Modul Bimtek/Diklat Pelatihan Kurikulum 2013 SD SMP SMA 2018

Modul Bimtek/Diklat Pelatihan Kurikulum 2013 SD SMP SMA 2018 - Penyusunan Modul pelatihan Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapakan dan menyediakan pedoman bagi semua pihak dalam lembaga pendidikan sebagai implementasi melaksanakan pelatihan Kurikulum 2013. Modul pelatihan ini disusun sebagai panduan teknis bagi para pelatih dan peserta yang di dalamnya berisi 3 materi utama yang mencakup materi umum, materi pokok, dan materi penunjang.
 bertujuan untuk mempersiapakan dan menyediakan pedoman bagi semua pihak dalam lembaga pen Modul Bimtek/Diklat Pelatihan Kurikulum 2013 SD SMP SMA 2018
Modul Bimtek/Diklat Pelatihan Kurikulum 2013 SD SMP SMA 2018
Materi Umum meliputi unit 1-4 yaitu: Kebijakan dan Dinamika Perkembangan Kurikulum, Penguatan Pendidikan Karakter, Penerapan Literasi dalam Pembelajaran, serta Penyelenggaraan Pelatihan dan Pendampingan. Materi Pokok meliputi unit 5-11 terdiri dari:
  • Analisis, SKL, KI, KD, Indikator, dan Silabus
  • Praktik Penyusunan Program Tahunan, Program Semesteran, Pemetaan KD, dan Silabus
  • Penyusunan RPP
  • Bimbingan Konseling, Bimbingan Psiko Edukasi
  • Perencanaan, Pelaksanaaan, Pengolahan dan Pelaporan Hasil Belajar
  • Praktik Penyusunan Soal HOTS
  • Inspirasi Tayangan Video Pembelajaran
  • Praktik Pembelajaran / Peer Teaching
Materi Penunjang meliputi unit 12-15 terdiri dari: Pembukaan yang berupa Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan, Tes Awal dan Tes Akhir, serta Penutupan yang berisi Review dan Evaluasi Pelatihan. Unit-unit modul tersebut pengalokasian waktunya sekitar 1 jam pelatihan (JP), paling banyak 12 jam pelatihan disesuaikan dengan kebutuhan. Alokasi waktu per jam pelatihan 45 menit.

Cara mempergunakan modul ini berdasarkan pada dinamika proses pelatihan yang berlaku umum yaitu mengikuti alur sebagai berikut: kegiatan pendahuluan, materi inti, dan penutupan. Para pelatih perlu membaca materi-materi yang dibutuhkan sebelum melakukan pelatihan. Tujuannya adalah untuk memahami inti materi dengan baik sehingga mudah menyampaikannya pada peserta. Setiap modul pelatihan disusun mengikuti alur dan struktur yang sama, mulai dari rasional sampai skenario pembelajaran.

Pelatih perlu memahami struktur modul pelatihan ini agar dapat mendapatkan gambaran yang utuh tentang bagaimana pengertian, tujuan, dan cara-cara yang perlu dilakukan untuk melaksanakan modul ini. Adapun penjelasan dari masing-masing struktur unit itu adalah sebagai berikut.

Rasional
Rasional berisi deskripsi tentang mengapa unit yang dibahas itu penting, apakah relevan dan adakah keterkaitannya dengan materi yang akan dilatihkan. Rasional menjadi dasar pemikiran yang membantu pelatih memahami relevansi pelatihan sesuai dengan materi yang dibahas. Rasional merupakan petunjuk arah bagi pelatih agar peserta dapat menangkap makna tiap unit.

Tujuan
Tujuan merupakan kemampuan yang ingin dicapai selama peserta menjalankan pelatihan dalam unit tertentu.

Hasil Yang Diharapkan
Hasil-hasil yang diharapkan berupa hal-hal yang ingin dicapai oleh peserta setelah pelatihan unit tertentu diberikan.

Bahan Bacaan
Bahan bacaan merupakan bahan-bahan/sumber pelatihan pendukung yang menunjang berjalannya materi pelatihan dengan baik.

Deskripsi Materi
Berisi penjelasan secara detail mengenai ide utama dalam yang perlu dipahami oleh pelatih agar penyampaian materi dapat diterima peserta diklat dengan baik.

Skenario Pelatihan
Skenario pelatihan merupakan langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh peserta secara bertahap untuk melatihkan sebuah unit.

Lampiran-Lampiran
Lampiran-lampiran dapat berupa bahan-bahan pendukung seperti lembar kerja, presentasi dan lain sebagainya sebagai penunjang berjalannya pelatihan dengan baik.

Selengkapnya Modul Bimtek/Diklat Pelatihan Kurikulum 2013 SD SMP SMA 2018 silahkan download dibawah ini.

Modul Pelatihan Kurikulum 2013 SD
Modul Pelatihan Kurikulum 2013 SMP
Modul Pelatihan Kurikulum 2013 SMA
Demikian tadi penjelasan modul bimtek/diklat pelatihan Kurikulum 2013 SD SMP SMA 2018. Semoga bermanfaat.


Sumber https://www.pelitaguru.id/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel