Sejarah Perkembangan Komputer dari Generasi Pertama sampai Sekarang

Sejarah Perkembangan Komputer dari Generasi Pertama sampai Sekarang_Komputer merupakan alat elektonik yang dapat digunakan untuk menerima input dan digital dan mengolahnya sesuai dengan program yang telah tersimpan di dalam memorinya. Computer menjadi sebuah alat yang dibutuhkan di hampir seluruh aktivitas manusia sehari-hari.
Sejarah Perkembangan Komputer dari Generasi Pertama sampai Sekarang Sejarah Perkembangan Komputer dari Generasi Pertama sampai Sekarang

Pada awalnya computer ditemukan oleh Charles Babbage yang merupakan Ilmuwan yang memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam perkembangan computer. Computer awalnya hanya digunakan sebagai alat hitung, namun seiring dengan perkembangan teknologi yang ada computer menjadi perangkat canggih yang memilikibanyak fungsi didalamnya. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut ini perkembangan sejarah computer dari generasi pertama hingga saat ini.

1. Computer generasi pertama
Computer generasi pertama mempunyai ukuran sebesar 30 meter dengan tinggi 2,4 meter dengan berat 30 ton. Computer ini memiliki tabung hampa udara yang terbuat dari kaca yang digunakan untuk menguatkan sinyal. Computer ini membutuhkan daya listrik sebesar 174 kilo watt. Kekurangan dari computer generasi pertama adalah mudah pecah dan sangat cepat untuk menyalurkan panas.

Computer generasi pertama ini awalnya dikembangkan untuk desain pesawat dan peluru kendali. Imuwan yang menemukan konsep ini pertama kali adalah Konrad Zuse seorang ilmuwan asal Jerman pada tahun 1940. Setelah itu penemuan ini dikembangkan lagi oleh John Von Neuman.

Karakteristik yang dimiliki oleh computer generasi pertama antara lain adalah:
  • Mengeluarkan cukup banyak panas
  • Program komputernya dibuat dalam bahas mesin dan tersimpan didalam memori computer.
  • Menggunakan tabung hampa udara sebagai komponen elektronikanya.
  • Kapasitas penyimpanan data sangat kecil
  • Prosesnya sangat lambat
  • Mempunyai ukuran dan bentuk yang sangat besar sehingga memerlukan ruangan khusus
  • Menggunakan system luar magnetic disk dan magnetic tape.
Contoh dari computer generasi pertama:
a. ENIAC (Eletronical Numerical Integrator dan Computer)
Computer ini dikembangkan pada tahun 1946 oleh John W. Maunchly dan J. Presper Eckert yang merupakan generasi pertama computer elektronik.

b. UNIVAC (Universal Automatic Computer)
Computer ini sudah menggunakan pita magnetic sebagai media input dan output. Computer ini merupakan computer pertama yang digunakan oleh Biro Sensus Amerika Serikat untuk menghitung sensuk penduduk di daerah tersebut.

c. IBM 701 dan IBM 650
Merupakan computer komersial dengan ukuran besar dan menggunakan magnetic drum sebagai media penyimpanan eksternal.

2. Computer generasi kedua
Computer generasi kedua lahir pada tahun 1960. Penemuan ini adalah transistor yang merupakan alat yang dapat memaksimalkan kerja kompouter meskipun berukuran sangat kecil. Fungsi transistor disini menggantikan fungsi tabung ruang hampa pada computer generasi pertama.

Penemuan lainnya dalam perkembangan computer ini adalah memori inti magnetic yang membantu computer menjadi lebih cepat dalam proses nya serta lebih menghemat energy dibandingkan generasi sebelumnya.

Karakteristik dari computer generasi kedua adalah:
  • Dibuat dalam bahasa tingkat tinggi seperti COBOL, FORTRAN, ALGOL dan lainnya.
  • Kapasitas penyimpanan memori utama sudah lebih besar dari sebelumnya
  • Ukuran computer jauh lebih kecil
  • Dikhususkan pada bidang bisnis dan teknik
  • Menggunakan transistor
  • Tidak membutuhkan daya listrik yang besar.
3. Computer generasi ketiga
Computer generasi keempat menjadi computer dengan perkembangan yang jauh lebih pesat bila dibandingkan dengan perkembangan computer lainnya yang ada. Penemuan computer ini mulai berkembang di tahun1965 sampai 1971

Para ilmuwan menemukan alternative lain selain penggunaan transistor yaitu menggunakan batu kuarsa (quartz rock) dan kemudian berkembang menjadi IC (Intergrated Circuit). Kelebihan computer ini dibandingkan sebelumnya adalah dapat menampung komponen yang lebih banyak dan lebih cepat dalam system operasi bahkan mampu menjalankan beberapa program meskipun secara bersamaan.

Penemuan ini dikembangkan oleh Jack Kilby seorang ilmuwan asal Texas Instrument. Dengan adanya perkembangan ini, ukuran computer menjadi lebih kecil dan tidak terlalu cepat panas.

Contoh dari computer generasi ketiga adalah :
- IBM S/360, yang digunakan untuk bidang bisnis dan teknik
- GE 600 dan GE 235, dikeluarkan oleh General Electric
- NCR Century, dikeluarkan oleh National Cash Register

4. Computer generasi keempat
Pada computer generasi ini sudah menggunakan chip IC dan kemudian dikembangkan lagi. Pad atahun 1971, chip Intel 4004 telah membawa kemajuan yang cukup pesat dalam bidang perkembangan kompter. Intel telah berhasil menggabungkan semua komponen didalam sebuah computer seperti CPU (central processing unit), memory, dan input/ output ke dalam sebuah chip tunggal yang memiliki ukuran sangat kecil.

Jika pada masa generasi sebelumnya IC hanya digunakan untuk mengerjakan sebuah pekerjaan tertentu, namun saat masa mikroprosessor, computer telah mampu memproduksi dan memogram seluruh pekerjaan yang anda inginkan.

Karakteristik dari computer generasi keempat ini adalah:
  • Sudah dikembangkan nya computer mikro yang menggunakan mivro processor dan semikonduktor yang berbentuk seperti chip yang digunaka sebagai memori computer. 
  • Sudah menggunakan Large Scale Intergration. 
Contoh dari computer generasi keempat antara lain adalah:
- Apple II, dikembangkan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak
- IBM PC,dikembangkan mulai dari IBM PC/XT, IBMPC/At, IBM PC/386 dan lainnya yang menggunakan microprocessor 8088, 80286 dan sampai menjadi Intel Pentium. Perusahaan yang memproduksinya selain perusahaan intel adalah perusahaan AMD (Advanced Micro Devices)

5. Computer generasi kelima
Computer yang saat ini sering kita gunakan merupakan computer dari generasi kelima. Computer ini sudah menggunakan LSI yang merupakan pemadatan dari ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprosesor. Selain itu juga ditandai pula dengan berkembangnya microprocessor dan semi konduktor.

Dalam massa generasi kelima, computer telah dikembangkan sehingga diharapkan dapat menutupi kelemahan-kelemahan computer sebelumnya. Selain itu, computer ini sudah dibekali dengan kemampuan dan kecepatan yang bertambah menjadi 2 GHx. Gambar gambar yang dihasilkan pun sudah sangat tajam dan halis dan dapat menerima maupun mengirim gambar dengan cepat.

Beberapa perkembangan dari computer generasi kelima adalah:
  • Di Jepang, sudah didirikan ICOt (Institue dor New Computer Technology) yang digunakan untuk mengembangkan computer generasi kelima
  • Telah dikembangkannya system  computer yang memiliki unsur artificial yang dapat mengerjakan pekerjaan seperti layaknya manusia. 
Tokoh Perkembangan Komputer
Beberapa tokoh yang berjasa dalam perkembangan computer antara lain adalah:
1. Charles Babbage
Penemuannya yang paling berjasa dalam bidang computer adalah input device, tempat penyimpanan data yang akan diproses, alat pemrosesan data, pengontrol pengolahan, dan output device.

2. Ada Augusta Byron
Penemuannya yang paling berjasa adalah membantu untuk mengembangkan instruksi yang menjalankan Analytical Engine

3. Herman Hollerith
Membuat tabulating machine yang digunakan untuk menghitung sensus penduduk Amerika Serikat

4. Thomas Watson
Beliau adalah pendiri International Bussines Machine ynag membawa IBM mendominasi pasar mesin pengolahan data yang kemudian berkembang menjadi computer.

5. Gordon Moore dan Bob Noyse
Memperkenalkan Microprocessor pertama pada tahun 2004

6. Steve Job dan Steve Wozniak
Meluncurkan apple I yang menjadi computer pertama dengan keyboard dan layar pada tahun 1976.

7. Bill Gates
Pendiri Microsoft yang merupakan perusaahan pengembang system operasi ternama yaitu Microsoft Windows.

Demikian tentang sejarah generasi komputer dari masa pertama hingga saat ini. Semoga bermanfaat.


Sumber https://www.websitependidikan.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel