Penjelasan Lengkap Singular & Plural Noun + Contoh

Singular Noun + Plural Noun - Dalam belajar grammar Bahasa Inggris, anda pastinya tidak asing lagi dengan namanya Singlar Noun dan Plural Noun. Ke-dua jenis Noun (kata benda) tersebut sangat sering digunakan dalam kegiatan komunikasi sehari-hari, kita sering mengartikan Singular Noun sebagai kata benda tunggal dan Pluarl Noun sebagai kata benda jamak. Namun, terdapat beberapa hal yang harus anda ketahui mengenai Singlar Noun dan Plural Noun. Nah, pada kesempatan kali ini akan mencoba menjelaskan apa itu Singular dan Plural Noun beserta contoh-contohnya. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Pengertian Singular Noun dan Plural Noun

1. Singular Noun

Menurut Barbara Dykes (207 : 2007), Singular Noun adalah “of nouns or pronouns, indicating single number, i.e. one only” (kata benda atau kata ganti yang menunjuk pada angka tunggal misalnya hanya satu). Dari pengertian tersebut kita mengetahui bahwa yang namanya Singular Noun adalah kata benda yang merujuk pada satu benda atau tunggal. Biasanya Singular Noun di dahului oleh Article (kata depan), misalkan a, an, one. Contoh:
a. A book (sebuah buku)
b. An apple (sebuah apple)
c. One bag (satu tas)

2. Plural Noun

Menurut Barbara Dykes (206 : 2007), Plural Noun adalah “of nouns or pronouns, indicating a number that is more than one” (kata benda atau kata ganti yang menunjuk pada angka yang lebih dari satu). Dari pengertian tersebut kita mengetahui bahwa yang namanya Plural Noun adalah kata benda yang merujuk pada lebih dari satu benda atau jamak.

B. Pembentukan Singular Noun Menjadi Plural Noun

Kita tentunya sudah paham secara istilah apa itu Singular Nouns (kata benda tunggal) dan Plural Nouns (kata benda jamak) dan kita juga tentunya sudah mengetahui bahwa hanya Singular Countable Nouns (kata benda tunggal yang bisa dihitung) saja yang bisa dirubah menjadi Plural Nouns. Pada umumnya, Plural Nouns dibentuk dengan menambahkan akhiran  –s di belakang Singular Nouns, misalnya:

Singular Nouns    Plural Nouns
Book Books
Cat  Cats
House Houses
Dog Dogs

Tetapi terdapat beberapa pengecualian dalam pembentukan Plural Nouns yang kita harus ketahui, seperti:

1. Dengan memberi akhiran –es pada Singular Nouns jika Nouns tersebut berbunyi desis dan berakhiran –ss, -s, -x, -z, -ch, dan –sh. Misalnya:

Singular Nouns Plural Nouns
Glass Glasses
Bus Buses
Box Boxes
Quiz Quizes
Chruch Churches
Brush    Brushes

2. Jika Singular Nouns berakhiran –ch tetapi tidak berbunyi desis, melainkan diucapkan dengan bunyi /k/, maka bentuk jamak tidak ditambahkan –es, tetapi akhiran –s, misalnya:

Singular Nouns Plural Nouns
Stomach    Stomachs
Monarch    Monarchs

3. Dengan memberikan akhiran –es pada Singular Nouns yang berakhiran –o yang didahului oleh Consonant (huruf mati), misalnya:

Singular Nouns    Plural Nouns
Buffalo    Buffaloes
Tomato    Tomatoes
Mango    Mangoes
Potato    Potatoes

4. Akan tetapi, sejumlah Singular Nouns tidak mengikuti aturan di atas. Artinya, ada Singular Nouns yang berakhiran –o dan diawali dengan konsonan, tetapi bentuk Plural Noun-nya hanya ditambahkan –s, bukan –es, misalnya:

Singular Nouns    Plural Nouns
Kilo    Kilos
Bamboo    Bamboos
Folio   Folios
Photo    Photos
Piano    Pianos
Radio Radios
Studio Studios
Zoo Zoos

 anda pastinya tidak asing lagi dengan namanya Singlar Noun dan Plural Noun Penjelasan Lengkap Singular & Plural Noun + Contoh
Penjelasan Lengkap Singular & Plural Noun + Contoh

5. Jika terdapat Singular Nouns berakhiran –y yang didahului oleh huruf Consonant (huruf mati), bentuk Plural Nouns-nya adalah mengubah akhiran –y menjadi –i kemudian ditambahkan akhiran –es, misalnya:

Singular Nouns   Plural Nouns
Dictionary    Dictionaries
Baby    Babies
City    Cities
Country    Countries
Duty    Duties
Enemy Enemies
Hobby Hobies

6. Jika Singular Nouns berakhiran –y yang di dahului oleh huruf Vocal (huruf hidup) cukup ditambahkan akhiran –s untuk mengubah Singular Nouns tersebut menjadi Plural Nouns, misalnya:

Singular Nouns    Plural Nouns
Boy    Boys
Day    Days
Donkey    Donkeys
Jurney    Jurneys
Toy    Toys
Way Ways
Monkey Monkeys

7. Akhiran –f atau –fe pada Singular Nouns diubah menjadi –ves untuk menjadikannya Plural, misalnya:

Singular Nouns    Plural Nouns
Knife    Knives
Leaf    Leaves
Shelf    Shelves
Thief    Thieves
Wife    Wives
Wolf  Wolves

8. Tetapi terdapat beberapa pengecualian untuk Singular Nouns yang berakhiran –f atau –fe, Singular Nouns berikut ini hanya ditambahkan akhiran –s untuk menjadikan Singular Nouns menjadi i, misalnya:

Singular Nouns    Plural Nouns
Belief   Beliefs
Chief    Chiefs
Cliff    Cliffs
Dwarf    Drawfs
Gualf    Gualfs
Proof Proofs
Reef Reefs
Roof Roofs
Turf Turfs

9. Perubahan bentuk Singular menjadi Plural Nouns di atas bisa dibilang perubahan yang teratur (Regular), di bawah ini disebutkan bentuk-bentuk perubahan Singular Nouns ke Plural Nouns yang tidak beraturan (Irrigular)

Singular Nouns   Plural Nouns
Child    Children
Foot    Feet
Goose   Geese
Loose    Lice
Man    Men
Mouse Mice
Ox Oxen
Tooth Teeth
Woman Women


10. Beberapa Plural Nouns memiliki bentuk yang sama dengan bentuk Singural Nouns-nya, misalnya:

Singular Nouns    Plural Nouns
Cattle    Cattle
Grouse    Grouse
Fruit    Fruit
Fish   Fish
Deer    Deer
Series Series
Sheep Sheep
Species Species 

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel di atas tentang Penjelasan Singular & Plural Noun, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi teman-teman sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi penjelasan dari artikel di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share ke teman-teman lainnya juga ya. ^^English is Fun^^

Sumber http://www.belajarbahasainggris.us/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel