Cara Sederhana Mengecek Temperatur Laptop dan Komputer Anda

Intipendidikan.com - Memonitor Temperatur / suhu perangkat keras pada laptop maupun komputer adalah sesuatu yang harus kita lakukan agar dapat mengambil tindakan jika sewaktu-waktu laptop mengalami over heat (panas berlebih). Temperatur peragkat komputer yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan perangkat keras laptop anda rusak. Untuk itu, sangat disarankan bagi anda para pengguna laptop untuk selalu cek berapa komputer / laptop yang sedang anda gunakan. Berikut adalah beberapa software yang bisa anda gunakan untuk memantau / mengecek temperatur pada komputer anda.

Cek Suhu Laptop dengan Aplikasi Real Temp

Cara Mengecek Suhu / Temperatur Laptop dan Komputer


RealTemp merupakan program yang dirancang untuk memantau suhu laptop atau komputer anda. Software yang satu ini dirancang untuk semua prosesor Intel Single Core, dual core dan quad Core. Setiap inti pada procesor ini memiliki sensor termal digital (DTS) yang melaporkan data suhu relatif terhadap TJMax yang merupakan maksimum suhu inti operasi yang aman untuk CPU. Jika anda berminat untuk mencobanya agar lebih mudah untuk memantau tempratur laptop anda. 

Memantau Tempratur Laptop Menggunakan HWMonitor

Cara Mengecek Suhu / Temperatur Laptop dan Komputer


HWMonitor merupakan sebuah software kecil yang membantu memantau suhu komputer/laptop kita. untuk melihat apakah panas atau tidak. Seperti memantau suhu CPU, AUX, System dan suhu hardisk. Selain itu juga bisa digunakan untuk memantau tegangan listrik yang mengaliri hardware pc. Seperti memantau tegangan CPU VCORE, dan tegangan ATX. Bisa juga untuk memantau kecepatan kipas.

Software ini dapat membaca chip sensor yang paling umum, seperti seri ITE® IT87, Winbond® ICs, dan lain-lain. Selain itu, software ini juga dapat membaca sensor utama pada CPU modern, dimana membaca suhu harddisk melalui S.M.A.R.T dan suhu video card GPU.Software ini juga mendukung untuk membaca pasokan listrik pada abit® uGuru dan Gigabyte® ODIN™.

Fitur yang disediakan dalam versi kali ini tidak jauh berbeda dengan versi sebelumya. HWMonitor Free ini merupakan versi terbaru yang memiliki kelebihan khusus yaitu anda dapat memonitor keadaan suatu hardware CPU lain yang terhubung pada jaringan anda, Jadi jika anda mempunyai beberapa komputer yang terhubung dengan satu jaringan ke komputer anda, maka anda dapat dengan mudah memonitor semua keadaan hardware dari masing – masing komputer tersebut dari komputer utama. Silahkan download aplikasinya jika anda tertarik untuk mencobanya.

Cara Mengetahui Tempratur Laptop dengan CPU Thermometer

Cara Mengecek Suhu / Temperatur Laptop dan Komputer


CPU Thermometer adalah salah satu Aplikasi gratis untuk memonitor suhu laptop atau komputer anda. Aplikasi ini dapat membantu Anda memonitor suhu CPU komputer Anda dalam waktu hidup. Program dapat dijalankan pada Windows start-up, dan menunjukkan suhu CPU hidup di tray icon desktop Anda, sehingga Anda mendapatkan informasi sistem yang sangat penting dalam sekejap. Aplikasi gratis untuk memonitor suhu komputer yang satu ini mudah untuk diinstal dan mudah pula digunakan. Anda bisa mendapatkannya secara gratis pada website resminya.

Memonitor Suhu Processor menggunakan CPUTempWatch


Cara Mengecek Suhu / Temperatur Laptop dan Komputer


Program kecil dan sederhana ini dirancang untuk membantu Anda memonitor suhu berbagai jenis processor Intel Core, Core 2, i3, i5, i7, dan prosesor Atom. Software ini mengumpulkan informasi dari berbagai sensor dan menampilkannya secara real time formatnya mudah untuk dipahami. Anda dapat melihat suhu laptop atau komputer dalam grafik, sehingga Anda dapat melacak fluktuasinya secara mudah untuk tujuan pengujian. Jika anda berminat untuk mencobanya silahkan download CPUTempWatch secara gratis.

Demikian beberapa aplikasi yang bisa anda manfaatkan untuk mengecek suhu atau temperatur laptop dan komputer. Pilihan ada ditangan anda, silahkan gunakan salah satu Software yang menurut anda paling cocok.

Gampangkan,  let's try!!! Semoga bermanfaat Jabat Erat Intipendidikan.com 

Sumber https://www.intipendidikan.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel