Pedoman Pemilihan Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berprestasi Tingkat Nasional Terbaru Tahun 2019

Pedoman Pemilihan Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berprestasi Tingkat Nasional Terbaru Tahun 2019


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs https://indoint.com/ ini akan membahas dan membagikan file tentang Pedoman Pemilihan Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berprestasi Tingkat Nasional Terbaru Tahun 2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Pedoman Pemilihan Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berprestasi Tingkat Nasional Terbaru Tahun 2019.

Pemilihan Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019 
diselenggarakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi guru SMP di Indonesia. 
Peningkatan kompetensi ini diharapkan akan berdampak positif terhadap karier guru dan mutu 
pendidikan.

Guru Wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Seorang pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Untuk melaksanakan tugasnya secara profesional, guru tidak hanya memiliki kemampuan teknis edukatif, tetapi juga harus memiliki kepribadian yang dapat diandalkan sehingga menjadi sosok panutan bagi siswa, keluarga maupun masyarakat. Selaras dengan kebijakan pembangunan yang meletakkan pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai prioritas pembangunan nasional, maka kedudukan dan peran guru semakin bermakna strategis dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas dalam menghadapi abad 21 dan era revolusi Industri 4.1.
 
Era globalisasi menuntut SDM yang bermutu tinggi dan siap berkompetisi, baik pada tataran nasional, regional, maupun internasional. Pemilihan Guru SMP Berprestasi dimaksudkan antara lain untuk mendorong motivasi, dedikasi, loyalitas dan profesionalisme guru, yang diharapkan akan berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja dan prestasi kerjanya. Peningkatan kinerja dan prestasi kerja tersebut dapat dilihat dari kualitas lulusan satuan pendidikan yang mampu menjadi SDM berkualitas, produktif, kreatif, dan kompetitif. 

Pemerintah memberikan perhatian yang sungguh-sungguh untuk memberdayakan guru, termasuk guru SMP yang berprestasi. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Pasal 36 ayat (1) mengamanatkan bahwa "Guru yang berprestasi, berdedikasi luar biasa, dan/atau bertugas di daerah khusus berhak memperoleh penghargaan”. Sehubungan dengan ditetapkannya undang-undang dimaksud, penghargaan kepada guru SMP berprestasi mengalami penguatan. Pemberian penghargaan itu dilakukan berdasarkan tingkat, jenis, dan jenjang satuan pendidikan. Penghargaan dapat diberikan oleh Pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat, organisasi profesi, dan/atau satuan pendidikan. Penghargaan dapat diberikan pada tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan nasional.
 
Penyelenggaraan Pemilihan Guru SMP Berprestasi dilaksanakan secara bertingkat, mulai dari tingkat sekolah, tingkat kecamatan, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, sampai dengan tingkat nasional. Secara umum, pelaksanaan Pemilihan Guru SMP Berprestasi telah berjalan dengan lancar sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Namun demikian, demi terpilihnya guru SMP berprestasi yang objektif, maka pelaksanaan Pemilihan Guru SMP Berprestasi perlu ditingkatkan.

Dan masih banyak Pedoman Pemilihan Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berprestasi Tingkat Nasional Terbaru Tahun 2019 lainnya.

Berikut ini File Pedoman Pemilihan Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berprestasi Tingkat Nasional Terbaru Tahun 2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDWONLOAD :


Sumber http://www.materipendidikan.net/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel