halus - anus
D. mulut - kerongkongan usus halus - lambung - anus
16. Proses penyerapan sari-sari makanan terjadi pada organ pencernaan yang disebut …
A. lidah
B. usus halus
C. lambung
D. usus besar
Perhatikan gambar di bawah ini untuk soal tematik kelas 5 nomor 17 - 19!
17. Proses pembuangan sisa makanan terjadi pada bagian dengan nomor …
A. 1
B. 3
C. 4
D. 5
18. Proses memotong dan menghancurkan makanan secara mekanik terjadi pada bagian dengan nomor …
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
19. Bagian yang ditunjukkan oleh nomor 1 dan 3 adalah …
A. kerongkongan dan usus besar
B. usus besar dan lambung
C. anus dan usus besar
D. kerongkongan dan usus halus
20. Karakteristik lagu-lagu dengan nada minor adalah bersifat ...
A. riang
B. semangat
C. gembira
D. sedih
21. Tangga nada mayor biasanya diawali dan diakhiri oleh nada …
A. Fa
B. Mi
C. La
D. Do
22. Salah satu lagu dengán jenis tangga nada mayor adalah …
A. Tuhan
B. Maju Tak Gentar
C. Syukur
D. Gugur Bunga
23. Perhatikan iklan berikut ini!
Informasi apakah yang tidak terdapat pada iklan tersebut?
A. Jenis air yang layak minum
B. Karakteristik air sehat
C. Manfaat air bagi tubuh
D. Kebutuhan air tubuh
24. Iklan pada soal nomor 23 ditujukan kepada …
A. anak-anak
B. siswa sekolah
C. orang tua
D. seluruh masyarakat
25. Karakteristik yang harus dimiliki sebuah iklan adalah …
A. mengandung banyak kata kunci
B. mengandung banyak informasi
C. kalimat yang mudah dipahami
D. gambar yang berwarna
2. Proses pencernaan yang terjadi pada usus dalam pencernaan makanan sapi adalah … dan ...
Untuk soal nomor 3-5, perhatikan gambar di bawah ini!
3. Bagian yang ditunjukkan oleh nomor 3 dinamakan …
4. Bagian yang ditunjukkan oleh nomor 4 dinamakan …
5. Bagian yang ditunjukkan oleh nomor 5 dinamakan …
2. Apakah fungsi lidah pada pencemaan sapi?
3. Jelaskan urutan perjalanan makanan pada sistem pencernaan sapi!
4. Jelaskan kegunaan gigi seri dan graham pada sapi!
5. Jelaskan tentang hewan ruminansia!
1. Seri dan graham
2. Absorpsi dan fermentasi
3. Usus
4. Abomasum
5. Reticulum
Jawaban Soal Uraian
1. rektum (perut besar), omasum (perut jala) retikulumn (perut kilab), dan abomasum (perut masam).
2. lidah sapi berfungsi untuk merenggut rumput dan mendorong makanan menuju lambung.
3. makanan masuk kedalam mulut > esophagus > rumen > mulut > retikulum > omasum > abomasum > usus > anus
4. gigi geraham untuk mengunyah makanan, sedangkan gigi gigi seri berguna untuk memotong makanan.
5. Hewan ruminansia yaitu sebutan untuk kelompok hewan mamalia yang biasa memamah (memakan) dua kali dan dikenal dengan hewan memamah biak.
Jawaban Soal Pilihan Ganda
1 C 6 D 11 B 16 B 21 D
2 B 7 B 12 B 17 D 22 B
3 B 8 C 13 D 18 A 23 C
4 B 9 C 14 A 19 A 24 D
5 C 10 D 15 C 20 D 25 C
Demikian latihan soal tematik kelas 5, Tema 3 tentang Makanan Sehat, Subtema 1 : Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan, dan kunci jawaban kurikulum 2013 (Kurtilas) Revisi terbaru, yang terdii dari soal pilihan ganda, esai, dan uraian. Tombol LINK DOWNLOAD sudah tersedia jika ada pembaca yang membutuhkan contoh soal kelas 5 tematik. Sumber https://www.muttaqin.id/
Yang namanya makan pasti merupakan pekerjaan yang setiap hari kita lakukan. Namun, apakah sebagain siswa sudah mengerti bagaimana tubuh mengolah makanan? Nah, di kelas 5 SD MI, diajarkan pengetahuan kepada siswa tentang materi atau kompetensi dasar ini.
Soal Tematik Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat Semester 1
Kita tentu tahu, jika mengacu pada aturan baku dari pemerintah, maka dalam subtema terbagi menjadi 6 pembelajaran. Nah, untuk latihan soal kelas 5 tema 3 subtema 1 ini, yang kami bagikan yaitu latihan soal untuk pembelajaran pertama dan pembelajaran kedua.Bisa dibilang, latihan soal ini merupakan latihan soal awal, ketika para siswa mempelajari tema 3 tentang makanan sehat ini. Jadi, terkhusus untuk bapak/ibu guru SD MI yang mengajar kelas 5, dapat menggunakan soal ini sebagai bahan persiapan UTS/ UAS Tema 3 Makanan sehat.
Ada tiga jenis soal pengetahuan yang kami bagikan dalam artikel ini, yaitu terdiri dari soal pilihan ganda/ pilgan (multiple choice), soal esai/ essay, dan soal uraian. Ya semoga cukup banyak lah, jika akan digunakan untuk latihan para siswa kelas 5 dalam mempersiapkan diri menghadapi UTS/ UAS.
LINK DOWNLOAD soal sudah kami sediakan, jika setelah membaca latihan soal ini, anda tertarik untuk menggunakan contoh soal ini untuk keperluan pembelajaran di sekolah. Cukup klik saja tombol DOWNLOAD soal yang tersedia di bawah artikel, lalu ikuti arahan download soal kelas 5 tema 3 ini.
Oya, dalam soal ini juga sudah kami sediakan kunci jawaban dan pembahasan soal. Ya semoga saja sih tidak ada yang salah. Jika anda menjumpai ada yang salah pada kunci jawaban soal kelas 5 tema 3 ini, anda dapat menghubungi kami melalui kolom komentar. Akan kami usahakan untuk segera mengedit artikel soal kelas 5 SD MI ini. Nah, tanpa panjang lebar lagi, berikut ini soal dan jawaban kelas 5 tematik tema 3 subtema 1 : Bagaimana tubuh mengolah makanan sehat.
Soal Pilihan Ganda Tematik Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat
1. Lambung hewan herbivora memiliki beberapa bagian, bagian manakah yang bukan merupakan bagian lambung sapi?A. rumen
B. retikulum
C. saliva
D. omasum
2. Sisa makanan hasil proses pencernaan pada sapi akan dikeluarkan melalui organ …
A. usus
B. anus
C. saliva
D. mulut
3. Hasil dari pencernaan makanan yang diserap tubuh adalah …
A. feses
B. nutrisi
C. energi
D. daging
4. Fungsi gigi seri pada sapi adalah untuk …
A. mengiris makanan
B. mengunyah makanan
C. menghancurkan makanan
D. memotong makanan
5. Organ pencernaan yang berfungsi menyerap sari-sari makanan adalah …
A. lambung
B. lidah
C. usus
D. migi
Simaklah percakapan berikut ini
Dayu : “Wah, sedapnya sarapanku hari ini.”
Edo : “Sarapan apa kamu pagi ini, Dayu? Kalau aku seperti biasa, nasi, sayur dan telur mata sapi sudah cukup.”
Dayu : “lbuku membuat bubur ayam istimewa, Edo.”
Siti : “Aduh, semuanya terdengar enak untukku, sekalipun hanya nasi, sayur, dan telur mata sapi. Apalagi kalau bubur ayam istimewa. Bersyukurlah kita dikaruniai sistem pencernaan, teman-teman. Dengan begitu makanan yang kita makan dapat membawa manfaat untuk tubuh kita.”
6. Menu sarapan pagi Edo adalah …
A. nasi dan sayur
B. bubur ayam
C. telur mata Sapi
D. telur mata sapi, nasi, dan sayur
7. Percakapan di atas terjadi pada waktu ... hari
A. siang
B. pagi
C. malam
D. sore
8. Dalam sistem pencernaan sapi dan hewan ruminansia lainnya, setelah rumput dikunyah dan masuk kedalam esophagus, kemudian menuju …
A. perut masam
B. perut kitab
C. perut besar
D. perut jala
9. Berikut ini adalah makhluk hidup yang memiliki sistem pencernaan paling rumit adalah …
A. ayam
B. anjing
C. kambing
D. kucing
10. Organ-organ pencernaan yang tidak terdapat di dalam mulut sapi adalah ...
A. lidah
B. saliva
C. gigi graham
D. gigi taring
11. Sistem pencemaan manusia berfungsi untuk …
A. menghaluskan bahan makanan
B. mengolah makanan
C. menyimpan cadangan makanan
D. mengolah bahan makanan
12. Berikut ini yang bukan merupakan bagian dari sistem pencernaan manusia adalah …
A. kerongkongan
B. tenggorokan
C. lambung
D. usus halus
13. Perhatikan gambar berikut inil
Organ pencernaan yang ditunjukkan anak panah ada gambar di atas adalah ...
A. hati
B. usus
C. anus
D. lambung
14. Pencernaan makanan dengan bantuan enzim pencernaan terjadi pada organ …
A. lambung
B. mulut
C. anus
D. usus besar
15. Urutan organ pencernaan makanan manusia dari luar ke dalam yang benar adalah …
A. mulut - usus halus - lambung - kerongkongan - anus
B. mulut - lambung - kerongkongan - usus halus - anus
C. mulut - kerongkongan - lambung - usus - halus - anus
D. mulut - kerongkongan usus halus - lambung - anus
16. Proses penyerapan sari-sari makanan terjadi pada organ pencernaan yang disebut …
A. lidah
B. usus halus
C. lambung
D. usus besar
Perhatikan gambar di bawah ini untuk soal tematik kelas 5 nomor 17 - 19!
17. Proses pembuangan sisa makanan terjadi pada bagian dengan nomor …
A. 1
B. 3
C. 4
D. 5
18. Proses memotong dan menghancurkan makanan secara mekanik terjadi pada bagian dengan nomor …
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
19. Bagian yang ditunjukkan oleh nomor 1 dan 3 adalah …
A. kerongkongan dan usus besar
B. usus besar dan lambung
C. anus dan usus besar
D. kerongkongan dan usus halus
20. Karakteristik lagu-lagu dengan nada minor adalah bersifat ...
A. riang
B. semangat
C. gembira
D. sedih
21. Tangga nada mayor biasanya diawali dan diakhiri oleh nada …
A. Fa
B. Mi
C. La
D. Do
22. Salah satu lagu dengán jenis tangga nada mayor adalah …
A. Tuhan
B. Maju Tak Gentar
C. Syukur
D. Gugur Bunga
23. Perhatikan iklan berikut ini!
Informasi apakah yang tidak terdapat pada iklan tersebut?
A. Jenis air yang layak minum
B. Karakteristik air sehat
C. Manfaat air bagi tubuh
D. Kebutuhan air tubuh
24. Iklan pada soal nomor 23 ditujukan kepada …
A. anak-anak
B. siswa sekolah
C. orang tua
D. seluruh masyarakat
25. Karakteristik yang harus dimiliki sebuah iklan adalah …
A. mengandung banyak kata kunci
B. mengandung banyak informasi
C. kalimat yang mudah dipahami
D. gambar yang berwarna
Soal Essay/ Esai Tematik Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat
1. Dua macam gigi yang dimiliki sapi adalah gigi ... dan gigi …2. Proses pencernaan yang terjadi pada usus dalam pencernaan makanan sapi adalah … dan ...
Untuk soal nomor 3-5, perhatikan gambar di bawah ini!
3. Bagian yang ditunjukkan oleh nomor 3 dinamakan …
4. Bagian yang ditunjukkan oleh nomor 4 dinamakan …
5. Bagian yang ditunjukkan oleh nomor 5 dinamakan …
Soal Uraian Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat
1. Sebulkan bagian-bagian dari lambung sapi !2. Apakah fungsi lidah pada pencemaan sapi?
3. Jelaskan urutan perjalanan makanan pada sistem pencernaan sapi!
4. Jelaskan kegunaan gigi seri dan graham pada sapi!
5. Jelaskan tentang hewan ruminansia!
Kunci Jawaban Soal Tematik Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat
Jawaban Soal Essay/ Esai1. Seri dan graham
2. Absorpsi dan fermentasi
3. Usus
4. Abomasum
5. Reticulum
Jawaban Soal Uraian
1. rektum (perut besar), omasum (perut jala) retikulumn (perut kilab), dan abomasum (perut masam).
2. lidah sapi berfungsi untuk merenggut rumput dan mendorong makanan menuju lambung.
3. makanan masuk kedalam mulut > esophagus > rumen > mulut > retikulum > omasum > abomasum > usus > anus
4. gigi geraham untuk mengunyah makanan, sedangkan gigi gigi seri berguna untuk memotong makanan.
5. Hewan ruminansia yaitu sebutan untuk kelompok hewan mamalia yang biasa memamah (memakan) dua kali dan dikenal dengan hewan memamah biak.
Jawaban Soal Pilihan Ganda
1 C 6 D 11 B 16 B 21 D
2 B 7 B 12 B 17 D 22 B
3 B 8 C 13 D 18 A 23 C
4 B 9 C 14 A 19 A 24 D
5 C 10 D 15 C 20 D 25 C
Demikian latihan soal tematik kelas 5, Tema 3 tentang Makanan Sehat, Subtema 1 : Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan, dan kunci jawaban kurikulum 2013 (Kurtilas) Revisi terbaru, yang terdii dari soal pilihan ganda, esai, dan uraian. Tombol LINK DOWNLOAD sudah tersedia jika ada pembaca yang membutuhkan contoh soal kelas 5 tematik. Sumber https://www.muttaqin.id/