Modul Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga pada Satuan Pendidikan Terbaru Tahun 2018/2019
Wednesday, May 30, 2018
Modul Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga pada Satuan Pendidikan Terbaru Tahun 2018/2019
Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs https://indoint.com/ ini akan membahas dan membagikan file tentang Modul Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga pada Satuan Pendidikan Terbaru Tahun 2018/2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Modul Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga pada Satuan Pendidikan Terbaru Tahun 2018/2019.
A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut diperlukan kemitraan yang kuat antara satuan pendidikan dengan keluarga dan masyarakat.
Kemitraan antara satuan pendidikan dengan keluarga dan masyarakat dalam membangun ekosistem pendidikan sejalan dengan visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu “Terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong”.
Keluarga sebagai unsur dalam ekosistem yang terdekat dengan anak mempunyai banyak kesempatan berinteraksi dan berkomunikasi dengan anak.
Bentuk dan cara interaksi dengan anak yang dilakukan dalam keluarga akan mempengaruhi tumbuh kembang dan karakter anak.
Karakter anak harus dibentuk di keluarga, serta didukung oleh satuan pendidikan dan masyarakat. Proses penumbuh kembangan karakter anak tidak mudah, banyak tantangan yang dihadapi. Oleh karena itu, pelaku pendidikan harus berperan aktif dan menjalin kemitraan dan membangun komunikasi yang efektif dengan keluarga, khususnya orang tua.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga mendukung upaya peningkatan kapasitas para pelaku pendidikan khususnya di satuan pendidikan melalui kegiatan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga pada Satuan Pendidikan di 160 Kabupaten/Kota pada 34 Provinsi.
Untuk menunjang pelaksanaan bimbingan teknis tersebut, disusun modul Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga pada Satuan Pendidikan. Modul tersebut disusun untuk memberikan panduan kepada narasumber, fasilitator dan penyelenggara dalam pelaksanaan bimbingan teknis tersebut.
2. Dasar Hukum
A. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
B. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.
C. Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres R.I) Nomor 47 Tahun 2007 jo Perpres R.I Nomor 91 Tahun 2011 tentang Pembentukan dan Organisasi Kementerian Negara.
D. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik- Integratif.
E. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019.
F. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2015 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
H. Peraturan Pemerintah Nomor 48 tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.
I. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.
J. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 jo PP No.66 Tahun 2012 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
K. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 11 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
B. TUJUAN
Tujuan umum disusunnya modul ini adalah sebagai pedoman untuk mempermudah narasumber, fasilitator, dan penyelenggara dalam melaksanakan bimbingan teknis penyelenggaraan pendidikan keluarga pada satuan pendidikan.
Tujuan khususnya adalah agar peserta mampu:
1. Memahami kebijakan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga
2. Memahami dan menyadari pentingnya mendidika anak di era digital
3. Memahami dan menyadari pentingnya pengasuhan positif
4. Memahami model kemitraan pendidikan keuarga di satuan pendidikan
5. Memahami pengelolaan pendidikan keluarga di satuan pendidikan
6. Memahami pentingnya pertemuan wali kelas dengan orang tua/wali
7. Memahami pentingnya kelas orang tua
8. Memahami pentingnya kelas inspirasi
9. Memahami pentingnya pentas kelas akhir tahun ajaran dan
10. Memahami pentingnya rencana tindak lanjut/rencana aksi
C. HASIL YANG DICAPAI
Hasil yang ingin dicapai adalah:
1. Adanya pemahaman tentang kebijakan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga
2. Adanya pemahaman dan kesadaran tentang mendidik anak di era digital
3. Adanya pemahaman dan kesadaran tentang pengasuhan positif
4. Adanya pemahaman tentang model kemitraan pendidikan keluarga di satuan pendidikan
5. Adanya pemahaman tentang pengelolaan pendidikan keluarga di satuan pendidikan
6. Adanya pemahaman tentang pentingnya pertemuan wali kelas dengan orang tua/wali
7. Adanya pemahaman tentang pentingnya kelas orang tua
8. Adanya pemahaman tentang pentingnya kelas inspirasi
9. Adanya pemahaman tentang pentingnya pentas kelas akhir tahun ajaran dan
10. Adanya pemahaman tentang pentingnya rencana tindak lanjut/rencana aksi.
Dan masih banyak Contoh Modul Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga pada Satuan Pendidikan Terbaru Tahun 2018/2019 lainnya.
Berikut ini File Modul Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga pada Satuan Pendidikan Terbaru Tahun 2018/2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.
Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :
LINKDOWNLOAD :