Ucapan Hari Lahir Pancasila [Sejarah, Tokoh, Beserta Isinya]

Ucapan hari lahir pancasila, masukuniversitas.com. Hari lahir pancasila diperingati pada tanggal 1 Juni. Fakta ini mungkin sudah anda ketahui. Tetapi bagaimana dengan sejarah hari lahir pancasila? Mungkin belum banyak di antara anda yang memahami dari mana asal usul tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahir pancasila. Hari lahirnya pancasila sangat penting di hari kemerdekaan Indonesia.


Sebagai warga negara Indonesia yang baik, sudah sepatutnya kita mempelajari dan mengetahui tentang sejarah hari lahir pancasila. Karena, pancasila merupakan dasar ideologi dari negara kita tercinta Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Terkait hal tersebut, berikut ini kami akan ulas lengkap mengenai ucapan hari lahir pancasila dan sejarah hari lahir pancasila yang selayaknya Anda ketahui.


 Hari lahir pancasila diperingati pada tanggal  Ucapan Hari Lahir Pancasila [Sejarah, Tokoh, Beserta Isinya]


Sejarah hari lahir pancasila


Mendekati kekalahan Tentara Kekaisaran Jepang pada akhir Perang Pasifik, tentara pendudukan Jepang di Indonesia membentuk Dokuritsu Junbi Cosakai yang berarti “Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan” atau dikenal dengan BPUPKI. Tujuan dibentuknya BPUPKI ini tak lain tak bukan adalah untuk menarik simpati dan dukungan rakyat Indonesia pada saat itu.


 Hari lahir pancasila diperingati pada tanggal  Ucapan Hari Lahir Pancasila [Sejarah, Tokoh, Beserta Isinya]


BPUPKI mengadakan sidang yang pertama pada tanggal 29 Mei hingga 1 Juni 1945. Tema yang dibahas pada persidangan ini adalah tema dasar negara. Persidangan yang pertama ini diselenggarakan di gedung Chuo Sang In yang berlokasi di Jalan Pejambon nomer 6 Jakarta. Kini gedung tersebut dikenal dengan julukan Gedung Pancasila. Sebelumnya, gedung tersebut dikenal dengan nama gedung Volksraad pada zaman belanda, yang berarti perwakilan rakyat.


Awal mula ditetapkannya hari lahir pancasila diperingati pada tanggal 1 Juni adalah dari pidato Bung Karno pada persidangan BPUPKI ini. Saat itu Bung Karno mendapat giliran untuk berpidato dan menyampaikan ide atau gagasannya mengenai dasar negara saat Indonesia merdeka. Bung Karno menamai ide gagasan mengenai dasar negara tersebut dengan nama pancasila. Kelima sila tersebut berdasarkan lima dasar atau asas yaitu kebangsaan Indonesia, persatuan dan kesatuan, ketuhanan yang Maha Esa, kesejahteraan Indonesia yang disebut dengan pancasila.


Hasil dari pidato penyampaian gagasan tersebut diterima secara gegap gempita oleh seluruh anggota Dokuritsu Junbi Cosakai atau BPUPKI secara aklamasi. Nah, berdasarkan hal inilah maka hari lahir pancasila diperingati pada tanggal 1 Juni setiap tahunnya. Namun, sejarah pancasila masih terus berlanjut pada masa itu.


Selanjutnya, setelah Bung Karno meyampaikan gagasannya mengenai dasar negara yang dinamakan pancasila itu, dibentuklah suatu panitia kecil yang bertugas merumuskan dan menyusun suatu undang-undang dasar atau UUD dimana UUD ini dibuat berpedoman pada pidato penyampaian gagasan Bung Karno mengenai pancasila tersebut. Panitia kecil tersebut diberi nama Panitia Sembilan.


9 tokoh pendiri pancasila


 Hari lahir pancasila diperingati pada tanggal  Ucapan Hari Lahir Pancasila [Sejarah, Tokoh, Beserta Isinya]


Panitia Sembilan tersebut terdiri dari beberapa tokoh bangsa yaitu:


1. Ir. Soekarno

2. Muhammad Hatta

3. Mr. AA. Maramis

4. Abikoesno Tjokrosoejoso

5. Abdul Kahar Muzakkir

6. Agus Salim

7. Ahmad Soebardjo

8. Wahid Hasjim

9. Mohammad Yamin


Tugas panitia 9 tokoh pancasila


 Hari lahir pancasila diperingati pada tanggal  Ucapan Hari Lahir Pancasila [Sejarah, Tokoh, Beserta Isinya]


Tugas utama panitia sembilan ini adalah merumuskan kembali Pancasila sebagai dasar negara, dimana hal ini didasarkan pada pidato yang disampaikan Bung Karno pada tanggal 1 Juni1945.


Dari penjelasan dan uraian di atas, jelaslah bahwa pancasila menduduki posisi yang penting dalam sejarah proses kemerdekaan bangsa Indonesia sehingga hari lahir pancasila pun diperingat setiap tahunnya. Hari lahir pancasila pada tanggal 1 Juni adalah momen untuk mengingat dan mengenang kembali peran pancasila dalam proses kemerdekaaan negara kita tercinta.


5 isi pancasila:


Saat ini hari lahir pancasila diperingati pada tanggal 1 Juni sebagai salah satu hari besar nasional. Pancasila sendiri terdiri dari lima sila sesuai dengan namanya, dimana sila tersebut berbunyi:


 Hari lahir pancasila diperingati pada tanggal  Ucapan Hari Lahir Pancasila [Sejarah, Tokoh, Beserta Isinya]


1. Ketuhanan yang Maha Esa

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

3. Persatuan Indonesia]

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia


Demikian penjelasan mengenai sejarah hari lahir pancasila selengkapnya untuk anda.


Ucapan Hari Lahir Pancasila


Untuk merayakan dan meramaikan hari lahir pancasila tak ada salahnya mengucapkan selamat hari lahir pancasila baik secara langsung maupun melalui sosial media yang sedang menjamur saat ini. Media sosial tersebut bisa berupa twitter, facebook, instagram, whatsapp dan media sosial lain.


Seperti pada kesempatan hari lahir pancasila diperingati pada tanggal 1 Juni 2017 kemarin, di media sosial bertebaran hashtag “Saya Indonesia, Saya Pancasila” yang disertai dengan frame foto yang memberi ucapan hari lahir pancasila. Hal ini tentu saja kampanye yang positif untuk memeriahkan hari lahir pancasila sehingga orang-orang juga akan mencari tahu tentang sejarah hari lahir pancasila.


Kata-kata lain untuk ucapan hari lahir pancasila misalnya:



“Selamat Hari Lahir Pancasila. Jayalah Negeriku dengan Pancasila”


“Selamat Hari Lahir Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila”


“Selamat Hari Lahir Pancasila. Dengan Pancasila utuh NKRIku”


“Selamat Hari Lahir Pancasila. Pancasila adalah Indonesia”


“Selamat Hari Lahir Pancasila. Indonesiaku, Pancasilaku”


“Selamat Hari Lahir Pancasila. Aku bangga dengan Pancasilaku”


“Selamat Hari Lahir Pancasila. Mencintai Pancasila berarti mencintai NKRI”


“Selamat Hari Lahir Pancasila. Pancasila dasar negaraku, NKRI negeriku”


“Selamat Hari Lahir Pancasila. Pancasila menjaga keutuhan negeriku”


“Selamat Hari Lahir Pancasila. Menjaga pancasila berarti menjaga keutuhan bangsa dan negeriku”


“Selamat Hari Lahir Pancasila. Pancasila adalah kebanggaan negeri dan rakyat Indonesia”


“Selamat Hari Lahir Pancasila. Membela pancasila berarti membela negara Indonesia tercinta”


“Selamat Hari Lahir Pancasila. Saya pancasila dan saya bangga”



Inilah yang kami sampaikan pada tulisan ini. Berharap kita dapat menghapalkan dan mengetahui isi dan lambang dari isi pancasila. Tidak hanya itu, juga maknanya yah. Pancasila sebagai pedoman pentingan dalam berbangsa dan bernegara Indonesia. Mari Kita tanamkan di hati dan di pikiran kita isi dari teks pancasila agar terhindar dari pengrusak bangsa.


Yah itu saja, semoga sejarah singkat pancasila, tokoh, isi pancasila dapat dimengerti. Tidak hanya itu saja contoh dari ucapan hari lahir pancasila diatas pun bisa Anda gunakan untuk meramaikan hari lahir pancasila.


Referensi: id.wikipedia.org/wiki/Lahirnya_Pancasila



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel