Silabus Matematika Kelas 8 SMP Revisi 2017

Pada Kurikulum 2013 saat ini para terjadi banyak sekali perubahan atau revisi-revisi  bahkan hampir dissetiap bulan sehingga tidak heran para guru rada sedikit kebingungan baik untuk menyusun perangkat atau administrasu guru lainnya salah satunya adalah silabus.

Memang banyak sekali di internet berbagai model dan bentuk silabus, tapi hanay sedikti yang bisa menyesuaikan dengan kurikulum 2013 revisi 2017 sekarang apalagi dalam K13 saat ini harus tercantum pula beberapa komponen pokok dalam menyusunnya yang lebih menonjol adalah perangkat pembelajaran sekarang harus terintegrasi dengan PPK, Literasi, 4C dan HOTS, lalu bagaimana cara menimbulkan komponen tersebut ? mungkin itu yang jadi pertanyaan ? 

Untuk membantu para rekan guru khususnya guru mata pelajaran maematika kelas 8 SMP/MTs berikut saya bagikan Silabus Matematik kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 revisi 2017

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
3.7  Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
4.7     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya

3.8   Menjelaskan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya

4.8   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran
Lingkaran
·           Lingkaran
·           Unsur-unsur lingkaran
·           Hubungan sudut pusat dengan sudut keliling
·           Panjang busur
·           Luas juring
·           Garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran
·           Garis singgung persekutuan luar dua lingkaran
3.7.1    Mengidentifikasi sudut pusat, sudut keliling, luas juring dan panjang busur lingkaran.
3.7.2    Menjelaskan hubungan antara sudut pusat, sudut keliling, luas juring dan panjang busur lingkaran
3.8.1    Mengidentifikasi garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran.
3.8.2    Menjelaskan cara melukis garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran
4.7.1    Menentukan hubungan sudut pusat dengan panjang busur.
4.7.2    Menentukan hubungan sudut pusat dengan luas juring.
4.7.3    Menentukan hubungan sudut pusat dengan sudut keliling.
4.7.4    Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
4.8.1    Menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran
4.8.2    Menyajikan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran
·      Mencermati peragaan atau pemodelan yang berkaitan lingkaran serta unsur-unsur lingkaran
·      Mencermati masalah atau bentuk benda-beda di sekitar yang berkaitan dengan lingkaran
·      Melakukan percobaan untuk menemukan rumus keliling lingkaran, panjang busur, luas juring, dan garis singgung persekutuan (dalam dan luar) antara dua lingkaran
·      Mencermati cara melukis garis singgung lingkaran dan garis singgung persekutuan antara dua lingkaran menggunakan jangka dan penggaris
·      Menyajikan hasil pembelajaran tentang lingkaran dan garis singgung lingkaran
·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan lingkaran dan garis singgung lingkaran
30 JP
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
·         Internet.

·         Lisan
·         Tertulis
·         Unjuk kerja
·         Penugasan
·         Produk
·         Portofolio
3.9   Membedakan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubuss, balok, prisma, dan prisma)
4.9   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubuss, balok,  prima dan limas), serta gabungannya
Bangun Ruang Sisi Datar
·      Kubus, balok, prisma, dan limas
·      Jaring-jaring:
Kubus, balok, prisma, dan limas
·      Luas permukaan: kubus, balok, prisma, dan limas
·      Volume: kubus, balok, prisma, dan limas
·      Menaksir volume bangun ruang tak beraturan
3.9.1    Memahami luas permukaan bangun ruang sisi datar (kubuss, balok, prisma, dan prisma)
3.9.2    Memahami volume bangun ruang sisi datar (kubuss, balok, prisma, dan prisma)
3.9.3    Mejelaskan perbedaan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubuss, balok, prisma, dan prisma)
4.9.1    Menentukan luas permukaan bangun ruang sisi datar (kubuss, balok,  prima dan limas), serta gabungannya
4.9.2    Menentukan volume bangun ruang sisi datar (kubuss, balok, prima dan limas), serta gabungannya.
4.9.3    Menyajikan hasil pembelajaran tentang bangun ruang sisi datar
4.9.4    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar
·      Mencermati model atau benda di sekitar yang merepresentasikan bangun ruang sisi datar
·      Melakukan percobaan untuk menemukan jari-jari bangun ruang sisi datar
·      Melakukan percobaan untuk menemukan rumus luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar
·      Menyajikan hasil pembelajaran tentang bangun ruang sisi datar
·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar
30 JP
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
·         Internet.

·         Lisan
·         Tertulis
·         Unjuk kerja
·         Penugasan
·         Produk
·         Portofolio
3.10Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal

4.10Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
Statistika:

·     Rata-rata, median, dan modus

·     Mengambil keputusan berdasarkan analisis data

·     Membuat prediksi berdasarkan analisis data
3.10.1 Mengamati data dari tabel frekuensi dan gambar yang disajikan guru
3.10.2 Menjelaskan komponen-komponen yang terdapat pada tabel frekuensi dan komponen-komponen yang terdapat pada gambar yang kedua.
3.10.3 Membandingkan data-data yang terdapat pada tabel frekuensi dengan data pada gambar.
3.10.4 Menemukan hubungan antara data pada tabel frekuensi dengan data pada gambar
3.10.5 Memahami cara membuat diagram batang pada Microsoft excel.
4.10.1 Menyajikan hasil pembelajaran tentang ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan membuat prediksi
4.10.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan membuat prediksi
·     Mencermati penyajian data dari berbagai sumber media koran, majalah, atau televisi
·     Mencermati cara menentukan rata- rata, median, modus, dan sebaran data
·     Menganalisis data berdasarkan ukuran pemusatan dan penyebaran data
·     Mencermati cara mengambil keputusan dan membuat prediksi bersarkan analisis dan data
·     Menyajikan hasil pembelajaran tentang ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan membuat prediksi
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan dan penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan membuat prediksi
15 JP
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
·         Internet.

·         Lisan
·         Tertulis
·         Unjuk kerja
·         Penugasan
·         Produk
·         Portofolio
3.11   Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan

4.11          Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian  dari suatu percobaan
Peluang
·     Titik sampel
·     Ruang sampel
·     Kejadian
·     Peluang empirik
·     Peluang teoretik
·     Hubungan antara peluang empirik dengan peluang teoretik
3.11.1 Mengidentifikasi konsep peluang empiric
3.11.2 Mengidentifikasi konsep peluang teoritik
3.11.3 Menentukan nilai peluang empiric suatu kejadian sederhana
3.11.4 Menentukan nilai peluang teoritik suatu kejadian sederhana
3.11.5 Memahami konsep ruang sampel, titik sampel suatu kejadian.
4.11.1 Melakukan percobaan untuk menemukan hubungan antara peluang empirik dengan peluang teoretik
4.11.2 Menyajikan hasil pembelajaran peluang empirik dan peluang teoretik
·     Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan peluang empirik dan peluang teoretik
·     Mencermati ruang sampel dari peluang teoretik dan titik sampel dari suatu kejadian pada suatu ruang sampel
·     Melakukan percobaan untuk menemukan hubungan antara peluang empirik dengan peluang teoretik
·     Menyajikan hasil pembelajaran peluang empirik dan peluang teoretik
15 JP
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·         Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
·         Internet.

·         Lisan
·         Tertulis
·         Unjuk kerja
·         Penugasan
·         Produk
·         Portofolio


Bagi Para rekan guru yang membutuhkan dalam bentuk versi file silahkan ambil disini
Demikian semoga bisa memberi manfaat.

Sumber http://silabusk13.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel