Informasi Update EMIS 2017/2018 Terbaru
Sunday, July 30, 2017
Informasi Update EMIS 2017/2018 Terbaru - Education Management Information System atau yang lebih dikenal dengan sebutan EMIS yang dikeluarkan oleh Dirjen Pendis, merupakan sebuah aplikasi yang berguna untuk mengelola data di lembaga pendidikan Islam.
Aplikasi EMIS mempunyai target untuk penyempurnaan dan juga penguatan terhadap berbagai macam aspek yang meliputi hardware, software, Sumber Daya Manusia dan juga koordinasi serta proses komunikasi antara para pengelola data yang berada di seluruh level Ditjen Pendis dan juga para Pemangku kepentingan lain di luar dari instansi Kementerian Agama. Seperti Bappenas dan Kementerian Keuangan.
Berbagai macam usaha yang telah dilakukan pada setiap tahun tersebut dikerjakan dengan oleh segenap berbagai daya upaya supaya data EMIS menjadi sebuah sumber referensi yang benar-benar valid dan juga bermanfaat untuk kemajuan dunia pendidikan Islam di seluruh wilayah Indonesia. Terutama untuk jangka panjang perkembangan pendidikan.
Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas data pendidikan Islam di seluruh Indonesia yang dikelola dengan menggunakan aplikasi EMIS, maka diperlukan sebuah proses panjang yang berupa updating data secara berkala/periodik dan juga berkesinambungan.
Dengan begitu, data di aplikasi EMIS diharapakan supaya selalu terbarui dan bisa semakin diandalkan.
Sebagaimana yang telah dirasakan oleh para pengelola data di lingkup dunia pendidikan Islam yang telah menekuni berbagai macam tantangan yang telah ditemui ketika berada di lapangan, pelaksanaan terhadap updating data Aplikasi EMIS dari setiap waktu ke waktu maka dipandang sangat perlu untuk penyempurnaan dan penguatan terhadap berbagai aspek yang mendukung.
Berikut ini aspek-aspek yang harus diperhatikan:
Keempat hal di atas menjadi poin minimal dalam penekanan guna menghasilkan data Aplikasi EMIS yang berwibawa dan juga bisa diandalkan.
Tujuan Penyelenggaraan kegiatan Penguatan Tenaga Pengelola Data Pendidikan Islam Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017 ialah sebagai berikut:
Diantara fitur-fiturnya adalah :
Alur SIM Pendataan Madrasah terbaru
Selain point-point diatas dijelaskan pula dalam Emis online menggunakan :
Sistem Sinkronisasi secara migrasi data yang diambilkan data emis genap tahun pelajaran 2016/2017
Untuk menghindari upload atau pembenahan data yang salah cukup membuka bagian yang salah saja, jadi tidak perlu mengupload ulang data secara keseluruhan
erdapat jadwal pelajaran
Memasukan data dari jenjang sebelumnya cukup memasukan NISN atau NSM
kita tunggu perubahan-perubahan sistem dalam pendataan supaya data mudah diakses lengkap dan akurat, relevan, akuntabel, rapi, integrated dan tepat waktu
Patut kita mereview pula jika memang ditahun pelajaran 2017/2018 pendataan emis secara online, mudah-mudahan tidak terjadi kemacetan total seperti yang pernah terjadi pada pendataan emis ditahun 2011 dan 2012
Rencananya Updating Emis Tahun pelajaran 2017/2018 akan dilaksanakan dipertengahan bulan Agustus 2017, oleh karena itu data-data disiapkan sedini mungkin sehingga ketika pendataan sudah dimulai kita sudah menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan Sumber https://www.harianmadrasah.com/
Aplikasi EMIS mempunyai target untuk penyempurnaan dan juga penguatan terhadap berbagai macam aspek yang meliputi hardware, software, Sumber Daya Manusia dan juga koordinasi serta proses komunikasi antara para pengelola data yang berada di seluruh level Ditjen Pendis dan juga para Pemangku kepentingan lain di luar dari instansi Kementerian Agama. Seperti Bappenas dan Kementerian Keuangan.
Berbagai macam usaha yang telah dilakukan pada setiap tahun tersebut dikerjakan dengan oleh segenap berbagai daya upaya supaya data EMIS menjadi sebuah sumber referensi yang benar-benar valid dan juga bermanfaat untuk kemajuan dunia pendidikan Islam di seluruh wilayah Indonesia. Terutama untuk jangka panjang perkembangan pendidikan.
Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas data pendidikan Islam di seluruh Indonesia yang dikelola dengan menggunakan aplikasi EMIS, maka diperlukan sebuah proses panjang yang berupa updating data secara berkala/periodik dan juga berkesinambungan.
Dengan begitu, data di aplikasi EMIS diharapakan supaya selalu terbarui dan bisa semakin diandalkan.
Hal-Hal yang Harus Diperhatikan
Sebagaimana yang telah dirasakan oleh para pengelola data di lingkup dunia pendidikan Islam yang telah menekuni berbagai macam tantangan yang telah ditemui ketika berada di lapangan, pelaksanaan terhadap updating data Aplikasi EMIS dari setiap waktu ke waktu maka dipandang sangat perlu untuk penyempurnaan dan penguatan terhadap berbagai aspek yang mendukung.Berikut ini aspek-aspek yang harus diperhatikan:
- Hardware
- Software
- Sumber Daya Manusia (SDM)
- Proses koordinasi dan juga komunikasi
Keempat hal di atas menjadi poin minimal dalam penekanan guna menghasilkan data Aplikasi EMIS yang berwibawa dan juga bisa diandalkan.
Tujuan Penyelenggaraan kegiatan Penguatan Tenaga Pengelola Data Pendidikan Islam Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017 ialah sebagai berikut:
- Sinergisitas dan koordinasi di antara para pengelola data EMIS pusat dan daerah dalam mewujudkan data EMIS yang semakin berkualitas dan dapat diandalkan,
- Memberikan berbagai bimbingan secara teknis mengenai proses pengelolaan data di dunia pendidikan Islam kepada para pengelola data pendidikan Islam di tingkat Kanor Wilayah (Kanwil) Kemenag Propinsi
- Melakukan sosialisasi terhadap berbagai kebijakan terbaru yang terkait dengan pengelolaan data pendidikan Islam,
- Memberikan berbagai macam informasi mengenai pengembangan dan pemanfaatan data EMIS untuk mendukung program pendidikan Islam.
Rencana pengembangan EMIS Tahun Ajaran 2017/2018
- Membangun/memperkuat master data referensi Emis (Lembaga, PTK, Siswa) berupa Aplikasi EMIS ONLINE
- Dekstop Emis berupa sync data dengan data pusat
- Verval PTK untuk menertibkan/merapikan master dan referensi lemabag, PTK secara menyeluruh, termasuk mengadministrasikan dokumen nilai UAMBN/UAMBD, pengajuan Dana BOS, Pelaporan dana BOS
- Rencana pendataan emis ditahun pelajaran 2017/2018 tidak lagi menggunakan pendataan seperti tahun sebelumnya yaitu melalui Excel àDesktop àOnline akan tetapi pendataan langsung melalui Emis berbasis Online, fitur dan tampilannya hampir seperti di pendataan excel, hanya saja berupa web dan secara online
Diantara fitur-fiturnya adalah :
- Alur Verval PTK
- Dalam hal ini dijelaskan bahwa PTK yang sudah Sertifikasi/TPG akan mempunyai akun sendiri dengan mendaftar melalui Emis SDM dengan isian
- Ijasah Terakhir
- SK Tugas/Guru SK awal dan akhir
- SK Kepegawaian
- Sertifikasi
Alur SIM Pendataan Madrasah terbaru
- Siswa Baru
- Siswa Naik/Tidak Naik
- Siswa Lulusan
- PTK
Selain point-point diatas dijelaskan pula dalam Emis online menggunakan :
Sistem Sinkronisasi secara migrasi data yang diambilkan data emis genap tahun pelajaran 2016/2017
Untuk menghindari upload atau pembenahan data yang salah cukup membuka bagian yang salah saja, jadi tidak perlu mengupload ulang data secara keseluruhan
erdapat jadwal pelajaran
Memasukan data dari jenjang sebelumnya cukup memasukan NISN atau NSM
kita tunggu perubahan-perubahan sistem dalam pendataan supaya data mudah diakses lengkap dan akurat, relevan, akuntabel, rapi, integrated dan tepat waktu
Patut kita mereview pula jika memang ditahun pelajaran 2017/2018 pendataan emis secara online, mudah-mudahan tidak terjadi kemacetan total seperti yang pernah terjadi pada pendataan emis ditahun 2011 dan 2012
Rencananya Updating Emis Tahun pelajaran 2017/2018 akan dilaksanakan dipertengahan bulan Agustus 2017, oleh karena itu data-data disiapkan sedini mungkin sehingga ketika pendataan sudah dimulai kita sudah menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan Sumber https://www.harianmadrasah.com/