Cara Mengidentifikasi Informasi Surat Pribadi dan Surat Dinas Edisi Revisi 2016
Wednesday, June 14, 2017
IndoINT.com_ Kali ini admin akan bagikan materi mengenai cara mengidentifikasi Informasi Surat Pribadi dan Surat Dinas.
Perhatikan teks berikut!
Hal : Pemberitahuan
Lampiran : 1 Lembar
Yth. Kepala SMP 1 Palembayan
siswa SMP 5 Palembayan
Diketahui oleh
Kepala Sekolah Ketua OSIS
Rusdi, M.Pd. Khairunnisa
Perhatikan teks berikut!
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMP 5 PALEMBAYAN KABUPATEN AGAM
Jalan Data Munti, Baringin, Kecematan Palembayan
No : 221/088/SMPN/5/XII/2015 12 Desember 2015Hal : Pemberitahuan
Lampiran : 1 Lembar
Yth. Kepala SMP 1 Palembayan
siswa SMP 5 Palembayan
Dengan Hormat,
Dengan ini, kami beritahukan bahwa OSIS SMPN 5 Palembayan bermaksud mengadakan studi banding ke SMP 1 Palembayan. Kegiatan ini akan kami laksanakan pada
hari, tanggal : Senin, 21 Desember 2016
pukul : 08.00 s.d. 13.00 WIB
Jumlah peserta : 20 orang siswa dan 4 guru pembimbing
sehubungan dengan kegiatan tersebut, kami berharap Bapak/Ibu Kepala Sekolah berkenan menerima kedatangan kami. Agar kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang kami rencanakan, kami menunggu surat balasan Bapak/Ibu.
Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
Diketahui oleh
Kepala Sekolah Ketua OSIS
Rusdi, M.Pd. Khairunnisa
www.IndoINT.com
Teks seperti itu disebut surat. Surat adalah media komunikasi berupa tulisan antara seseorang atau lembaga dengan seseorang atau lembaga lainnya. Dalam contoh tersebut, komunikasi dilakukan oleh OSIS SMPN 5 kepada Kepala Sekolah SMP 5 Palembayan dengan tujuan pemberitahuan. Sebagai media komunikasi tulisan, surat memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan media komunikasi lisan. Komunikasi lewat surat memberikan kesempatan yang lebih leluasa untuk berpikir dan merenungkan hal-hal yang akan disampaikan. Melalui surat, baik buruknya permohonan, undangan, perizinan, dan sebagainya dapat dipertimbangkan dengan matang-matang. Pertimbangan itu berkenaan dengan pilihan kata, struktur kalimat, ataupun isi suratnya.
Fungsi utama surat adalah media komunikasi. Selain itu, surat memiliki fungsi-fungsi yang lain, yakni:
1) sebagai alat bukti tertulis;
2) sebagai alat pengingat;
3) sebagai bukti sejarah, sebagai suatu kenangan;
4) sebagai pedoman dalam bertugas atau dalam melaksanakan kegiatan;
5) duta atau wakil suatu organisasi
- Secara umum, surat terbagi ke dalam tiga jenis.
1) Surat pribadi, yaitu surat yang ditulis atas nama pribadi atau perseorangan. Fungsinya, bisa ditujukan kepada perorangan ataupun instansi
a) Surat pribadi yang ditujukan kepada perseorangan atau keluarga disusun dalam bentuk tidak resmi, baik itu dalam bahasa maupun struktur penyusunannya.
Contohnya: Surat perkenalan, ucapan terima kasih, permohonan maaf.
b) Surat pribadi yang ditujukan kepada instansi, disusun dalam bentuk resmi.
Contohnya: surat lamaran kerja, surat jual beli, surat undangan pernikahan.
2) Surat dinas, yaitu surat yang menyangkut persoalan-persoalan kedinasan. Oleh karena itu, surat ini disajikan secara resmi. Surat ini dibuat atas nama suatu instansi, pemerintah maupun swasta dan ditujukan kepada instansi lain ataupun perseorangan.
Contohnya: surat tugas, surat pengantar, dan surat keputusan.
3) Surat niaga, adalah surat yang ditulis untuk kepentingan-kepentingan bisnis.
Contohnya: surat penawaran, surat permintaan, surat penagihan, surat pengiriman barang.
Sumber http://www.ilmubindo.com/