Panduan Gerakan Literasi di Sekolah SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB Tahun 2016-2017
Wednesday, May 11, 2016
Berikut sambutan dari Dirjen Dikdasmen terkait dengan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai berikut :
Rendahnya keterampilan tersebut membuktikan bahwa proses pendidikan belum mengembangkan kompetensi dan minat peserta didik terhadap pengetahuan. Praktik pendidikan yang dilaksanakan di sekolah selama ini juga memperlihatkan bahwa sekolah belum berfungsi sebagai organisasi pembelajaran yang menjadikan semua warganya sebagai pembelajar sepanjang hayat.
Untuk mengembangkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). GLS adalah upaya menyeluruh yang melibatkan semua warga sekolah (guru, peserta didik, orang tua/wali murid) dan masyarakat, sebagai bagian dari ekosistem pendidikan.
GLS memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Salah satu kegiatan di dalam gerakan tersebut adalah “kegiatan 15 menit membaca buku nonpelajaran sebelum waktu belajar dimulai”. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik. Materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik.
Download selengkapnya Buku Panduan Gerakan Literasi di Sekolah SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB selengkapnya, silahkan klik pada tautan berikut ini :
1. Download Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SD
2. Download Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SMP
3. Download Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SMA
4. Download Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SMK
5. Download Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SLB
Demikian informasi tentang panduan gerakan literasi sekolah untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Semoga bermanfaat bagi kita semua. (Sumber file : http://dikdas.kemdikbud.go.id)
Sumber https://blogomjhon.blogspot.com/