SOAL PERSIAPAN UN 2019 BAHASA INDONESIA SMP/MTs. DISERTAI KUNCI JAWABAN
Saturday, April 20, 2019
SOAL PERSIAPAN UN 2019 BAHASA INDONESIA SMP/MTs. DISERTAI KUNCI JAWABAN
Perhatikan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
Khusus kampus sekarat, solusi paling efektif ialah merger. Bambang mengatakan kampus seperti Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) dan Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) merupakan contoh sukses hasil merger sejumlah sekolah tinggi dan akademi. Belakangan, Kopertis V sedang mendorong beberapa akademi peternakan, perikanan dan pertanian, yang di ujung tanduk sebab sepi peminat, untuk segera bergabung menjadi sekolah tinggi.
1. Makna kata bercetak miring pada teks tersebut adalah ....
A. bersatu
B. diambil
C. dikuasai
D. bergabung
2. Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada teks tersebut adalah ...
A. Kapan UTY dan Unriyo merger dan sukses?
B. Mengapa kampus sekarat solusi paling efektif ialah merger?
C. Bagaimana cara melakukan marger beberapa akademi di Yogyakarta?
D. Perguruan tinggi apa yang telah berhasil melakukan merger?
3. Perhatikan teks berikut ini!1. Makna kata bercetak miring pada teks tersebut adalah ....
A. bersatu
B. diambil
C. dikuasai
D. bergabung
2. Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada teks tersebut adalah ...
A. Kapan UTY dan Unriyo merger dan sukses?
B. Mengapa kampus sekarat solusi paling efektif ialah merger?
C. Bagaimana cara melakukan marger beberapa akademi di Yogyakarta?
D. Perguruan tinggi apa yang telah berhasil melakukan merger?
Risiko kelebihan berat badan bisa ditekan dengan tidak terlalu sering mengonsumsi kerupuk dan mi instan. Mi instan adalah hidangan siap saji yang kaya kandungan MSG (Monosodium Glutamat) dan karbohidrat. Sementara, gorengan kerupuk adalah makanan pendamping dengan kadar lemak yang tinggi.
Simpulan isi teks tersebut adalah ...
A. Risiko kelebihan berat badan bisa ditekan dengan tidak terlalu sering mengonsumsi kerupuk dan mi instan.
B. Mi instan adalah hidangan siap saji yang kaya kandungan MSG (Monosodium Glutamat) dan karbohidrat .
C. Mengonsumsi kerupuk dan mi instan dapat menyebabkan risiko kelebihan berat badan
Cermatilah teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!
Simpulan isi teks tersebut adalah ...
A. Risiko kelebihan berat badan bisa ditekan dengan tidak terlalu sering mengonsumsi kerupuk dan mi instan.
B. Mi instan adalah hidangan siap saji yang kaya kandungan MSG (Monosodium Glutamat) dan karbohidrat .
C. Mengonsumsi kerupuk dan mi instan dapat menyebabkan risiko kelebihan berat badan
D. Gorengan kerupuk adalah makanan pendamping dengan kadar lemak yang tinggi.
Luapan banjir akibat hujan deras selama beberapa hari terakhir ini dilaporkan merusak jembatan Waimah di Desa Bour, Kecamatan Nuba Tukan, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal itu terjadi karena gorong-gorong dipenuhi sampah. Sampah ini, kata mantan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Widya Mandira Kupang itu, pemilik lahan di sepanjang bantaran kali.
Kerusakan yang terjadi hanya pada penyangga jembatan sisi timur dan barat, khususnya bagian selatan (arah hilir ke muara). Struktur jembatannya sendiri tidak masalah, tidak mengalami kerusakan dan masih kokoh walaupun tertabrak sampah sampah. Kerusakan penyangg pada fondasi dan dinding penyangga karena tergerus air yang meluap melampaui muka jembatan serta menggerus fondasi penyangg sehingga dinding dan fondasi menggantung dan akhirnya jatuh.
4. Ide pokok paragraf pertama teks tersebut adalah ...
A. Gorong-gorong dipenuhi sampah
B. Sampah memenuhi gorong-gorong
C. Luapan banjir merusak jembatan
D. Laporan rusaknya jembatan
5. Kalimat utama paragraf kedua teks tersebut adalah ....
A. 1
B. 2
C. 3
Perhatikan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!
A. Gorong-gorong dipenuhi sampah
B. Sampah memenuhi gorong-gorong
C. Luapan banjir merusak jembatan
D. Laporan rusaknya jembatan
5. Kalimat utama paragraf kedua teks tersebut adalah ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
(1) Indonesia adalah negara kedua penyumbang sampah plastik lautan terbanyak di dunia. (2) Indonesia menghasilkan sampah plastik yang salah urus sebanyak 3,22 juta metrik ton per tahun, atau setara dengan 10,1 persen sampah plastik di planet ini. (3) Negara yang digolongkan berpendapatan menengah ke bawah ini melarungkan 0,48 juta hingga 1,29 juta ton sampah plastik ke lautan tiap tahunnya. (4) Idealnya, masyarakat Indonesia yang sadar lingkungan pasti memahami bahaya perilaku penggunaan plastik sekali pakai terhadap lautan. (5) Cara membangun kesadaran itu tak bisa dengan cara apapun kecuali edukasi. (6) Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah pendidikan dan dorongan agar secara sukarela mengurangi penggunaan plastik.
6. Pendapat yang kontra terhadap permasalahan pada teks tersebut adalah ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
7. Ringkasan isi teks tersebut adalah ...
A. Indonesia menghasilkan sampah plastic yang salah urus yang di larungkan ke lautan tiap tahunnya.
B. Indonesia penyumbang sampah plastik lautan terbanyak di dunia dan seharusnya
masyarakat sadar akan bahayanya.
C. Membangun kesadaran masyarakat Indonesia yang sadar lingkungan itu tak bisa dengan cara apapun kecuali edukasi.
8. Bacalah kutipan teks laporan Berikut!
6. Pendapat yang kontra terhadap permasalahan pada teks tersebut adalah ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
7. Ringkasan isi teks tersebut adalah ...
A. Indonesia menghasilkan sampah plastic yang salah urus yang di larungkan ke lautan tiap tahunnya.
B. Indonesia penyumbang sampah plastik lautan terbanyak di dunia dan seharusnya
masyarakat sadar akan bahayanya.
C. Membangun kesadaran masyarakat Indonesia yang sadar lingkungan itu tak bisa dengan cara apapun kecuali edukasi.
D. Masyarakat Indonesia yang sadar lingkungan pasti memahami bahaya perilaku penggunaan plastik sekali pakai terhadap lautan.
Teks 1
Saat mekar, bunga ini terlihat sangat indah. Sayangnya ia hanya mekar pada malam hari. Itu pun cuma sebentar saja. Keesokan paginya, ia sudah tampak layu. Itulah bunga wijayakusuma. Bunga wijayakusuma adalah bunga dari sejenis kaktus Epiphyllum anguliger yang berasal dari hutan tropis di wilayah Amerika latin. Namun kini sudah tersebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.
Teks 2
Tepat pukul 05.00 kami sekeluarga berangkat menuju stasiun Senen. Suasana lalu lintas sudah mulai padat, apalagi saat memasuki tempat parkir di stasiun. Pukul 06.15 kami sudah berada di kereta jurusan Jogja. Tujuan kami adalah kota Purwokerto, tepatnya Ajibarang. Alhamdulillah kami tiba di stasiun Purwokerto pukul 13.00.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
Teks 1 | Teks 2 | |
A | penggambaran fisik objek laporan | Disusun berdasarkan urutan kegiatan |
B | diuraikan dengan urutan bagian | dilaporkan sesuai urutan tempat |
C | diawali dengan ciri khas objek | diawali dengan bagian kegiatan |
D | mendeskripsikan objek | dikembangkan dengan urutan waktu |
9. Bacalah teks Berikut!
Dahsyatnya Hypnoparenting
(1) Buku ini merupakan hasil belajar sang penulis di Fakultas Magister Manajemen IPMI Jakarta dengan spesialisasi program Manajemen Sumber Daya Manusia pada tahun 1996. (2) Buku ini ditulis dengan bahasa yang lugas dan mudah dipahami pembaca. (3) Desain gambar animasi yang terdapat dalam buku ini justru menjadi kekurangan karena buku ini berorientasi dalam kehidupan keluarga yang ditujukan untuk dibaca orang tua. (4) Selain itu, ada banyak istilah-istilah dalam bahasa asing yang umumnya sukar dipahami oleh para orang tua.
Bagian yang merupakan keunggulan karya terdapat pada kalimat ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 10 s.d. 13!
Bagian yang merupakan keunggulan karya terdapat pada kalimat ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Mimpi Meraih Prestasi
Kedua mata Limbok yang masih terkantuk-kantuk itu melihat sosok manusia di depannya. “Molor lagi… Bangun!” seru emaknya, “Jika kamu enggak bangun, Emak akan siram air ke wajahmu.”
“Ini kan libur Mak,” Limbok membela diri.
“Libur itu bukan lantas bermalas-malasan.”
“Limbok enggak bermalas-malasan Mak, Limbok sedang melakukan perintah Pak guru,”
“Hahh…perintah Pak guru apa itu?” ujar emaknya ingin tahu.
“Mimpi yang banyak meraih prestasi,” jawab Limbok sambil kaki kanannya memainkan
gulingnya.
“Apa itu?”
“Begini Mak, dalam libur ini kita diminta Pak guru untuk mimpi meraih prestasi sebanyak-banyaknya.”
“Mimpi meraih prestasi, apaan tuh?”
“Ya… seperti mimpi menjadi juara kelas, mimpi menjadi sarjana atau mimpi menjadi pengusaha sukses dan masih banyak lagi.”
Kedua mata Limbok yang masih terkantuk-kantuk itu melihat sosok manusia di depannya. “Molor lagi… Bangun!” seru emaknya, “Jika kamu enggak bangun, Emak akan siram air ke wajahmu.”
“Ini kan libur Mak,” Limbok membela diri.
“Libur itu bukan lantas bermalas-malasan.”
“Limbok enggak bermalas-malasan Mak, Limbok sedang melakukan perintah Pak guru,”
“Hahh…perintah Pak guru apa itu?” ujar emaknya ingin tahu.
“Mimpi yang banyak meraih prestasi,” jawab Limbok sambil kaki kanannya memainkan
gulingnya.
“Apa itu?”
“Begini Mak, dalam libur ini kita diminta Pak guru untuk mimpi meraih prestasi sebanyak-banyaknya.”
“Mimpi meraih prestasi, apaan tuh?”
“Ya… seperti mimpi menjadi juara kelas, mimpi menjadi sarjana atau mimpi menjadi pengusaha sukses dan masih banyak lagi.”
10. Makna kata yang dicetak tebal pada teks tersebut adalah ....
A. bentuk (rupa) tubuh
B. bentuk wujud atau rupa
C. bayangan badan
D. lubang (pada jerat dan sebagainya)
11. Watak tokoh Emak pada teks tersebut adalah ....
A. sangat cerewet
B. tidak bertanggung jawab
C. perhatian kepada anaknya
D. suka memarahi anaknya
12. Kutipan teks cerpen tersebut merupakan bagian ....
A. pengenalan
B. pemunculan masalah
C. puncak masalah
D. penyelesaian
13. Latar waktu dan tempat pada teks tersebut adalah ....
A. pagi di ruang tamu
B. siang di kamar tidur
C. malam di rumah
D. pagi di kamar tidur
14. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!...
A. bentuk (rupa) tubuh
B. bentuk wujud atau rupa
C. bayangan badan
D. lubang (pada jerat dan sebagainya)
11. Watak tokoh Emak pada teks tersebut adalah ....
A. sangat cerewet
B. tidak bertanggung jawab
C. perhatian kepada anaknya
D. suka memarahi anaknya
12. Kutipan teks cerpen tersebut merupakan bagian ....
A. pengenalan
B. pemunculan masalah
C. puncak masalah
D. penyelesaian
13. Latar waktu dan tempat pada teks tersebut adalah ....
A. pagi di ruang tamu
B. siang di kamar tidur
C. malam di rumah
D. pagi di kamar tidur
14. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!...
Tegar menangis dan menyesali perbuatannya. Ia menyesal karena selalu mengecewakan ibunya. Ia pun segera menemui ibunya dan memberikan setangkai mawar sambil memeluk erat ibunya lalu berkata, “Maafkan aku Ibu.”
Makna simbol kata bercetak miring pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. kecintaan
B. kekecawaan
C. keharuan
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 15, 16, dan 17!
A. kecintaan
B. kekecawaan
C. keharuan
D. ketulusan
“Wow, makanan ini enak, sayang aku hanya bisa menikmatinya sedikit,” pikir si Monyet dalam hati. Monyet itu kemudian berencana untuk mencuri seluruh makanan ayam. Dia pun merencanakan sebuah ide.
“Hei, lihat ke langit, elang akan datang, dia ingin membawa anak-anakmu,” teriak si Monyet . Si Ayam kaget. Dia segera melindungi anak-anaknya. Sementara si Ayam betina melindungi anak-anaknya, si Monyet mencuri makanannya. Setelah itu pun si Monyet berlari.
Si Ayam menyadari bahwa si Monyet hanya menipunya. Dia mendatangi temannya yang lain, yaitu seekor kepiting. Si Ayam menceritakan semua masalahnya pada si Kepiting.
“Jangan khawatir, temanku, aku punya ide untuk memberinya pelajaran,” kata si Kepiting. Keesokan harinya, ayam betina itu bertemu dengan monyet itu lagi. Dia berkata, “Ayo kita pergi ke pulau. Ada begitu banyak makanan di pulau itu.”
“Tapi aku tak bisa berenang,” kata si monyet.
“Aku punya perahu yang dapat kita naiki,”jawab si ayam.
Akhirnya mereka pergi, namun si monyet tidak sadar ada si kepiting yang ikut dengan mereka. Si kepiting membolongi perahu yang mereka tumpangi dan perahupun bocor. Si kepiting berenang dan si ayam terbang untuk menyelamatkan diri. Tinggallah si monyet seorang diri.
“Tolonglah aku. Aku tak bisa berenang,” teriak si monyet.
“aku akan menolongmu asal kau berjanji tidak akan berbuat jahat lagi.”
“Baiklah aku berjanji,” jawab si monyet.
Si Ayam dan si kepiting pun menyelamatkan Si monyet.
15. Nilai moral pada kutipan fabel tersebut adalah ....
A. menggunakan segala cara untuk mendapatkan yang diinginkan
B. memberi pelajaran bagi siapa saja yang berbuat curang
C. selalu menolong yang sedang kesusahan
D. mau berjanji agar ditolong
16. Penyebab terjadinya konflik pada kutipan teks fable tersebut adalah ...
A. Ide si monyet yang telah menipu si ayam.
B. Keserakahan si monyet yang ingin menguasai semua makanan si ayam.
C. Si ayam mengajak monyet menyeberangi lautan.
D. Si ayam meminta si monyet untuk berjanji
17. Akibat konflik yang ditimbulkan dalam kutipan fabel tersebut adalah ...
A. Si monyet diajak ke pulau.
B. Si monyet menipu si ayam.
C. Si monyet diberi pelajaran.
18. Bacalah dua kutipan teks berikut!
Kutipan I15. Nilai moral pada kutipan fabel tersebut adalah ....
A. menggunakan segala cara untuk mendapatkan yang diinginkan
B. memberi pelajaran bagi siapa saja yang berbuat curang
C. selalu menolong yang sedang kesusahan
D. mau berjanji agar ditolong
16. Penyebab terjadinya konflik pada kutipan teks fable tersebut adalah ...
A. Ide si monyet yang telah menipu si ayam.
B. Keserakahan si monyet yang ingin menguasai semua makanan si ayam.
C. Si ayam mengajak monyet menyeberangi lautan.
D. Si ayam meminta si monyet untuk berjanji
17. Akibat konflik yang ditimbulkan dalam kutipan fabel tersebut adalah ...
A. Si monyet diajak ke pulau.
B. Si monyet menipu si ayam.
C. Si monyet diberi pelajaran.
D. Si monyet ketakutan.
“Mbak kenapa sih Ibu selalu memarahi kita?” tanya Mita
“Ga marah Dik Ibu sayang kita kok!” kata Ita dengan lembut kepada adiknya yang masih berumur 6 tahun dan terpaut usia dengannya 2 tahun.
Hartati dan Sutomo telah memiliki dua orang anak. Tak disangka ternyata Hartati memiliki watak pemarah. Dia sering memarahi anaknya sendiri dengan nada keras dan berkata kasar, karena emosi labil disebabkan pernikahan muda.
Kutipan II
Tinggal Ibu kini di ruang keluarga itu, masih terkulai seperti sepuluh tahun yang lalu. Rambut, wajah, dan busananya bagai menunjuk keberadaan waktu. Telepon berdering. Ibu tersentak bangun dan langsung menyambar telepon. Diangkatnya ke telinga. Ternyata yang berbunyi telepon genggam. Ketika Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan fabel tersebut adalah ….
Kutipan 1 | Kutipan 2 | |
A. | dimulai dengan aksi | dimulai dengan penggambaran tokoh |
B. | dimulai dengan masalah | dimulai dengan lokasi |
C. | dimulai dengan lokasi | dimulai dengan aksi |
D. | dimulai dengan ketegangan | dimulai dengan aksi |
19. Bacalah dua kutipan teks cerpen berikut!
Kutipan 1
“Kamu yang membawaku masuk ke dalam ruang asing ini. Kamu yang mengenalkanku dengan rasa itu. Rasa yang indah namun menyakitkan, rasa yang menyenangkan, namun itulah esedihannya.
Rasa yang menerbangkanku ke awan lalu menghempaskan tubuhku ke jurang terdalam.” Kututup buku diary yang ada di pangkuanku. Menatap langit biru yang cerah. Kututup buku diary yang ada di pangkuanku. Menatap langit biru yang cerah dari balkon kamarku. Mengamati setiap gumpalan awan yang bergerak perlahan mengingatkanku pada peristiwa beberapa tahun silam.
Kutipan 2“Bagaimana Wil” kata Arif
“Apanya?”
“Tentang perasaan Loe ke Anggi?”
“Gua udah yakin, kalau gua ga akan nyatain perasaan gua ke dia”
“Kenapa? Kok Loe langsung pisimis gini sih?, Loe cowok bukan”
“Berisik Loe.”
“Loe tau, akan sangat sakit bila di hidup kita itu ada kata penyesalan, waktu ga akan bisa diputar, dan lebih baik kita sakit hari karena ditolak daripada menyimpan rasa sendiri, ingat kita tuh bukan cewek! Kita cowok!
Perbedaan penggunaaan bahasa pada kedua kutipan tersebut adalah ....
Perbedaan penggunaaan bahasa pada kedua kutipan tersebut adalah ....
Kutipan 1 | Kutipan 2 | |
A. | menggunakan kata sehari-hari | menggunakan kata resmi/baku |
B. | dipengaruhi kata-kata daerah | dipengaruhi kata kata asing |
C. | menggunakan kata baku | menggunakan kata sehari-hari |
D. | memvariasikan dengan kalimat langsung | tidak ada kalimat langsung |
Bacalah kutipan teks cerpen berikut
kemudian kerjakan soal no. 21 dan 22!
1) Ita menangis menahan amarah dalam hatinya dia berkata, “Ibu kamu malaikatku kamu sosok panutanku tapi kenapa dirimu memarahiku setiap hari seperti ini? (2) Jika aku salah kamu seharusnya memberikan aku nasehat dan menyuruhku dengan baik bukan dengan cara memarahi dan mngeluarkan cacianmu. (3) Ibu aku sangat menyayangimu!”.(4) Walaupun sang Ibu memarahinya setiap hari Ita tidak pernah merasa dendam kepada ibunya. (5) Ita hanya bisa menangis menahan amarah saja karena dia tau betapapun Ibu marah kepadanya itu semua karena salahnya. (6) Ratapan hati Ita di kamarnya selesai melaksanakan salat.
20. Kalimat yang membuktikan latar tempat peristiwa terjadi dalam kutipan teks tersebut adalah ....
A. (3)
B. (4)
C. (5)
D. (6)
21. Kalimat yang membuktikan bahwa tokoh bersifat pemaaf, tidak ada keinginan untuk membalas, ditandai dengan ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (4) dan (5)
22. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
Tepat pukul 06.00 aku terbangun diiringi dengan suara ayam berkokok seolah menyanyi membangunkan orang-orang yang masih tidur. Kulihat burung-burung yang beterbangan meninggalkan sarangnya untuk mencari makan. Jari timur sang surya menyapu dengan malu-malu untuk menampakkan cahayanya.20. Kalimat yang membuktikan latar tempat peristiwa terjadi dalam kutipan teks tersebut adalah ....
A. (3)
B. (4)
C. (5)
D. (6)
21. Kalimat yang membuktikan bahwa tokoh bersifat pemaaf, tidak ada keinginan untuk membalas, ditandai dengan ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (4) dan (5)
D. (5) dan (6)
Komentar yang tepat terhadap unsur intrinsik kutipan cerpen tersebut ...
A. Latar waktu cerita digambarkan dengan baik sehingga pembaca dapat merasakan
suasana pagi hari.
B. Watak tokoh digambarkan dengan baik melalui perbuatan tokoh dan peristiwa
yang terjadi dalam cerita.
C. Bertema tentang aktivitas kehidupan seorang pelajar dipagi hari dengan
menyadarkan betapa bahagianya dapat beraktivitas pagi.
D. Amanat disajikan secara tersurat sehingga pembaca benar-benar dapat
menghayati peristiwa yang terjadi.
23. Bacalah kutipan teks rumpang berikut!
Sebuah truk bermuatan batubara terperosok di proyek perbaikan jalan yang berada di A. Latar waktu cerita digambarkan dengan baik sehingga pembaca dapat merasakan
suasana pagi hari.
B. Watak tokoh digambarkan dengan baik melalui perbuatan tokoh dan peristiwa
yang terjadi dalam cerita.
C. Bertema tentang aktivitas kehidupan seorang pelajar dipagi hari dengan
menyadarkan betapa bahagianya dapat beraktivitas pagi.
D. Amanat disajikan secara tersurat sehingga pembaca benar-benar dapat
menghayati peristiwa yang terjadi.
23. Bacalah kutipan teks rumpang berikut!
Jalan Raya Rancaekek-Majalaya, Kabupaten Bandung. Akibatnya arus lalu lintas […].
Pantauan detikcom, Selasa (27/11/2018) truk bermuatan batubara itu terguling di badan jalan tersebut tepatnya sebelum Perumahan Grand Ricon Rancaekek.
Sejumlah anggota polisi dari Satlantas Polres Bandung dan Polsek Rancaekek melakukan pengaturan lalu lintas di jalan tersebut.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang tersebut adalah ....
A. ganggu
B. diganggu
C. mengganggu
D. terganggu
24. Bacalah teks laporan observasi acak berikut!
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang tersebut adalah ....
A. ganggu
B. diganggu
C. mengganggu
D. terganggu
24. Bacalah teks laporan observasi acak berikut!
1) Bagian-bagian dari tumbuhan ini adalah buah kelapa, batang, pelepah dan akar.
2) Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia dan menyebar di seluruh pantai tropika dunia.
3) Kelapa adalah sebutan dari nama buah yang yang dihasilkan tumbuhan ini.
4) Pohon kelapa (Cocos nucifera) merupakan tumbuhan palem yang berbatang tinggi.
5) Buahnya tertutup sabut dan tempurung keras, dalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air.
6) Kelapa menjadi tumbuhan serba guna karena dimanfaatkan semua bagiannya oleh manusia.
Urutan kalimat teks laporan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah ....
A. 5-2-3-4-6-1
B. 3-4-2-1-5-6
C. 4-1-3-5-2-6
D. 2-3-1-4-5-6
25. Bacalah teks prosedur acak berikut!
Urutan kalimat teks laporan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah ....
A. 5-2-3-4-6-1
B. 3-4-2-1-5-6
C. 4-1-3-5-2-6
D. 2-3-1-4-5-6
25. Bacalah teks prosedur acak berikut!
Cara Membuat Pisang Goreng
1) Panaskan minyak goreng di dalam wajan!
2) Tunggu hingga teksturnya terlihat lebih keras kemudian balik menggunakan spatula!
3) Angkat dan pisang goreng siap untuk disajikan!
4) Masukkan pisang ke dalam wajan
5) Potong pisang menjadi dua atau tiga bagian dan masukkan ke dalam adonan tepung!
6) Masukkan tepung, air, gula dan garam secukupnya ke dalam wadah atau mangkuk kemudian aduk hingga merata!
7) Goreng pisang hingga warnanya berubah menjadi coklat keemasan!
Urutan teks prosedur yang tepat adalah …. A. 4-5-7-6-3-2-1
B. 5-6-4-3-2-1-7
C. 7-4-2-3-1-5-6
D. 6-5-1-4-2-7-3
26. Cermatilah kalimat rumpang berikut!
Kepala Desa Salamjaya, Wahyu Faturahman di lokasi menjelaskan, sebenarnya longsor terjadi saat wilayah itu […] hujan sejak Selasa sore.B. 5-6-4-3-2-1-7
C. 7-4-2-3-1-5-6
D. 6-5-1-4-2-7-3
26. Cermatilah kalimat rumpang berikut!
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang tersebut adalah ....
A. diterjang
B. diguyur
C. disirami
D. dikenai
27. Bacalah kutipan teks rumpang berikut!
Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini tidak sedikit anak yang memiliki ponsel dengan kecanggihan setara dengan komputer. Siapa yang saat ini tidak mengenal game online COC, Kaya, dan lainnya? Pastinya semua pengguna smartphone tahu jenis game ini. Bermain game on line mendidik generasi muda menjadi lebih pintar dalam sains. […] Ada bahaya lain membidik generasi muda. B. diguyur
C. disirami
D. dikenai
27. Bacalah kutipan teks rumpang berikut!
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf yang rumpang tersebut adalah …
A. Namun, bermain game secara tidak bijaksana akan memiliki banyak efek buruk pada fisik dan psikis tanpa kita disadari.
B. Dampak positif ketika seseorang bermain game online adalah anak akan mengerti tentang komputer atau ponsel pintar.
C. Jika, dilihat dari sudut pandang lain, permainan atau game ini pada dasarnya bagus atau memiliki nilai positif bagi pemain.
D. Dengan bermain game online dengan bijak pasti akan mengurangi risiko negatif dalam
tubuh atau kesehatan kita
28. Bacalah kalimat berikut!A. Namun, bermain game secara tidak bijaksana akan memiliki banyak efek buruk pada fisik dan psikis tanpa kita disadari.
B. Dampak positif ketika seseorang bermain game online adalah anak akan mengerti tentang komputer atau ponsel pintar.
C. Jika, dilihat dari sudut pandang lain, permainan atau game ini pada dasarnya bagus atau memiliki nilai positif bagi pemain.
D. Dengan bermain game online dengan bijak pasti akan mengurangi risiko negatif dalam
tubuh atau kesehatan kita
Berita bencana likuefaksi di Palu disampaikan sesuai dengan realita yang ada.
Variasi kata yang bercetak miring Pada kalimat persebut adalah … .
A. bukti
B. kenyataan
C. pernyataan
D. kejadian
29. Cermatilah kalimat berikut!
Para siswa akan mengadakan bakti sosial untuk membantu korban bencana alam di sekolah.B. kenyataan
C. pernyataan
D. kejadian
29. Cermatilah kalimat berikut!
Variasi kalimat tersebut yang tepat adalah …
A. Untuk membantu korban bencana alam di sekolah para siswa telah mengadakan bakti sosial.
B. Bakti sosial akan diadakan para siswa di sekolah untuk membantu korban bencana alam.
C. Di sekolah para siswa sudah mengadakan bakti sosial untuk membantu korban bencana alam.
D. Para siswa di sekolah untuk membantu korban bencana alam mengadakan bakti sosial.
30. Cermatilah data hasil pengamatan berikut!
B. Bakti sosial akan diadakan para siswa di sekolah untuk membantu korban bencana alam.
C. Di sekolah para siswa sudah mengadakan bakti sosial untuk membantu korban bencana alam.
D. Para siswa di sekolah untuk membantu korban bencana alam mengadakan bakti sosial.
30. Cermatilah data hasil pengamatan berikut!
Data Hasil Pengamatan Komodo
Ciri-ciri komodo
- Hidup di semak belukar dan di sejumlah hutan di Indonesia.
- Beratnya rata rata sekitar 91 kg lebih
- Panjang 2, 5 sampai dengan 3 meter
- Jenis kulit bersisik, ekornya berotot
- Keunikannya
• saat ia sedang makan dan mengunyah, gusinya akan berdarah
• korban yang ia gigit keracunan
• Komodo akan menggigit mangsanya tersebut lalu membuntutinya agar mangsanya lemas dan tidak bisa pergi
Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data tersebut adalah ...
A. Komodo merupakan hewan yang hidup di semak belukar di sejumlah hutan di Indonesia. Beratnya rata rata sekitar 91 kg lebih. Panjang 2, 5 sampai dengan 3 meter. Jenis kulitnya bersisik, ekornya berotot. Saat ia sedang makan dan mengunyah, gusinya akan berdarah. Korban yang ia gigit keracunan. Komodo akan menggigit mangsanya tersebut lalu membuntutinya agar mangsanya lemas dan tidak bisa pergi.
B. Komodo merupakan hewan yang hidup di semak belukar di sejumlah hutan di Indonesia. Beratnya rata rata sekitar 91 kg lebih. Panjang 2,5 sampai dengan 3 meter. Jenis kulitnya bersisik, ekornya berotot. Hewan ini Mendeteksi mangsa dengan indera penglihatan. Komodo akan menggigit mangsanya tersebut lalu membuntutinya agar mangsanya lemas dan tidak bisa pergi.
C. Komodo hidup di semak belukar di sebagian hutan di Indonesia. Komodo mempunyai ciri beratnya mencapai 91 kg lebih dan panjangnya mencapai 3 meter. Kulitnya bersisik dan ototnya berekor. Komodo akan menggigit mangsanya tersebut lalu membuntutinya agar mangsanya lemas dan tidak bisa pergi.
D. Komodo hidup di semak belukar disebagian hutan di Indonesia. Komodo mempunyai ciri beratnya mencapai 91 kg lebih dan panjangnya mencapai 3 meter. Kulitnya bersisik dan ekornya berot. Saat dia makan gusinya berdarah. Tempat itulah terdapat banyak racun yang mematikan mangsanya. Gigitannya beracun. Binatang ini mempunyai indera penglihatan untuk
mendeteksi mangsanya.
31. Cermatilah kalimat berikut !
Fenomena alam likuefaksi terjadi disebabkan karena permukaan tanah bergerak dan ambles sehingga semua bangunan hancur, kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data tersebut adalah ...
A. Komodo merupakan hewan yang hidup di semak belukar di sejumlah hutan di Indonesia. Beratnya rata rata sekitar 91 kg lebih. Panjang 2, 5 sampai dengan 3 meter. Jenis kulitnya bersisik, ekornya berotot. Saat ia sedang makan dan mengunyah, gusinya akan berdarah. Korban yang ia gigit keracunan. Komodo akan menggigit mangsanya tersebut lalu membuntutinya agar mangsanya lemas dan tidak bisa pergi.
B. Komodo merupakan hewan yang hidup di semak belukar di sejumlah hutan di Indonesia. Beratnya rata rata sekitar 91 kg lebih. Panjang 2,5 sampai dengan 3 meter. Jenis kulitnya bersisik, ekornya berotot. Hewan ini Mendeteksi mangsa dengan indera penglihatan. Komodo akan menggigit mangsanya tersebut lalu membuntutinya agar mangsanya lemas dan tidak bisa pergi.
C. Komodo hidup di semak belukar di sebagian hutan di Indonesia. Komodo mempunyai ciri beratnya mencapai 91 kg lebih dan panjangnya mencapai 3 meter. Kulitnya bersisik dan ototnya berekor. Komodo akan menggigit mangsanya tersebut lalu membuntutinya agar mangsanya lemas dan tidak bisa pergi.
D. Komodo hidup di semak belukar disebagian hutan di Indonesia. Komodo mempunyai ciri beratnya mencapai 91 kg lebih dan panjangnya mencapai 3 meter. Kulitnya bersisik dan ekornya berot. Saat dia makan gusinya berdarah. Tempat itulah terdapat banyak racun yang mematikan mangsanya. Gigitannya beracun. Binatang ini mempunyai indera penglihatan untuk
mendeteksi mangsanya.
31. Cermatilah kalimat berikut !
Kesalahan penggunaan kata pada kalimat di atas adalah ....
A. likuefaksi
B. karena
C. disebabkan
D. ambles
32. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
1) Kepada para siswa yang mengikuti KIR, setelah bel berbunyi segera menuju ruang serba guna.
2) Kerena hujan turun deras, kami terpaksa berteduh di gardu hansip dekat lapangan bola.
3) Dalam pidatonya dia menjelaskan bahwa tanggal 5 Januari 2019 bukan merupakan hari cuti bersama
4) Sesuai dengan surat edaran, penilaian akhir semester ganjil dilaksankan mulai tanggal 3
Desember 2018.
Kalimat tidak efektif ditandai dengan nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
33. Bacalah teks kutipan berikut!
(1) Uniknya, saat Komodo sedang makan dan mengunyah, gusinya akan berdarah dan hal itu menjadi media yang ideal untuk berkembangnya bakteri yang berbahaya. (2) Namun sayangnya, binatang melata ini terancam punah. (3) Bakteri yang hidup di dalam mulut komodo tersebut, akan menyebabkan darah korban yang ia gigit keracunan. (4) Komodo akan menggigit mangsanya tersebut lalu membuntutinya agar mangsanya lemas dan tidak bisa pergi. A. likuefaksi
B. karena
C. disebabkan
D. ambles
32. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
1) Kepada para siswa yang mengikuti KIR, setelah bel berbunyi segera menuju ruang serba guna.
2) Kerena hujan turun deras, kami terpaksa berteduh di gardu hansip dekat lapangan bola.
3) Dalam pidatonya dia menjelaskan bahwa tanggal 5 Januari 2019 bukan merupakan hari cuti bersama
4) Sesuai dengan surat edaran, penilaian akhir semester ganjil dilaksankan mulai tanggal 3
Desember 2018.
Kalimat tidak efektif ditandai dengan nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
33. Bacalah teks kutipan berikut!
Kalimat tidak padu pada paragraf tersebut adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
34. Cermatilah kalimat berikut!
Desa Sukamaju adalah desa transmigran pelopor yang diharapkan mampu menarik para transmigran lain [...] melakukan hal yang sama.A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
34. Cermatilah kalimat berikut!
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. dapat
B. untuk
C. agar
D. bisa
35. Perhatikan teks rumpang berikut!
Jika ponsel atau tablet tidak muncul ketika memilih “kirim ke ponsel Anda”, Anda mungkin perlu [ ...] perangkat ke akun Google. A. dapat
B. untuk
C. agar
D. bisa
35. Perhatikan teks rumpang berikut!
Kata berimbuhan yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang dalam kalimat tersebut
adalah ….
A. merangkaikan
B. mengirimkan
C. menghubungkan
D. menyatukan
36. Bacalah teks rumpang berikut!
Penghijauan dapat dilakukan dengan membuat […] kota karena dengan penghijauan dapat menghasilkan oksigen yang sangat diperlukan untuk pernapasan makhluk hidup.adalah ….
A. merangkaikan
B. mengirimkan
C. menghubungkan
D. menyatukan
36. Bacalah teks rumpang berikut!
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada teks tersebut adalah ….
A. paru-paru
B. taman-taman
C. keindahan-keindahan
D. pemandangan-pemandangan
37. Bacalah kalimat berikut!
Jembatan Sungai Ciandum merupakan akses menyambungkan Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Garut A. paru-paru
B. taman-taman
C. keindahan-keindahan
D. pemandangan-pemandangan
37. Bacalah kalimat berikut!
Kata yang tidak tepat penggunaannya dalam kalimat tersebut adalah ….
A. jembatan
B. merupakan
C. menyambungkan
D. akses
38. Bacalah kalimat berikut!
Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib melapor terlebih dahulu kepada panitia.B. merupakan
C. menyambungkan
D. akses
38. Bacalah kalimat berikut!
Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi efektif adalah …
A. Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, wajib melapor terlebih dahulu kepada panitia.
B. Peserta yang mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib melapor terlebih dahulu kepada panitia.
C. Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib lapor kepada panitia.
D. Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib melapor dahulu dengan panitia.
39. Bacalah kalimat berikut!
(1)Terong belanda memiliki karakteristik yang mudah dikenali. (2) Terong belanda memiliki bentuk seperti buah sawo berukuran kecil. (3) Terong belanda berwarna keunguan. (4) Orang Indonesia jarang yang mengonsumsi buah ini. (5) Ciri khas inilah yang mudah dikenali oleh konsumen.A. Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, wajib melapor terlebih dahulu kepada panitia.
B. Peserta yang mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib melapor terlebih dahulu kepada panitia.
C. Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib lapor kepada panitia.
D. Peserta yang berhalangan mengikuti penyajian materi karena alasan sakit atau keperluan lain, diharuskan wajib melapor dahulu dengan panitia.
39. Bacalah kalimat berikut!
Perbaikan kalimat tidak padu pada kalimat nomor (4) adalah …
A. Terong belanda banyak ciri yang mudah dikenali.
B. Beberapa keunikan terong belanda menjadi kelebihannya.
C. Terong belanda banyak dikonsumsi karena banyak khasiatnya.
D. Terong belanda juga memiliki ciri khas yaitu baunya.
40. Cermatilah kalimat berikut!
Para pengungsi tsunami di Palu di mana saat ini sangat membutuhkan bantuan makanan dan pakaian layak pakai. B. Beberapa keunikan terong belanda menjadi kelebihannya.
C. Terong belanda banyak dikonsumsi karena banyak khasiatnya.
D. Terong belanda juga memiliki ciri khas yaitu baunya.
40. Cermatilah kalimat berikut!
Alasan ketidaktepatan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah …
A. Penggunaan kata di mana tidak tepat karena tidak menanyakan tempat.
B. Kata korban karena kalimat tersebut menjadi tidak efektif.
C. Kata layak tidak perlu karena berlebihan.
D. Kata para tidak perlu karena maknanya sama dengan pengungsi.
41. Bacalah kalimat berikut!
Bu Ina menyeduhkan teh hangat yang sangat manis sekali ke dalam cangkir kami.B. Kata korban karena kalimat tersebut menjadi tidak efektif.
C. Kata layak tidak perlu karena berlebihan.
D. Kata para tidak perlu karena maknanya sama dengan pengungsi.
41. Bacalah kalimat berikut!
Alasan tidak efektif kalimat tersebut adalah ….
A. kata manis seharusnya mendapat imbuhan ke-an
B. kata sekali seharusnya dihilangkan
C. kata hangat seharusnya mendaat imbuhan pe
D. kata dalam seharusnya dihilangkanB. kata sekali seharusnya dihilangkan
C. kata hangat seharusnya mendaat imbuhan pe
42. Bacalah teks berikut dengan saksama!
(1) Aktris sekaligus penyanyi Korea, Suzy Bae menjadi salah satu artis yang menjadi sorotan karena kecantikannya.(2) Untuk menjaga wajahnya tetap bersih ia selalu membersihkan wajah dengan pembersih, pengencang dan krim pelembab. (3) Tak hanya selalu merawat wajahnya, Suzy Bae juga konsumsi makanan yang sehat. (4) Dada ayam dan ubi jalar adalah makan kesukaannya.Alasan ketidakpaduan paragraf di atas adalah ....
A. Kalimat (1) menyimpang dari isi
B. Kalimat (2) tidak berhubungan dengan tema
C. Kalimat (3) tidak mencerminkan isi
D. Kalimat (4) isinya tidak berhubungan dengan gagasan pokok paragraf tersebut.
43. Bacalah kutipan teks berikut!
Agar tubuhnya kencang, ia tak lupa mengkomsumsi makanan yang mengandung tepung dan gula secara tidak berlebihan.B. Kalimat (2) tidak berhubungan dengan tema
C. Kalimat (3) tidak mencerminkan isi
D. Kalimat (4) isinya tidak berhubungan dengan gagasan pokok paragraf tersebut.
43. Bacalah kutipan teks berikut!
Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ….
A. kencang
B. mengkomsumsi
C. tak lupa
D. berlebih
44. Bacalah kalimat berikut!
"Awalnya saya hampir melepaskan kodok itu ke sungai, namun saya berpikir jangan-jangan B. mengkomsumsi
C. tak lupa
D. berlebih
44. Bacalah kalimat berikut!
kodok ini ikut kami dari Bali." kata Penno.
Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ....
A. tanda titik (.) setelah kata Bali seharusnya tanda koma (,)
B. tanda titik (.) setelah kata Bali seharusnya tanda titik dua (:)
C. tanda titik (.) setelah kata Bali seharusnya tanda titik koma (;)
D. tanda kutip awal (") seharusnya dihilangkan
45. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
(1) Cristiano Ronaldo mempunyai rekor baru di Liga Champions. (2) Megabintang asal Portugal B. tanda titik (.) setelah kata Bali seharusnya tanda titik dua (:)
C. tanda titik (.) setelah kata Bali seharusnya tanda titik koma (;)
D. tanda kutip awal (") seharusnya dihilangkan
45. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
itu menjadi pemain pertama yang meraih 100 kemenangan di Liga Champions. (3) Kemenangan ke-100 ronaldo diraih saat membantu Juventus mengalahkan Valencia, Rabu 28 November. (4) walaupun CR7 tidak mencetak gol pada laga tersebut.
Penggunaan ejaan yang tepat terdapat pada kalimat ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
46. Bacalah kalimat langsung berikut ini!
Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional kata Husna kepada kami.A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
46. Bacalah kalimat langsung berikut ini!
Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. “Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional.” kata Husna kepada kami.
B. “Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional?”
kata Husna kepada kami.
C. “Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional kata kata Husna!” kepada kami.
D. “Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional,”
kata Husna kepada kami.
47. Bacalah kalimat berikut!
Walaupun Nurhuwaidi baru tiba ia mampu mengkoordinir seluruh acara kepada krunya.B. “Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional?”
kata Husna kepada kami.
C. “Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional kata kata Husna!” kepada kami.
D. “Bulan ini guru BK kita akan mengikuti seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional,”
kata Husna kepada kami.
47. Bacalah kalimat berikut!
Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut adalah ...
A. Walaupun Nurhuwaidi baru tiba, ia mampu mengkoordinir seluruh kepada krunya.
B. Walaupun Nurhuwaidi baru tiba, ia mampu mengoordinasikan seluruh acara kepada
krunya.
C. Walaupun Nurhuwaidi baru tiba, ia mampu berkoordinir seluruh acara kepada krunya.
D. Walaupun Nurhuwaidi baru tiba ,ia mampu mengkoordinasikan seluruh acara kepada
krunya.
48. Bacalah kalimat berikut ini!
Anggi bertanya “Kau dengar bunyi kring-kring tadi?”B. Walaupun Nurhuwaidi baru tiba, ia mampu mengoordinasikan seluruh acara kepada
krunya.
C. Walaupun Nurhuwaidi baru tiba, ia mampu berkoordinir seluruh acara kepada krunya.
D. Walaupun Nurhuwaidi baru tiba ,ia mampu mengkoordinasikan seluruh acara kepada
krunya.
48. Bacalah kalimat berikut ini!
Perbaikan tanda baca yang tepat kalimat tersebut adalah ...
A. Anggi bertanya “Kau dengar bunyi kring-kring tadi?”
B. Anggi bertanya, “Kau dengar bunyi kring-kring tadi?”
C. Anggi bertanya, “Kau dengar bunyi „kring-kring‟ tadi?”
D. Anggi bertanya “Kau dengar bunyi „kring-kring‟ tadi?”
49. Bacalah kalimat berikut ini!
Gurunya Andre yang pintar itu tidak bisa datang hari ini.A. Anggi bertanya “Kau dengar bunyi kring-kring tadi?”
B. Anggi bertanya, “Kau dengar bunyi kring-kring tadi?”
C. Anggi bertanya, “Kau dengar bunyi „kring-kring‟ tadi?”
D. Anggi bertanya “Kau dengar bunyi „kring-kring‟ tadi?”
49. Bacalah kalimat berikut ini!
Alasan kesalahan ejaan pada kalimat tersebut adalah ...
A. Adanya penggunaan kata 'pintar‟ pada kalimat tersebut yang tidak tepat seharusnya diganti kata „ cerdas‟.
B. Adanya penempatan kata yang salah„Andre yang pintar itu‟ harusnya terletak sebelum kata gurunya.
C. Adanya penulisan yang tidak tepat kata „Gurunya Andre‟ diubah menjadi „ Guru-Andre‟.
D. Kalimat di atas masih menimbulkan makna ambigu, pertanyaannya apakah guru atau Andre yang pintar.
50. Cermati tanda baca pada kalimat berikut ini!
SMK baru itu mempunyai jurusan : Otomotif, Tata Boga, Tata Busana, dan Multi Media.B. Adanya penempatan kata yang salah„Andre yang pintar itu‟ harusnya terletak sebelum kata gurunya.
C. Adanya penulisan yang tidak tepat kata „Gurunya Andre‟ diubah menjadi „ Guru-Andre‟.
D. Kalimat di atas masih menimbulkan makna ambigu, pertanyaannya apakah guru atau Andre yang pintar.
50. Cermati tanda baca pada kalimat berikut ini!
Alasan kesalahan penggunaan tanda baca titik dua (:) pada kalimat tersebut adalah ...
A. Tanda titik dua tidak dipakai jika rangkaian atau pemerian merupakan pelengkap yang mengakhiri pernyataan.
B. Tanda titik dua tidak dipakai sesudah kata atau ungkapan yang memerlukan pemeriaan.
C. Tanda titik dua dapat dipakai pada akhir suatu pernyataan lengkap jika diikuti rangkaian atau pemerian.
D. Tanda titik dua dapat dipakai dalam menulis teks drama sesudah kata yang menunjukkan pelaku dalam percakapan.
A. Tanda titik dua tidak dipakai jika rangkaian atau pemerian merupakan pelengkap yang mengakhiri pernyataan.
B. Tanda titik dua tidak dipakai sesudah kata atau ungkapan yang memerlukan pemeriaan.
C. Tanda titik dua dapat dipakai pada akhir suatu pernyataan lengkap jika diikuti rangkaian atau pemerian.
D. Tanda titik dua dapat dipakai dalam menulis teks drama sesudah kata yang menunjukkan pelaku dalam percakapan.
CATATAN: SOAL INI ADALAH SOAL UJI COBA UN (TO) DKI TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA SMP/MTs. PAKET B
KUNCI JAWABAN SOAL PERSIAPAN UN 2019 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
1. D
2. D
3. C
4. C
5. A
6. D
7. B
8. D
9. B
10. A
11. C
12. B
13. D
14. A
15. C
16. B
17. C
18. A
19. C
20. D
21. C
22. A
23. D
24. C
25. D
26. B
27. A
28. B
29. B
30. A
31. C
32. A
33. B
34. C
35. C
36. B
37. C
38. A
39. D
40. A
41. B
42. D
43. B
44. A
45. A
46. D
47. B
48. C
49. D
50. A
BAHAN LES/PERSIAPAN UN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SMP/MTs.
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
1. Menentukan Makna Istilah Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
3. Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
4. Kalimat Hubungan Pertentangan Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
5. Ide Pokok Paragraf Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
6. Kalimat Utama Paragraf Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
7. Kalimat Simpulan Paragraf Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
9. Perbandingan Penggunaan Bahasa Dua Teks Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
10. Pola Pengembangan Cerita Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
11. Menentukan Makna Ungkapan Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
12. Menentukan Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
13. Menentukan Keistimewaan Tokoh dalam Teks Biografi Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
14. Menentukan Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
15. Menentukan Tokoh Utama Cerita Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
16. Menentukan Latar Suasana Cerita Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
17. Menentukan Cara Penggambaran Watak Tokoh Dalam Cerita Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
18. Menentukan Makna Kata Simbolik Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
19. Menentukan Amanat Cerita Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
20. Menentukan Nilai Moral dalam Cerita Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
21. Menentukan Penyebab Konflik dalam Cerita Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
22. Menentukan Perbedaan Pola Pengembangan Cerita Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
23. Menentukan Perbedaan Penggunaan Bahasa dalam Cerita Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
24. Menentukan Isi dan Nilai Cerita Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
25. Menentukan Keunggulan Cerita Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
26. Melengkapi Kalimat dengan Kata Depan yang Tepat Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
27. Melengkapi Kalimat dengan Kata Seru Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
28. Mengurutkan Kalimat Acak pada Teks Prosedur Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
29. Mengurutkan Kalimat Acak pada Teks Laporan Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
30. Melengkapi Teks Biografi Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
31. Sudut Pandang Cerita Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
32. Mengubah Bentuk Teks Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
33. Menyusun Teks Laporan Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
34. Penggunaan Kata/Istilah dalam Kalimat Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
35. Memvariasikan Kalimat Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
36. Melengkapi Kalimat dengan Kata/Istilah yang Tepat Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
37. Kata Sandang Si dan Sang Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
38. Kata Penghubung Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
39. Penggunaan Istilah yang Tepat Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
40. Penulisan Gabungan Kata Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
41. Merperbaiki Kalimat Tidak Efektif Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
42. Kalimat Tidak Padu dalam Paragraf Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
43. Prinsip Kehematan dalam Kalimat Efektif Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
44. Alasan Mengapa Kalimat Tidak Efektif Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
45. Perbaikan Kata Tidak Baku dalam Kalimat Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
46. Penggunaan Huruf Kapital Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
47. Penggunaan Tanda Titik Koma Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
48. Penulisan Nama Organisasi dan Nama Geografi Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
49. Penggunaan Tanda Seru Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
50. Alasan Penggunaan Tanda Baca yang Salah Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs. MAPEL BAHASA INDONESIA KLIK https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BACA DI BLOG:
- Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
- Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
- Makna kata dalam teks
- Ide pokok paragraf
- Kalimat utama paragraf
- Simpulan paragraf
- Kalimat persetujuan dalam teks
- Kalimat hubungan sebab akibat
- Kalimat yang menunjukkan (bukti) watak tokoh cerita
- Konflik dalam cerita
- Amanat cerita
- Kalimat yang tidak padu dalam teks
- Peristiwa yang tergambar dalam teks
- Teks laporan
- Urutan kalimat teks sastra
- Mengubah teks ke bentuk teks lain
- Perbaikan penulisan ejaan
- Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
- Ringkasan teks
- Tokoh utama cerita
- Konflik, penyebab konflik, dan akibat konflik
- Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
- Kalimat yang menyatakan keunggulan buku
- Struktur teks resensi
- Pendapat pro dan kontra
- Jenis-jenis teks prosedur
- Melengkapi teks prosedur
- Menyunting teks prosedur
- Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
- Keteladanan tokoh dalam teks biografi
- Fakta dan opini dalam teks biografi
- Membandingkan nilai moral dua teks fabel
- Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
- Bagian-bagian teks ulasan film/drama
- Cara memvariasikan kalimat
- Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
- Makna simbol dalam cerpen
- Menentukan bagian alur cerpen
- Syarat-syarat paragraf yang baik
- Melengkapi kalimat dengan istilah yang tepat
- Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42.Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat
- Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
- Kalimat tidak efektif
- Alasan penggunaan kata yang salah
- Penulisan huruf kapital
- Penggunaan ejaan yang tidak tepat
- Kesalahan penggunaan tanda baca
- Penggunaan ejaan yang tepat
- Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca