PROTA (PROGRAM TAHUNAN) TAHUN PELAJARAN 2019/2020 KELAS XI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA
Tuesday, April 30, 2019
PROGRAM TAHUNAN | |||||||||||
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI | |||||||||||
TAHUN 2019/2020 | |||||||||||
Semester | Kompetensi Dasar | Jumlah Jam | |||||||||
1 | 3.1. | Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur | 2 | ||||||||
4.1. | Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis | 4 | |||||||||
3.2. | Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur | 2 | |||||||||
4.2. | Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan | 4 | |||||||||
3.3. | Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis | 2 | |||||||||
4.3. | Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis | 4 | |||||||||
3.4. | Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi | 2 | |||||||||
4.4. | Memproduksi teks eksplanasi secara lisan atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan | 4 | |||||||||
3.5. | Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah | 2 | |||||||||
4.5. | Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah | 4 | |||||||||
3.6. | Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah | 2 | |||||||||
4.6. | Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat | 4 | |||||||||
3.7. | Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca | 2 | |||||||||
4.7. | Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) | 2 | |||||||||
3.8. | Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca | 2 | |||||||||
4.8. | Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek | 4 | |||||||||
3.9. | Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek | 2 | |||||||||
4.9. | Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen | 4 | |||||||||
3.10. | Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca | 2 | |||||||||
4.10. | Mempertunjukkan kesan pribadi terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat | 4 | |||||||||
3.11. | Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca | 2 | |||||||||
4.11. | Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca | 4 | |||||||||
JUMLAH | 64 | ||||||||||
2 | 3.12 | Mengidentifikasi formasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian yang dibaca | 2 | ||||||||
4.12 | Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan supaya lebih efektif | 4 | |||||||||
3.13 | Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal | 4 | |||||||||
4.13 | Merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan | 4 | |||||||||
3.14 | Mengidentifikasi informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca | 2 | |||||||||
4.14 | Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah | 4 | |||||||||
3.15 | Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah | 2 | |||||||||
4.15 | Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan | 4 | |||||||||
3.16 | Membandingkan isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi | 2 | |||||||||
4.16 | Menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi | 4 | |||||||||
3.17 | Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda | 2 | |||||||||
4.17 | Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerita pendek atau novel yang sudah dibaca | 4 | |||||||||
3.18 | Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton | 2 | |||||||||
4.18 | Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan | 4 | |||||||||
3.19 | Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton | 2 | |||||||||
4.19 | Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan | 4 | |||||||||
3.20 | Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca | 2 | |||||||||
4.20 | Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian | 4 | |||||||||
JUMLAH | 56 | ||||||||||
Boyolali, 29 Mei 2019 | |||||||||||
Mengetahui | |||||||||||
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia, | |||||||||||
Bambang Prihantoro, S.Pd., M.M. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. | |||||||||||
NIP 197009261997021002 NIP 197207081998011001 | |||||||||||
UNDUH FILE PROTA KELAS XI KLIK https://drive.google.com/open?id=1a6N6mjjcl0GnOdQsWWQbe7BDGSJ-T2BV
Baca
Baca
1. Prota Kelas X Bahasa Indonesia SMA Tahun Pelajaran 2019/2020
2. Prota Kelas XI Bahasa Indonesia SMA Tahun Pelajaran 2019/2020
3. Prota Kelas XII Bahasa Indonesia SMA Tahun Pelajaran 2019/2020