Silabus PJOK SMP-MTs-Kurikulum 2013 Revisi 2016
Thursday, March 2, 2017
Tema pengembangan Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi, danrelevan dengan tantangan abad 21.
Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) merupakan salah satu mata pelajaran pada Kurikulum 2013. PJOK merupakan bagian integral dari program pendidikan nasional, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui pembekalan pengalaman belajar menggunakan aktivitas jasmani terpilih dan dilakukan secara sistematis yang dilandasi nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapaiannya (measurable); bermakna (meaningfull); dan bermanfaat untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.
DAFTAR ISI
I. PENDAHULUAN
A. Rasional
B. Kompetensi Setelah Mempelajari Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
C. Kompetensi Setelah Mempelajari Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiah
D. Kerangka Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiah
E. Pembelajaran dan Penilaian
F. Kontekstualisasi Pembelajaran Sesuai dengan Kondisi Lingkungan dan Peserta Didik
II. KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Kelas VII
B. Kelas VIII
C. Kelas IX
Berikut adalah link download-nya:
Jika Anda merasa tulisan ini berguna, silahkan like dan sebarkan. Terima kasih dan salam sukses selalu!
Baca Juga:
- Silabus PA Kristen SMP-MTs-Kurikulum 2013 Revisi 2016
- Silabus PAI SMP-MTs-SMK-Kurikulum 2013 Revisi 2016
- Silabus Bahasa Inggris SMP-MTs-SMK-Kurikulum 2013 Revisi 2016
- Silabus IPA SMP-MTs-SMK-Kurikulum 2013 Revisi 2016
- Silabus Matematika SMP-MTs-SMK-Kurikulum 2013 Revisi 2016
- Silabus PKn SMP-MTs-Kurikulum 2013 Revisi 2016
- Silabus Bahasa Indonesia SMP-MTs-Kurikulum 2013 Revisi 2016
- Silabus Seni Budaya SMP-MTs-Kurikulum 2013 Revisi 2016
- Silabus IPS SMP-MTs-Kurikulum 2013 Revisi 2016
- Contoh Silabus SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2016 Semua Mapel
(Redaksi) Sumber http://www.informasiguru.com/