Persiapakan Diri, Pemkot Mataram 140 Kursi CPNS 2017, Andaksh Salah Satunya?

Intipendidikan - Rencana pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) rupanya bukan isapan jempol. Itu setelah Pemerintah Pusat menerima usulan Pemkot Mataram untuk merekrut 140 PNS baru.


“Ini sudah disetujuan KemenPAN-RB,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram Baiq Nelly Kusumawati.

Bagi Nelly, ini seperti kejutan yang tidak disangka-sangka. Setelah moratorium CPNS selama empat tahun, akhirnya sikap dari Pemerintah Pusat melalui KemenPAN-RB saat ini, menunjukan jika moratorium telah dicabut.

“Ini tentu sangat menggembirakan. Tidak hanya bagi calon pelamar, tapi juga bagi kami di Pemerinta Kota Mataram,” imbuhnya terlihat senang.

Menurut Nelly, hasil hitungan di atas kertas, Pemerintah Kota Mataram sebenarnya membutuhkan 6.345 orang PNS. Tetapi saat ini, jumlahnya baru 5.470. Artinya ada kekurangan sebanyak 855 PNS. “Kita tidak bisa penuhi karena selama ini kan ada moratorium,” ujarnya.

Sayangnya, Nelly juga belum tahu kapan pembukaan pendaftaran akan dimulai. “Kita tunggu informasi selanjutnya ya, semoga bisa tahun ini,” harapnya.

Informasi ini tidak hanya ditunggu-tunggu oleh masyarakat umum. Tetapi sebenarnya menjadi harapan lama dari pemerintah daerah. Sulitnya mengatur aparatur daerah di berbagai posisi jabatan karena keterbatasan jumlah SDM, kembali dipersulit dengan berlakunya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru.

Namun dengan adanya peluang pendaftaran CPNS ini, pesoalan ini sedikit bisa terurai.

“Angkanya memang lebih sedikit dari jumlah sebenarnya yang kita butuhkan mencapai delapan ratus lebih itu, tetapi ini harus kita syukuri,” ujarnya.

Tahapan setelah usulan ini diterima, selanjutnya menunggu keputusan dari arahan Pemerintah Pusat. Nelly enggan memperkirakan kapan pendaftaran akan dibuka. Tetapi masyarakat yang ingin memanfaatkan peluang ini untuk melamar pekerjaan, dipersilakan mempersiapkan diri.

“Iya nanti ini setiap tahun akan ada, jadi harapannya mulai tahun 2017 ini sudah ada seleksi CPNS. Angka di tahun berikutnya akan disesuaikan lagi dengan usulan dari kita,” tandasnya.

Sebelumnya, Asisten III Kota Mataram Hj Baiq Evi Ganevia, menjelaskan jika KemenPAN-RB, telah memerintahkan setiap kabupaten daerah untuk melakukan penghitungan perkiraan pegawai dalam lima tahun terakhir.

“Hasilnya lalu di break down, berapa kira-kira pegawai yang bisa diusulkan setiap tahun, sehingga kekurangan pegawai bisa terpenuhi dalam lima tahun ke depan,” tandasnya.

Saat itu, pada usulan awal, Pemkot Mataram sebenarnya menyodorkan 177 kursi. Namun yang diterima hanya 140.

Jadi jika anda ingin salah satu dari 140 itu,  persiapkan diri dari saat ini,  semoga berhSil ya..

Jabat Erat Intipendidikan.com.

Sumber : lombokpost. Net

Sumber https://www.intipendidikan.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel