SOAL PERSIAPAN UKK/PAT KELAS X MAPEL BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013
Wednesday, April 24, 2019
I. Pilihlah jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (x) pada huruf A, B, C, D atau E pada lembar jawab yang tersedia!
Teks negosiasi untuk soal no 1 dan 2.
Andi : “Selamat Siang”
Bima : “Selamat Siang. Silakan duduk!”
Andi : “Terima Kasih”.
Bima : “Ada apa kiranya saudara datang kemari?”
Andi : “Saya ingin membeli sepeda motor bapak, “
Bima : “Saudara menawar berapa?”
Andi : “Delapan Juta, pak.”
Bima : “Sepuluh Juta, Pak.”
Andi : “Tidak Boleh kurang, Pak.”
Bima : “Bagaimana kalau Sembilan Juta Setengah.”
Andi : “Sembilan Juta, Pak. Ini Penawaran terakhir saya.”
Bima : “ Baiklah, saya setuju.”
Andi : “ Besok saya bawakan uangnya, Pak.”
Bima : “ Iya, Terima Kasih.”
Andi : “ Kalau begitu, saya pulang dahulu, Pak.”
Bima : “ Silakan.”
Andi : “ Selamat Siang.”
Bima : “Selamat Siang.”UKKK
1. Negosiasi tersebut merundingkan .... A. harga barang
B. jual beli
C. kualitas sepeda motor
D. kenaikan harga sepeda motor
E. permintaan bantuan
2. Berikut informasi yang tidak sesuai dengan isi teks negosiasi tersebut adalah.........
A. Bima menawarkan sepeda motor dengan harga sepuluh juta rupiah.
B. Andi membeli sepeda motor pak Bima seharga Apuluh Juta rupiah.
C. Andi membelik Sepeda Motor Pak bima dengan penawaran terakhir seharga Sembilan Juta Rupiah.
D. Pak Bima tidak menyetujui penawaran yang yang diajukan oleh Andi seharga Sembilan juta Rupiah.
E. Pak Bima langsung menerima penawaran sepeda motor yang akan di beli Andi Seharga Sepuluh Juta Rupiah.
3. Bacalah dengan saksama!
Penjual : Mau cari apa, Mas?
Pembeli : Baju yang ini berapa, ya?
Penjual : Kalau yang ini Rp. 150.000,00.
Pembeli : Wah, mahal sekali, Mbak?
Penjual : Ya, soalnya bahannya bagus dan juga barangnya limited edition.
Pembeli : Ya, memang benar bahannya bagus, tapi apakah harganya tidak bisa kurang?
Penjual : Baiklah, saya kurangi jadi Rp. 145.000,00.
Pembeli : Wah, itu masih kemahalan, Mbak. Kurangi sedikit lagi, Mbak.
Penjual : Gak bisa, Mas, Ini saja sudah murah.
Pembeli : Bagaimana kalau Rp. 140.000,00, Mbak?
Penjual : Gak bisa, Masitu sudah paling murah.
Pembeli : Ayolah, Mbak! Ini buat oleh-oleh saya di rumah.
Penjual : Baiklah, buat Mas saya bolehkan. Mau beli apalagi?
Pembeli : Tidak, ini saja. Ini uangnya.
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat yang di cetak miring adalah ....
A. Ya, karena bahannya bagus dan juga barangnya terbatas.
B. Ya, soalnya barangnya bagus dan juga limited edition.
C. Ya, Soal bahan bagus karena barangnya terbatas.
D. Ya, karena bahannya bagus dan limited edition.
E. Ya ,karena bahan dan barangnya limited edition.
Teks untuk soal no. 4 dan 5.
Rina : “Kedatangan saya ke sini bermaksud untuk menawarkan panci kepada Ibu.”
Bu Diana : “Berapa harga panci ini?”
Rina : “Tiga Puluh Ribu, Bu.”
4. Kutipan teks negosiasi tersebut merupakan bagian ..............
A. orientasi
B. pengajuan
C. penawaran
D. persetujuan
E. penutup
5. Berikut merupakan konversi teks negosiasi dalam bentuk monolog adalah.......
A. Rina menawarkan sesuatu kepada ibu Diana.
B. Rina mendatangi rumah salah seorang ibu yang bernama bu Diana, Rina bermaksud untuk menawarkan panci dengan harga tiga puluh ribu rupiah kepada bu Diana.
C. Bu Diana menanyakan harga panci yang ditawarkan oleh Rina.
D. Rina mendatangi rumah salah seorang ibu yang bernama Diana. Rina menawarkan panci seharga tiga puluh ribu rupiah.
E. Bu Diana menawar Panci yang ditawarkan Oleh Rina.
6. Bacalah dengan saksama!
Pak Kimung : Saya tidak setuju kalau Pak Dulah menjadi bendahara. Titik! (1)
Pak Posa : Menurut saya, Pak Dulah bekerja baik. Selama ini, kas RT kita selalu
banyak. Pak Dulah Pandai mengatur keuangan. (2)
Pak Kimung : Uang kas kita memang banyak. Pak Posa, tapi kas kita yang dia gunakan
untuk keperluan pribadi juga banyak. (3)
Pak RT : ...... (4)
Pak Kimung : ...... (5)
Kalimat yang tepat untuk melengkapi negosiasi tersebut ......
A. (5) Kita tidak baik menuduh orang. Biarlah Pak Dulah menjadi bendahara.
(6) Nah, begitu. Pak RT. Saya setuju kalau kita pilih bendahara baru.
B. (5) Kita tidak baik menuduh orang. Biarlah Pak Dulah menjadi bendahara.
(6) Kita minta dia kumpulkan uang sebanyak-banyaknya.
C. (5) Kita tak baikmenuduh orang. Lebih baik kita selidiki dulu bersama-sama. Untuk
saat ini kita biarkan Pak Dulah menjadi bendahara.
(6) Nah, begitu, Pak RT. Saya setuju kalau kita pilih bendahara baru.
D. (5) Kita tidak baik menuduh orang, Lebih baik kita selidiki dulu bersama-sama.
Untuk saat ini, kita pilih bendahara pengganti Pak Dulah.
(6) Nah, begitu, Pak RT. Saya setuju kalau kita pilih bendahara baru.
E. (5) Kita tidak baik menuduh orang. Lebih baik kita selidiki dulu bersama-sama.
Untuk saat ini, biarlah Pak Dulah mencari pengganti dirinya.
(6) Kita Minta dia kumpulkan uang sebanyak-banyaknya.
7. Bacalah dengan saksama!
Linda : Citra, besok kita lakukan gladi bersih! (1)
Citra : Ah, kamu malas keluar rumah besok. Kita lakukan sekarang saja. (2)
Linda : Kostum baru selesai malam ini, Kita harus lakukan gladi bersih pakai kostum. (3)
Citra : Baiklah. Kita lakukan pagi hari, ya. Aku segen keluar siang hari. (4)
Linda : Oke. Pukul 08.00 kita siap di lokasi. (5).
Kata tidak baku dalam teks tersebut adalah ....
A. kostum
B. gladi
C. pukul
D. segen
E. pakai
8. Bacalah kedua teks berikut dengan saksama!
Teks I
Yuni : Rin, temani kakak ke tuku buku, yuk!
Ririn : Nanti, tunggu filmnya selesai.
Yuni : Terlalu lama, Rin. Nanti tokonya tutup. Kamu bisa nonton VCD itu besok, ‘kan?
Ririn : Acara nonton VCD ini sudah direncanakan sejak bulan lalu, kak. Jadi, harus terlaksana.
Yuni : Ya, sudah kalau kamu tak mau. Padahal aku mau belikan kamu stempel Hello Kitty kalau kamu mau ikut.
Ririn : Oh, ya? Baiklah aku siap menemanimu, Kak. Tapi traktir makan malam di restoran dekat toko buku itu, ya, kak.
Yuni : Ah, kamu banyak maunya. Aku traktir kerak telor saja, ya.
Ririn : Baiklah, ayo kita berangkat!
Teks II
Suatu malam, Yuni perlu membeli buku-buku pelajaran untuk keperluannya di sekolah. Ia meminta Ririn untuk menemaninya pergi ke toko buku. Ririrn merasa keberatan harus menemani kakaknya. Ririn menolak permintaan kakaknya secara halus. Ia mau menemani setelah ia nonton film, padahal saat itu hari sudah malam. Mereka jelas tak mungkin pergi setelah film selesai diputar.
Yuni tidak kehabisan akal. Ia mengajukan iming-iming stempel hello kitty kalau adiknya mau ikut.Ririn tertarik karena ia mengoleksi pernak-pernik hello kitty. Akan tetapi, ia masih mengajukan syarat, yaitu minta ditraktir makan di restoran. Yuni menawarkan kerak telor sebagai penggantinya dan Ririn setuju. Mereka segera pergi ke toko buku.
Kedua jenis teks tersebut merupakan ….
Teks I Teks II
A eksposisi deskripsi
B negosiasi prosedur kompleks
C eksposisi negosiasi
D negosiasi narasi
E negosiasi eksposisi
9. Bacalah dengan saksama!
Yovi : Esa, Kemarin aku baru beli buku Laskar Pelangi terbaru. Ternyata, ayahku beli juga. Jadi, aku punya dua. Kamu mau beli satu? (1)
Esa : Ayahku tidak tahu kalau aku sudah beli juga. (2)
Yovi : Aku senang. Bagaimana denganmu? (3)
Esa : Boleh juga. Memang berapa harganya? (4)
Yosi : Rp. 85.000,00. Bagaimana? (5)
Esa : Wah, aku belum ada uang. Bagaimana kalau aku barter dengan buku cerita petualangan. (6)
Yovi : Kalau barter dengan buku itu plus Rp. 25.000,00 boleh? (7)
Esa : Ya, sudah. Setuju. (8)
Dalam penyuntingan, pernyataan pada teks tersebut yang harus dihilangkan karena tidak padu adalah pernyataan nomor..........
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
E. 5 dan 6
10. Bacalah dengan saksama!
Direktur : Saudara Rizaldi Darmawan?
Rizaldi : Benar, Pak.
Direktur : Selamat datang di perusahaan kami.
Rizaldi : Terima kasih, Pak.
Direktur : Surat Penugasan anda, sudah Anda terima?
Rizaldi : Sudah. Sudah diserahkan oleh sekretaris Bapak ketika Bapak belum datang.
Direktur : Semoga anda menyukai pekerjaan yang baru nanti sehingga kita bisa memajukan perusahaan ini bersama.
Rizaldi : Saya sangat senang dan berterima kasih atas kesempatan ini.
Teks tersebut tidak memenuhi kaidah teks negosiasi karena............
A. tidakmelibatkan dua pihak atau lebih
B. berupa dialog
C. mengandung konflik
D. tidak mengandung tawar-menawar
E. tidak berujung pada kesepakatan
11. Berikut yang merupakan unsur pelaksanaan debat adalah ….
A. (1) argumentasi, (2) tim afirmasi, (3) tim oposisi, (4) tim netral, (5) penonton/ juri yang dipanggil, (6) moderator, dan (7) penulis
B. (1) pendapat, (2) tim afirmasi, (3) tim oposisi, (4) tim netral, (5) penonton/ juri yang dipanggil, (6) moderator, dan (7) penulis
C. (1) mosi, (2) tim afirmasi, (3) tim oposisi, (4) tim netral, (5) penonton/ juri yang dipanggil, (6) moderator, dan (7) penulis
D. (1) mosi, (2) tim afirmasi, (3) tim oposisi, (4) tim netral, (5) penonton/ juri yang dipanggil, (6) pembawa acara, dan (7) penulis
E. (1) mosi, (2) tim afirmasi, (3) tim oposisi, (4) tim netral, (5) penonton/ juri yang dipanggil, (6) moderator, dan (7) penelaah
12. Secara umum debat dilaksanakan dengan tata cara sebagai berikut ….
A. (1) perkenalan; (2) penyampaian (penyampaian pernyataan sesuai topik oleh tim afirmasi dalam waktu yang ditentukan); (3) debat (penyampaian tanggapan/argumentasi oleh tim penyanggah ); (4) simpulan (pemberian ungkapan penutup oleh setiap tim)
B. (1) perkenalan; (2) penyampaian (penyampaian pernyataan sesuai topik oleh setiap tim dalam waktu yang ditentukan); (3) debat (penyampaian tanggapan/argumentasi oleh setiap tim); (4) simpulan (pemberian ungkapan penutup oleh setiap tim)
C. (1) perkenalan; (2) penyampaian (penyampaian pernyataan sesuai topik oleh tim penyanggah dalam waktu yang ditentukan); (3) debat (penyampaian tanggapan/argumentasi oleh tim pendukung); (4) simpulan (pemberian ungkapan penutup oleh setiap tim)
D. (1) perkenalan; (2) penyampaian (penyampaian pernyataan sesuai topik oleh setiap tim dalam waktu yang ditentukan); (3) debat (penyampaian tanggapan/argumentasi oleh tim netral); (4) simpulan (pemberian ungkapan penutup oleh setiap tim)
E. (1) perkenalan; (2) penyampaian (penyampaian pernyataan sesuai topik oleh tim yang ditunjuk dalam waktu yang ditentukan); (3) debat (penyampaian tanggapan/argumentasi oleh setiap tim); (4) simpulan (pemberian ungkapan penutup oleh setiap tim)
13. Bacalah dengan saksama!
Menurut saya tawuran antarpelajar tidak saja terjadi karena karakter anak-anak yang cenderung brutal. Lebih dari itu, tawuran terjadi karena anak-anak mendapat teladan yang kurang baik dari para pemimpin bangsa yang sibuk saling berebut kekuasaan dan saling menghu¬jat. Televisi dan internet pun dengan bebas menyajikan berbagai aksi brutal yang membuat anak-anak tergoda untuk meniru.
Mosi debat tersebut adalah ….
A. tawuran antarpelajar terjadi karena karakter anak-anak yang cenderung brutal
B. tawuran antarpelajar terjadi karena anak-anak mendapat teladan yang kurang baik
C. tawuran antarpelajar terjadi semata-mata karena karakter anak-anak yang cenderung brutal
D. tawuran antarpelajar terjadi karena karakter anak yang cenderung brutal dan mendapat teladan yang kurang baik
E. tawuran antarpelajar terjadi semata-mata karena anak-anak mendapat teladan yang kurang baik
14. Bacalah dengan saksama!
Menurut saya, ponsel sangat berguna jika dipergunakan secara benar. Namun, di sisi lain ponsel juga sangat berbahaya, misalnya jika dipergunakan secara terus-menerus atau dipergunakan untuk hal-hal yang negative.
Dalam pelaksanaan debat, pernyataan di atas diungkapkan oleh ….
A. tim pendukung
B. tim penyanggah
C. tim netral
D. moderator
E. penulis
15. Bacalah dengan saksama!
Sebuah pedati berjalan menuju suatu tempat, rodanya akan berputar sesuai arah tersebut. Rodanya akan menempuh jalan yang keadaannya beragam. Ada jalan yang lurus mulus, ada yang berbelok-belok belubang-lubang. Ada yang becek, penuh batu kerikil. Bila melewati jalan yang kondisinya bagus, pedati akan melaju tenang. Akan tetapi, bila menempuh jalan yang kondisinya buruk, tentu memerlukan kehati-hatian agar jalan pedati tidak oleng dan jangan sampai celaka dan kondisi roda haruslah kuat pula supaya tidak patah sebelum sampai di tujuan dengan selamat. Begitu pula kehidupan yang dilalui oleh manusia. Adakalanya lancar berhasil, ada pula yang sulit, penuh cobaan dan masalah yang memerlukan kesabaran dan kekuatan hati. Apakah seseorang akan berputus asa? Sangat bergantung pada kekuatan dan ketegaran hatinya. Jadi, kehidupan manusia itu ibarat perputaran roda pedati menuju suatu tempat dengan beragam kondisi jalan yang ditempuhnya.
Paragraf tersebut merupakan contoh penarikan kesimpulan secara ….
A. generalisasi
B. sebab akibat
C. analogi
D. ilustrasi
E. pertentangan
16. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
1) Sejak bulan Juli sampai akhir Agustus, penduduk Kecamatan Batu Kencana disibukkan dengan berbagai pertandingan dan kegiatan seni. 2) Di Desa Candi diadakan pertandingan bola voli. 3) Di Desa Sumber ada pertandingan futsal. 4) Di berbagai desa diselenggarakan tari tradisional dan modern. 5) Di lapangan kecamatan, pada awal Agustus diadakan bazar dan pasar murah. 6) Kegiatan seperti ini selalu terjadi setiap tahun dan akan mencapai puncaknya pada sekitar akhir Agustus sebagai malam gembira. 7) Jadi, kegiatan pertandingan olahraga, seni, bazar, dan pasar murah diadakan dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan RI.
Paragraf tersebut merupakan contoh penarikan kesimpulan secara ….
A. generalisasi
B. sebab akibat
C. analogi
D. ilustrasi
E. pertentangan
17. Bacalah dengan saksama!
Saya tidak setuju jika kosa kata bahasa asing yang masuk ke dalam penggunaan bahasa Indonesia disebabkan karena ketidak berdayaan bahasa Indonesia dalam interaksi antar bahasa. Kosa kata bahasa asing masuk ke dalam bahasa Indonesia hanya digunakan sebagai persamaan kata yang bagi sebagian orang lebih mudah difahami. Namun, pada intinya dalam bahasa Indonesia itu sendiri, telah ada kosa kata yang berkaitan dengan kosa kata asing tersebut.
Kalimat evaluasi yang tepat sesuai isi teks tersebut adalah ….
A. Dalam penggalan tersebut terdapat kesalahan penulisan kata: bahasa Indonesia seharusnya Bahasa Indonesia; ketidak berdayaan seharusnya ketidakberdayaan; antar bahasa seharusnya antarbahasa; difahami seharusnya dipahami.
B. Dalam penggalan tersebut terdapat kesalahan penulisan kata: kosa kata seharusnya kosakata; ketidak berdayaan seharusnya ketidakberdayaan; bahasa asing seharusnya bahasa Asing; difahami seharusnya dipahami.
C. Dalam penggalan tersebut terdapat kesalahan penulisan kata: kosa kata seharusnya kosakata; ketidak berdayaan seharusnya ke tidakberdayaan; antar bahasa seharusnya antarbahasa; difahami seharusnya dipahami.
D. Dalam penggalan tersebut terdapat kesalahan penulisan kata: kosa kata seharusnya kosakata; ketidak berdayaan seharusnya ketidakberdayaan; antar bahasa seharusnya antarbahasa; difahami seharusnya dipahami.
E. Dalam penggalan tersebut terdapat kesalahan penulisan kata: kosa kata seharusnya kosakata; ketidak berdayaan seharusnya tidak berdaya; antar bahasa seharusnya antarbahasa; difahami seharusnya dipahami.
18. Bacalah dengan saksama!
Banjir bandang adalah banjir yang terjadi secara tiba-tiba di permukaan rendah yang disebabkan hujan yang turun terus-menerus. Banjir bandang terjadi saat penjenuhan air terhadap tanah di wilayah tersebut berlangsung dengan sangat cepat hingga tidak dapat diserat lagi. Air yang menggenang lalu berkumpul di daerah-daerah dengan permukaan rendah dan dengan cepat ke daerah yang lebih rendah. ….
Kalimat berupa akibat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. Maka, banjir dapat terjadi karena peluapan air yang berlebihan di suatu tempat.
B. Dengan demikian, jumlah curah hujan melebihi kemampuan serapan.
C. Akhirnya, banjir secara tiba-tiba yang diakibatkan terisinya saluran air.
D. Jadi, hujan besar dan peluapan air sungai perlu kita waspadai setiap saat.
E. Akhirnya, terjadilah bajir yang tidak dapat diatasi dan dihindari di wilayah tersebut.
19. Bacalah dengan saksama!
Dewasa ini Bahasa Indonesia terus berkembang dan mulai diakui sebagai bahasa internasional. Namun, dalam perkembangannya terbukti bahwa Bahasa Indonesia banyak menyerap kosa kata asing. Untuk berkembang, Bahasa Indonesia sangat tergantung pada bahasa asing. Bahkan ada yang beranggapan bahwa kosa kata bahasa asing masuk ke dalam penggunaan Bahasa Indonesia karena ketidakberdayaan Bahasa Indonesia dalam interaksi antar bahasa.
Anggapan inilah yang akan kita bahas dalam debat kali ini. Untuk putaran pertama saya persilakan secara bergantian setiap tim untuk menyampaikan pendapatnya.
Sebagai sebuah kegiatan ilmiah, debat dilakukan dengan menggunakan ragam bahasa baku sekaligus ilmiah.
Paragraf di atas menyalahi ketentuan ciri ragam bahasa debat, yaitu ....
A. Kaidah bahasa yang digunakan dalam paragraf tersebut tidak sesuai dengan kaidah bahasa baku, baik tata ejaan maupun tata bahasa.
B. Ide yang diungkapkan tidak sesuai dengan fakta dan tidak dapat diterima akal sehat.
C. Kata yang dipilih tidak memiliki makna yang sebenarnya.
D. Digunakannya kata-kata daerah dan asing
E. Penggunaan kalimat-kalimat yang Panjang.
20. Bacalah kalimat debat di bawah ini dengan saksama!
a. Pemerintah seharusnya tidak menutup mata pada fakta bahwa UN telah memakan banyak korban.
b. Banyak banget siswa jatuh bergelimpangan karena takut gagal dalam Ujian Nasional
Paragraf di atas menyalahi ketentuan ciri ragam bahasa debat, yaitu ....
A. Kaidah bahasa yang digunakan dalam paragraf tersebut tidak sesuai dengan kaidah bahasa baku, baik tata ejaan maupun tata bahasa.
B. Ide yang diungkapkan tidak sesuai dengan fakta dan tidak dapat diterima akal sehat.
C. Penggunaan kata daerah dan kata yang memiliki makna yang tidak sebenarnya (denotatif).
D. Digunakannya kata-kata daerah dan asing
E. Penggunaan kalimat-kalimat yang Panjang.
21. Struktur teks biografi adalah sebagai berikut ....
A. (1) pendapat atau pemikiran tentang tokoh yang akan diceritakan; (2) kejadian penting, berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis; (3) penegasan ulang pendapat, berisi komentar evaluatif atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya.
B. (1) pendapat atau pemikiran tentang tokoh yang akan diceritakan; (2) kejadian penting, berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis; (3) reorientasi, berisi komentar evaluatif atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya.
C. (1) orientasi atau setting berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan; (2) kejadian penting, berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis; (3) reorientasi, berisi komentar evaluatif atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya.
D. (1) orientasi atau setting berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan; (2) kejadian penting, berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis; (3) penegasan ulang pendapat, berisi komentar evaluatif atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya.
E. (1) orientasi atau setting berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan; (2) argumentasi, berisi argumen yang disusun secara kronologis; (3) reorientasi, berisi komentar evaluatif atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya.
22. Bacalah dengan saksama!
B.J. Habibie adalah salah seorang tokoh panutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia. Beliau adalah presiden ketiga Republik Indonesia. Nama dan gelar lengkapnya Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA.Tuti Marini Puspowardojo. Habibie menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 dan dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.
Penggalan tersebut merupakan bagian teks biografi bagian struktur ….
A. orientasi
B. kejadian penting
C. reorientasi
D. pendapat
E. penegasan pendapat
23. Bacalah dengan saksama!
Kebrilianan otak mutiara hitam dari Timur Indonesia ini mulai bersinar ketika pada tahun 2001 ia menjuarai lomba Olimpiade Kimia tingkat daerah. Oleh karena prestasinya itu, ia mendapat beasiswa ke Jakarta dari Pemerintah Provinsi Papua. Namun, mamanya melarang putera bungsunya berangkat ke Ibu kota. Prestasi rupanya membutuhkan sedikit kenakalan dan kenekatan. Dengan dibantu kakaknya, Frangky, Oge berangkat diam-diam. Ia baru memberitahu niatnya kepada mama tercinta sesaat sebelum menaiki tangga pesawat. Mamanya menangis selama dua minggu menyadari anaknya pergi meninggalkan tanah Papua.
Penggalan teks biografi tersebut merupakan bagian struktur ….
A. orientasi
B. kejadian penting
C. reorientasi
D. pendapat
E. penegasan pendapat
24. Bacalah kutipan biografi berikut dengan saksama!
Jenderal Besar Soedriman, lahir di Bodas Karangjati, Rembang, Purbalingga, 24 Januari 1916. Beliau merupakan salah seorang tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia. Meski menderita sakit paru-paru yang parah ia tetap bergerilya melawan Belanda. Ia berlatar belakang seorang guru HIS Muhammadiyah di Cilacap dan giat di kepanduan Hizbul Wathan. Ia berpangkat jenderal pada usia 31 tahun.
Hal yang menarik dari penggalan biografi di atas adalah . . . .
A. seorang guru HIS Muhammadiyah
B. menjadi jenderal saat usia 31 tahun
C. pejuang dan pahlawan Muhammadiyah.
D. pemimpin perang gerilya melawan musuh
E. memilik semangat besar untuk meraih kemerdekaan Indonesia
25. Bacalah kutipan biografi berikut!
Andrea Hirata, penulis buku Laskar Pelangi, dilahirkan di sebuah desa cukup terpencil di Pulau Belitung. Tinggal di sebuah desa dengan segala keterbatasan memang cukup memengaruhi pribadi Andrea sedari kecil. Setelah menyelesaikan pendidikan di kampung halamannya, Andrea lantas memberanikan diri untuk merantau ke Jakarta selepas lulus SMA. Kala itu, keinginannya untuk menggapai cita-cita dan melanjutkan ke bangku kuliah menjadi dorongan terbesar untuk hijrah ke Jakarta. Andrea lantas memulai kehidupan barunya di Bogor sebagai penyotir surat di kantor pos Bogor. Atas dasar usaha kerasnya dalam menggapai cita-cita, Andrea berhasil melanjutkan pendidikannya di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia. Merasakan bangku kuliah merupakan salah satu cita-citanya sejak ia berangkat dari Belitung.
Keteladanan tokoh dalam kutipan tersebut adalah . . . .
A. Andrea dilahirkan di sebuah desa yang cukup terpelosok.
B. Sejak kecil Andrea Hirata sudah merantau ke Jakarta.
C. Karya Andrea sangat terkenal dan sudah banyak difilmkan.
D. Kerja keras dan optimis meraih pendidikan yang lebih tinggi.
E. Andrea bangga karena berhasil melanjutkan kuliah di Jakarta.
26. Bacalah dengan saksama!
A.A. Navis nama lengkapnya Ali Akbar Navis lahir di Padang Panjang, Sumatra Barat tanggal 17 November 1924. Ia tamat perguruan IMS di Kayu Taman tahun 1943. Pada masa Jepang Navis bekerja pada pabrik porselen di Padang Panjang, kemudian menjadi guru, tahun 1952 menjadi kepala urusan kesenian perwakilan jawatan kebudayaan Sumatra Tengah.
Pada tahun 1950 ia mulai mengikuti perkembangan kesusastraan secara aktif, mengarang cerita pendek, dan sandiwara radio. Cerita-ceritanya dalam Mimbar Indonesia, Siasat, Kisah, Sastra, dan lain-lain. Ia sebagai pemenang hadiah majalah Kisah pada tahun 1985. Karya-karyanya: Robohnya Surau Kami (1956), Bianglala (1963), Hujan Panas (1963), Kemarau (1967), semuanya diterbitkan oleh N.V. Nusantara.
Kalimat tanya yang sesuai dengan isi penggalan biografi di atas yaitu …
A. Apakah Bianglala (1963) merupakan karya A. A. Navis yang paling fenomenal?
B. Kapan A.A. Navis mulai mengikuti perkembangan kesusastraan secara aktif?
C. Bagaimana pandangan A.A. Navis terhadap perkembangan kesusastraan Indonesia?
D. Siapakah yang merobohkan Surau yang didirikan oleh A. A. Navis pada tahun 1956?
E. Apakah karya-karya A. A. Navis tahun 1956–1967 dipublikasikan oleh banyak penerbit?
Teks untuk soal nomor 27 dan 28.
Agnes Monica Muljoto, lahir di Jakarta, 1 Juli 1986. Dia adalah seorang penyanyi dan artis berkebangsaan Indonesia. Dia memulai kariernya di industri hiburan pada usia enam tahun sebagai seorang penyanyi cilik.
Agnes telah merilis tiga album anak-anak yang berhasil mengantarkan namanya ke deretan penyanyi cilik populer pada era 1990-an. Selain bernyanyi, dia juga menjadi presenter di beberapa acara televisi anak-anak. Saat menginjak usia remaja, Agnes mulai terjun ke dunia seni peran. Penampilannya di sinetron Pernikahan Dini (2001) berhasil melambungkan namanya. Agnes kemudian membintangi sederet sinetron yang menjadikannya artis remaja dengan bayaran termahal saat itu.
27. Berikut pernyataan yang sesuai dengan penggalan biografi di atas adalah …
A. Agnes adalah pemain film kebangsaan Indonesia yang popular pada era 1990-an.
B. Agnes berperan dalam sinetron Pernikahan Dini saat berusia 20 tahun.
C. Agnes akan meliris tiga album anak-anak pada era 1990-an dan menjadikannya populer.
D. Agnes memulai kariernya di industri hiburan sebagai penyayi cilik.
E. Agnes membintangi sederet iklan yang menjadikannya artis dengan bayaran termahal.
28. Kaidah bahasa yang tampak pada paragraf 1 penggalan teks biografi di atas adalah ....
A. penggunaan pronomina (kata ganti) orang ketiga tunggal
B. banyak menggunakan kata adjektiva
C. banyak menggunakan kata kerja pasif
D. banyak menggunakan kata depan
E. banyak menggunakan kata sambung
29. Bacalah dengan saksama!
Ketika musim liburan tiba, ia menggunakan waktunya untuk mengikuti ujian dan bekerja. Sehabis masa libur, ia kembali fokus belajar. Gaya hidupnya ini sangat berbeda jika dibandingkan teman-temannya yang memilih menggunakan waktu liburan musim panas untuk bekerja, mencari pengalaman, tanpa mengikuti ujian.
Karakter unggul tokoh pada penggalan di atas disajikan dengan ....
A. secara langsung
B. pendeskripsian cara tokoh menghadapi permasalahan
C. penggambaran dialog tokoh
D. penggambaran lingkungan tokoh
E. tanggapan tokoh lain
30. Bacalah penggalan berikut!
Habibie menjadi yatim sejak bapaknya meninggal dunia pada 3 September 1950 karena terkena serangan jantung. Setelah ayahnya meninggal, ibunya menjual rumah dan kendaraannya kemudian pindah ke Bandung bersama anak-anaknya. Ibunya membanting tulang membiayai kehidupan anak-anaknya.
Pokok informasi penggalan teks tersebut adalah ....
A. Habibie yatim piatu
B. peran bunda B.J. Habibie sepeninggal ayahnya
C. kepindahan Habibie ke Bandung
D. Ibunda Habibie sabar dan pekerja keras
E. Habibie sang tokoh idola
31. Perhatikan kutipan kedua puisi berikut!
Puisi lama
Burung pipit hinggap di pohon sukun
Batang pohon licin tiada berduri
Jika belajar haruslah tekun
Tetap tabahkan hati dan sabarkan diri
Puisi baru
Kenangan
Tambak beriak intan terberai
mas kumambang mengisak sampai
merenungkan mata kesuma teratai.
Perbedaan antara kedua puisi tersebut adalah ….
Puisi Lama Puisi Baru
A. berisi nasihat berisi curahan hati
B. bersajak a-a-a-a bersajak a-b-a-b
C. tidak ada aturannya ada aturannya
D. menggunakan majas menggunakan bahasa sehari-hari
E. bahasa sulit dipahami bahasa mudah dipahami
32. Perhatikan pantun rumpang berikut!
Sungguh indah pulau Bali,
[…]
Kalau pandangan tak lagi jeli,
sudah saatnya berkaca mata.
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ….
A. indah pemandangan tiada tara.
B. banyak wisatawan mancanegara.
C. disebut orang Pulau Dewata.
D. biawak hidup diantara rawa.
E. bu tani datang bawa semangka.
33. Bacalah penggalan pantun berikut!
Pohon pepaya di dalam semak,
pohon manggis sebesar lengan,
Kawan tertawa memang banyak,
kawan menangis diharap jangan.
Maksud isi pantun tersebut adalah …
A. Mencari kawan sebanyak-banyaknya agar terus bisa tertawa.
B. Mencari kawan harus banyak supaya kesedihan hilang.
C. Carilah kawan yang banyak dan senang tertawa.
D. Kawan pada saat senang banyak, sangat sedikit ketika susah.
E. Jangan mencari kawan yang membuat kita menangis.
Puisi untuk soal nomor 34 dan 35.
Jalan Segara
Di sinilah penembakan
Kepengecutan
Ketika pawai bergerak
Dalam panas matahari
Dan pelor membayar pajak
Negeri ini
Ditembuskan ke punggung
Anak-anak sendiri
( Taufiq Ismail )
34. Makna lambang yang bercetak miring dalam puisi tersebut adalah ….
A. tidak berani, kekacauan, tanggung jawab
B. penakut, keramaian, kewajiban
C. arogansi, suasana politik, kewajiban
D. arogansi, keramaian, tanggung jawab
E. tidak berani, kekacauan, kewajiban
35. Maksud isi puisi tersebut adalah ….
A. Kepengecutan para pemimpin negara.
B. Adanya kejadian brutal dan keji yang dilakukan dengan semena-mena.
C. Kesengsaraan anak-anak akibat penembakan di mana-mana.
D. Penembakan anak-anak yang tidak bersalah.
E. Penyiksaan terhadap warga yang tidak membayar pajak.
36. Perhatikan puisi berikut!
Karangan Bunga
Karya : Taufik Ismail
Tiga anak kecil
Dalam langkah malu-malu
Datang ke Salemba
Sore itu
Ini dari kami bertiga
Pita hitam pada karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang ditembak mati
Siang tadi
Dikutip dari : Suyono Suyatno, Joko Adi Sasmito, Erli Yetti, Antologi Puisi Modern Anak-Anak, Jakarta, Yayasan Obor Indonesia
Amanat dalam puisi tersebut adalah ….
A. Lakukan apa pun untuk membela kebenaran daqn keadilan.
B. Jangan takut membela rakyat miskin dengan menentang Kebijakan Pemerintah.
C. Berikan yang terbaik untuk bangsa dan negara de3ngan cara patuh dengan peraturan.
D. Lakukan protes terhadap kebijakan Pemerintah yang merugikan rakyat kecil.
E. Hendaklah kita selalu mengenang jasa pahlawan yang rela berkorban untuk keadilan.
37. Cermati puisi berikut!
tiba-tiba malam menggumpal tebal
sedang bulan datang terlambat
sejenak kau mencicipi gulita
…
dan waktu membeku
terperangkap kental kopimu
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi penggalan puisi tersebut adalah ….
A. terasa begitu dingin
B. yang larut dalam gelas kapal api
C. hingga lewat tengah malam
D. gelap tanpa cahaya rembulan
E. tak terasa hingga tertidur
38. Perhatikan pantun rumpang berikut!
Redup bintang haripun subuh,
subuh tiba bintang tak nampak,
Hidup pantan mencari musug,
….
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ….
A. musuh tiba pantang ditolak
B. marilah bersama diarak-arak
C. tidak usah galak-galak
D. tabahlah jangan tersentak
E. sambut dengan bersorak-sorak
39. Cermati gurindam berikut!
Apabila anak tidak dilatih,
jika besar bapanya letih
Maksud isi gurindam tersebut adalah ….
A. Seorang anak harus dilatih bekerja dengan giat agar dewasa sudah terbiasa.
B. Seorang bapak harus bertanggung jawab atas anaknya hingga dewasa.
C. Seorang bapak harus memberi contoh yang baik kepada anaknya.
D. Seorang anak yang dididik sejak kecil ketika dewasa tidak menyusahkan orang tua.
E. Seorang anak yang tidak belerja akan membebani kehidupan orang tuanya.
40. Perhatikan kedua puisi berikut!
Puisi I
Rasa
Karya : Rahayu Prihatin
…. Aku hanya ingin memberikan kesan mendalam
Kenangan yang tidak menyakitkan
Tutur bermakna untuk didengarkan
Sikap santun bagi banyak orang
Walau aku tidaklah sempurna
Tetapi kuharap waktu yang sebentar ini
Banyak mengajarkanku menuju kesempurnaan
Puisi II
Rasanya Baru Saja
Karya : Ibnu Wahyudi
Rasanya baru saja
Tapi kata-kataku membentur waktu
Ucapanku bagai jadi fosil membatu
Gerak-gerikku tak diberi lagi pintu
Rasa bukan lagi yang dulu
Aku dipecundangi karut-marut cuaca
Juga norma yang tak lagi menyapa
Atau etika yang cuma tinggal wacana
….
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua puisi tersebut adalah ….
Puisi 1 Puisi 2
A menggunakan bahasa lugas menggunakan majas
B menggunakan ungkapan menggunakan bahasa lugas
C menggunakan majas menggunakan ungkapan
D menggunakan bahasa lugas menggunakan ungkapan
E menggunakan ungkapan menggunakan majas
II. Kerjakan soal di bawah ini dengan uraian singkat!
41. Tuliskan kalimat evaluasi tentang struktur teks dan kaidah kebahasaan teks negosiasi di bawah ini!
Dinda : Kondisi keuangan kita sangat minim. Kita tidak bisa mengadakan pentas seni tahun ini.
Baska : Bagaimana kalau kegiatan pentas seni kreasi siswa dilaksanakan bersamaan dengan hari ulang tahun sekolah?
Rara : Agar menghemat waktu dan biay, sebaiknya kegiatan pentas seni kreasi siswa diselanggarakan bersama kegiatan tengah semester.
Evan : Sekolah kita sudah memprogramkan kegiatan pentas seni, kegiatan tengah semester, bulan bahasa, dan hari ulang tahun sekolah. Bagaimana jika kegiatan-kegiatan itu digabungkan pada satu waktu agar tidak berkali-kali mengeluarkan biaya?
42. Konversikan teks negosiasi di bawah ini dalam sebuah paragraf monolog (narasi)!
Warga 1 : Pokoknya tuntutan kami hanya satu, penambangan pasir liar itu harus ditutup selamanya. Sekali lagi, selamanya!
Warga 2 : Betul, Pak Lurah! Semenjak adanya penambangan pasir itu, jalan kampung hancur dan susah dilewati. Kita juga tidak mendapatkan keuntungan sama sekali kecuali debu, asap, serta suara bising truk yang lalu lalang sepanjang hari.
Pak Lurah : Kalau ditutup, lalu bagaimana dengan penduduk yang menggantungkan dapurnya dari tempat tersebut? Seperti Pak Karyo yang menjadi kuli angkut ... atau Bu Tarti yang punya lapak warung nasi.
Warga 1 : Itu bukan urusan kita. Kami tidak mau tahu, Kami hanya ingin jalan di kampung ini tidak semakin hancur.
Pak Lurah : Saya mengerti dengan kekesalan warga atas kondisi itu. Namun, kita juga perlu mempertimbangkan faktor kemanusiaan karena ini berkaitan dengan urusan perut. Tentang jalan yang rusak, mungkin apat dicarikan solusi. Misalnya, kita bisa meminta agar pemilik truk itu memperbaiki jalan yang rusak.
43. Jelaskan cara pengarang menyajikan karakter unggul tokoh dalam penggalan berikut!
Einstein lahir di Wurttemberg, 14 Maret 1879 dan meninggal 18 April 1955 di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat. Naluri Ilmuwan Einstein dimulai sejak umur lima tahun saat ayahnya menunjukkan kompas kantung. Ia menganggap ada sesuatu di ruang yang "kosong" bereaksi terhadap jarum di kompas tersebut.
Sebagai seorang pelajar, Einstein dianggap sebagai pelajar yang lambat dalam mengikuti pelajaran. Namun, kelambatannya berpikir tidak menghalangi minat, semangat, dan kerja keras untuk belajar terus-menerus bereksperimen dan menggali pengetahuan sampai akhirnya ia berhasil menghasilkan karya spektakuler dan belum bisa ditandingi ilmuan lainnya.
Eisntein mendapat nobel fisika tahun 1921 justru karena kelambatannya. Dia kemudian diberikan penghargaan untuk teori relativitasnya karena kelambatannya ini. Setelah diadakan penelitian mengenai struktur otak Einstein (setelah ia meninggal) para ahli neuroologi berpendapat bahwa lambatnya perkembangan mental Eisntein disebabkan dia menderita Sindrom Asperger, sebuah kondisi yang berhubungan dengan autism.
44. Tulislah ini puisi berikut dalam sebuah paragraf!
Perang ditetak ke batang sena,
belah buluh taruhlah temu,
Barang dikerja takkan sempurna,
bila tak penuh menaruh ilmu.
45. Tulislah isi puisi berikut dalam sebuah paragraf!
Tuhan Telah Menegurmu
Karya : Apip Mustopa
Tuhan telah menegurmu dengan cukup sopan
Lewat perut anak-anak yang kelaparan
Tuhan telah menegurmu dengan cukup sopan
Lewat semayup suara adzan
Tuhan telah menegurmu dengan cukup menahan
Kesabaran
Lewat gempa bumi yang berguncang
Deru angin yang meraung kencang
Hujan dan banjir yang melintang pukang
Adakah kau dengar ?
Dikutip dari : Linus Suryadi AG, Tonggak Antologi Puisi Indonesia Modern 2, Jakarta,
Gramedia, 1987
Kisi-Kisi dan Soal Persiapan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun 2019 Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013
1. Kisi-Kisi Soal Kelas X Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-persiapan-ukkpat-kelas-x-mapel
2. Soal PAT Kelas X Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-persiapan-ukkpat-kelas-x-mapel
3. Kisi-Kisi Soal Kelas XI Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-persiapan-ukkpat-kelas-x-mapel
4. Soal PAT Kelas XI Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-persiapan-ukkpat-kelas-x-mapel
MATERI PERSIAPAN UKK/PAT KELAS X
A. TEKS NEGOSIASI
Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Negosiasi Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-persiapan-ukkpat-kelas-x-mapel
B. TEKS DEBAT
Ringkasan Materi Teks Debat Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-persiapan-ukkpat-kelas-x-mapel
C. TEKS BIOGRAFI
1. Menentukan Struktur Teks Biografi Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-persiapan-ukkpat-kelas-x-mapel
2. Menentukan Aspek Kebahasaan Teks Biografi Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-persiapan-ukkpat-kelas-x-mapel
C. TEKS PUISI
1. Menentukan Tema Puisi Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-persiapan-ukkpat-kelas-x-mapel
2. Menentukan Makna Puisi Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-persiapan-ukkpat-kelas-x-mapel
3. Menentukan Suasana Puisi Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=soal-persiapan-ukkpat-kelas-x-mapel
Sumber Belajar Kelas XI Semester 2
A. Teks Proposal
1. Struktur Teks Proposal
2. Ciri Kebahasaan Teks Proposal
B. Teks Karya Ilmiah
C. Teks Resensi/Ulasan
1. Pengertian, Jenis, dan Fungsi Teks Resensi/Ulasan
2. Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Resensi/Ulasan
3. Contoh Analisis Struktur, dan Aspek Kebahasaan Teks Resensi/Ulasan
D. Teks Drama
1. Pengertian dan jenis-jenis drama
2. Struktur teks drama
3. Unsur-unsur teks drama
4. Ciri Kebahasaan teks drama