Cek Hasil Pengiriman/Sinkronisasi Dapodik Paud Dikmas
Monday, April 9, 2018
Intipendidikan.com - Selamat Pagi sahabat Intipendidikan dimanapun berada,kali ini kami ingin berbagi informasi mengenai cara mengetahuai hasil sinkronisasi dapodik PAUD DIKMAS. seperti yang kita ketahui bahwa untuk bisa mendapatkan berbagai informasi dari kemdikbud maka sekolah di haruskan melaporkan keadaan dan data sekolah melalui aplikasi dapodik tentunya untuk sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan Dikbud.
Setelah proses input data dapodik selesai maka rekan OPS harus melakukan proses sinkronisasi agar data yang ada di aplikasi dapodik sekolah bisa terkirim ke server dapodik pusat sehingga admin pusat bisa mengakses dan melihat data sekolah kita. Untuk proses sinkronisasi sendiri harus dilakukan secara online menggunakan jaringan internet.
Proses pengiriman atau sinkronisasi sendiri harus menggunakan jaringan internet yang stabil dan cepat sehingga proses sinkronisasi bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala. Jika Rekan OPS sudah selesai melakukan sinkronisasi maka untuk melihat hasil sinkronisasi bisa dilakukan dengan cara seperti berikut ini:
Aplikasi Paud-Dikmas masih menjadi problema di kalangan operator sekolah. Berbagai permasalahan masih ditemukan dalam pengelolaan data pendidikan tingkat PAUD/TK. dan permasalahan ini bisa dibagi menjadi 2 faktor, yaitu faktor human error dan faktor sistem.
Faktor human bisa dikarenakan operator masih tergolong baru mengingat aplikasi pendataan untuk jenjang paud baru diluncurkan tahun 2015 ini. Namun, faktor ini juga ditengarai oleh faktor sistem yang menghambat terkirimnya hasil sinkronisasi dapaodik PAUD-Dikmas.
Walaupun telah diberikan berbagai solusi melalui grup pendataan Dapodik maupun secara langsung melalui penataran-penataran, namun masih ada saja hasil sinkron yang gagal terkirim dengan notifikasi berhenti di 20% ataupun 90%.
ok lanjut ke topik pembahasannya, Untuk memastikan data aplikasi Dapodik Paud yang telah kita sinkronisasi atau kita kirim berhasil masuk ke dalam server pusat, maka harus dilakukan proses pengecekan pada progress sinkronisasi.
Progress data hasil sinkronisasi aplikasi Paud Dikmas mudah dilakukan mengingat sudah tersedia laman aplikasi online Manajemen Paud yang saat ini bisa diakses di http://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id
Cara Cek Hasil Pengiriman/Sinkronisasi Dapodik Paud Dikmas :
Silahkan buka http://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id
1. Klik pada menu "Daftar Pengiriman" yang terdapat di sidebar kiri
2. Selanjutnya silahkan masukkan: Rentang Waktu, Kata kunci/NPSN, Propinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Status sesuai data sekolah yang hendak di cek
3. Terakhir klik tombol "Tampilkan"
Catatan:
Jika data sekolah tidak muncul padahal sudah sinkron aplikasi Dapodik Paudnya, coba ulangi lagi paling tidak 1x24 karena biasanya server memerlukan waktu untuk update data terbaru
Jika aplikasi Manajemen Paud diatas sulit/tidak bisa dibuka, silahkan cek kembali pada waktu diluar jam sibuk.
jika berhasil maka anda akan melihat data detail sekolah anda. jika data di sekolah anda mengalami kesalahan anda bisa memperbaiki bisa melalui aplikasi dapodik sekolah anda lalu melakukan proses sinkronisasi dan silahkan melihat hasil sinkronisasi minimal 3 x 24 jam sampai sistem server dapodik melakukan updata data.
Pengiriman sinkronisasi dapodik sebaiknya dilakukan di waktu sepi seperti waktu pagi hari, hari libur sekolah, dan menjelang tengah malam (jika pada 00.00 WIB - 06.00 WIB masa perawatan server). Jika tidak bisa dilakukan ditengah malam (dini hari),
Sekian informasi tentang "Cara Cek Hasil Pengiriman/Sinkronisasi Dapodik Paud Dikmas", semoga artikel kali ini bermanfaat dan jangan lupa tetap semangat, jabat Erat Intipendidikan.com
Sumber https://www.intipendidikan.com/
Setelah proses input data dapodik selesai maka rekan OPS harus melakukan proses sinkronisasi agar data yang ada di aplikasi dapodik sekolah bisa terkirim ke server dapodik pusat sehingga admin pusat bisa mengakses dan melihat data sekolah kita. Untuk proses sinkronisasi sendiri harus dilakukan secara online menggunakan jaringan internet.
Proses pengiriman atau sinkronisasi sendiri harus menggunakan jaringan internet yang stabil dan cepat sehingga proses sinkronisasi bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala. Jika Rekan OPS sudah selesai melakukan sinkronisasi maka untuk melihat hasil sinkronisasi bisa dilakukan dengan cara seperti berikut ini:
Aplikasi Paud-Dikmas masih menjadi problema di kalangan operator sekolah. Berbagai permasalahan masih ditemukan dalam pengelolaan data pendidikan tingkat PAUD/TK. dan permasalahan ini bisa dibagi menjadi 2 faktor, yaitu faktor human error dan faktor sistem.
Faktor human bisa dikarenakan operator masih tergolong baru mengingat aplikasi pendataan untuk jenjang paud baru diluncurkan tahun 2015 ini. Namun, faktor ini juga ditengarai oleh faktor sistem yang menghambat terkirimnya hasil sinkronisasi dapaodik PAUD-Dikmas.
Walaupun telah diberikan berbagai solusi melalui grup pendataan Dapodik maupun secara langsung melalui penataran-penataran, namun masih ada saja hasil sinkron yang gagal terkirim dengan notifikasi berhenti di 20% ataupun 90%.
ok lanjut ke topik pembahasannya, Untuk memastikan data aplikasi Dapodik Paud yang telah kita sinkronisasi atau kita kirim berhasil masuk ke dalam server pusat, maka harus dilakukan proses pengecekan pada progress sinkronisasi.
Progress data hasil sinkronisasi aplikasi Paud Dikmas mudah dilakukan mengingat sudah tersedia laman aplikasi online Manajemen Paud yang saat ini bisa diakses di http://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id
Cara Cek Hasil Pengiriman/Sinkronisasi Dapodik Paud Dikmas :
Silahkan buka http://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id
1. Klik pada menu "Daftar Pengiriman" yang terdapat di sidebar kiri
2. Selanjutnya silahkan masukkan: Rentang Waktu, Kata kunci/NPSN, Propinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Status sesuai data sekolah yang hendak di cek
3. Terakhir klik tombol "Tampilkan"
Catatan:
Jika data sekolah tidak muncul padahal sudah sinkron aplikasi Dapodik Paudnya, coba ulangi lagi paling tidak 1x24 karena biasanya server memerlukan waktu untuk update data terbaru
Jika aplikasi Manajemen Paud diatas sulit/tidak bisa dibuka, silahkan cek kembali pada waktu diluar jam sibuk.
jika berhasil maka anda akan melihat data detail sekolah anda. jika data di sekolah anda mengalami kesalahan anda bisa memperbaiki bisa melalui aplikasi dapodik sekolah anda lalu melakukan proses sinkronisasi dan silahkan melihat hasil sinkronisasi minimal 3 x 24 jam sampai sistem server dapodik melakukan updata data.
Pengiriman sinkronisasi dapodik sebaiknya dilakukan di waktu sepi seperti waktu pagi hari, hari libur sekolah, dan menjelang tengah malam (jika pada 00.00 WIB - 06.00 WIB masa perawatan server). Jika tidak bisa dilakukan ditengah malam (dini hari),
Sekian informasi tentang "Cara Cek Hasil Pengiriman/Sinkronisasi Dapodik Paud Dikmas", semoga artikel kali ini bermanfaat dan jangan lupa tetap semangat, jabat Erat Intipendidikan.com