Inilah RPP Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1

 ini kami bagikan sebagai contoh untuk rekan guru pada kurikulum  Inilah RPP Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1
RPP K13 Matematika Kelas 5 SD Semester 1 ini kami bagikan sebagai contoh untuk rekan guru pada kurikulum 2013 revisi baru yang mana Matematika, PJOK merupakan mapel yang diajarkan terpisah dari tematik kurikulum 2013 biasanya, Rencana pelaksanaan pembelajaran ini hanya sebagai referensi bagi sahabat guru yang sekolahnya sedang mengimplementasikan kurikulum 2013.

Contoh RPP Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 yang sudah kami rangkaikan indikator nya.

Kompetensi Dasar
3.1. Menjelaskan dan melakukan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah

4.1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah

Indikator
3.1.1. Memahami arti dan cara mengopersikan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah
4.1.1. Mengidentifikasi masalah dan latihan soal yang berkaitan dengan pemangkatan (pangkat dua dan tiga) dan penarikan akar (akar pangkat dua dan tiga) bilangan cacah

C. TUJUAN
1. Siswa mampu memahami arti dari bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga.
2. Siswa mampu menjelaskan dari bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga.
3. Siswa mampu memahami operasi bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga.
4. Siswa mampu mengidentifikasi masalah tentang bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga.
5. Siswa mampu menyelesaikan masalah tentang bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga tiga.

D. MATERI
1. Bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga

E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan  : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Pengamatan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek
Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan
4. Guru memberi motivasi dan kegiatan untuk menambah konsentrasi siswa
5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6. Guru mengulas kembali materi yang disampaikan sebelumnya
7. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
A. Mengamati
1. Siswa mengamati dan guru menjelaskan tentang bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
2. Menjelaskan pengertian bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga

B. Menanya
1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami tentang bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa

C. Menalar
1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya tentang bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi tentang bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga dengan bimbingan guru
3. Guru memberikan pembenaran dan masukan apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada siswa
4. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga

D. Mencoba
1. Guru memberikan beberapa soal latihan kepada siswa tentang bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga.
152 x 82 = ….
252 + 222 = ….
2. Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu
3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas secara bergantian

Hasilnya;
152 x 82 = 225 x 64 = 14.400
252 + 222 = 625 + 484 = 1109

E. Mengkomunikasikan
1. Siswa mempresentasikan secara lisan kepada teman-temanya tentang bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
2. Siswa menyampaikan manfaat belajar bilangan pangkat dan
A. Mengamati
1. Siswa mengamati dan guru menjelaskan tentang bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga

2. Menjelaskan pengertian bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga

B. Menanya
1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami tentang bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa

C. Menalar
1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya tentang bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi tentang bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga dengan bimbingan guru
3. Guru memberikan pembenaran dan masukan apabila terdapat kesalahan atau kekurangan pada siswa
4. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga

D. Mencoba
1. Guru memberikan beberapa soal latihan kepada siswa tentang bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga.
152 x 82 = ….
252 + 222 = ….
2. Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan tersebut secara individu
3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas secara bergantian

Hasilnya;
152 x 82 = 225 x 64 = 14.400
252 + 222 = 625 + 484 = 1109

E. Mengkomunikasikan
1. Siswa mempresentasikan secara lisan kepada teman-temanya tentang bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga
2. Siswa menyampaikan manfaat belajar bilangan pangkat dan akar pangkat dua dan tiga yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru.

DOWNLOAD RPP Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1

1. Bilangan berpangkat
2. Akar pangkat dua
3. Akar pangkat tiga
4. Operasi Bilangan Pangkat dan Akar
5. Bilangan Berpangkat dan Akar Pangkat 1
6. Bilangan Berpangkat dan Akar Pangkat evaluasi
Pemetaan KD Kelas 5 Kurikulum 2013

Sumber https://www.datasekolah.co.id/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel