Ingin Lulus Kuliah Langsung Jadi PNS? Ikuti Seleksi Siswa Pendidikan Ikatan Dinas

Ingin Lulus Kuliah Langsung Jadi PNS? Ikuti Seleksi Siswa Pendidikan Ikatan Dinas | Info penting bagi para siswa SMA/MA/SMK yang tahun ini lulus dan berencana ingin kuliah. Tujuan dari kuliah tidak semata-mata ingin mendapatkan ijazah dan gelar, tapi juga ingin mendapatkan pekerjaan yang layak. Salah satu pekerjaan yang banyak diimpikan adalan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Untu menjadi PNS, jalur yang paling banyak diminati secara umum adalah jalur pendaftaran CPNS. Jalur ini secara umum sudah ketahui khalayak. Tapi jalur Siswa Pendidikan Ikatan Dinas mungkin belum semua orang tahu. Selain ini merupakan jalur khusus, juga persyaratannya sangat ketat sehingga hanya bisa diikuti oleh orang-orang tertentu secara khsus. Misal, orang atau siswa yang ingin ikut dalam Seleksi Siswa Pendidikan Ikatan Dinas harus berumur minimal 22 tahun dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan. Berbeda dengan jalur pendaftaran CPNS, semua orang secara umum bisa mengikuti pendaftaran.

Makanya, informasi ini menjadi sangat penting untuk diketahui terutama oleh para siswa-siswa yang baru lulus SMA/MA/SMK atau yang sederajat yang ingin kuliah kemudian diangkat menjadi pegawai negeri sipil. Pendaftaran Seleksi Siswa Pendidikan Ikatan Dinas biasanya dibuka bersamaan dengan pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA. Contoh untuk pendaftaran seleksai Siswa Pendidikan Ikatan Dinas tahun 2016 sudah dibukan sejak bulan maret bahkan ada beberapa kementerian yang sudah menutup pendaftarannya.

Berdasarkan jadwal yang saya baca di situs Panitia Seleksi Siswa Pendidikan Ikatan Dinas dari 7 kementerian dan lembaga masih ada dua kementerian yang membukan pendaftarannya. Namun sayang untuk Kementerian Hukum dan HAM akan ditutup besok tanggal 4 Mei 2016.

Tenang, masih ada 1 kementerian yang membuka pendaftaran seleksi Siswa Pendidikan Ikatan Dinas sampai dengan tanggal 27 Mei 2016 yaitu Kementerian Perhubungan. Lihat screen shoot jadwal seleksi Siswa Pendidikan Ikatan Dinas berikut ini.

Ini merupakan kesempatan emas bagi anda para siswa yang baru lulus SMA/MA/SMK tahun 2016 ini. Penting untuk anda ketahui sebelum mendaftar menjadi mahasiswa pendidikan ikatan dinas, silakan baca informasi berikut :

1.     SELEKSI:  Seleksi/tes dilakukan secara nasional menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).
2.    ALAMAT E-MAIL:  Calon peserta seleksi hanya dapat mengikuti proses pendaftaran di Portal ini dan wajib mempunyai alamat surat elektronik (e-mail) yang masih berlaku.
3.     PENGISIAN DATA: Semua informasi/data pribadi yang diisikan dalam formulir pendaftaran harus berdasarkan dokumen asli secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Apabila tidak benar, yang bersangkutan dapat dinyatakan gugur dan tidak diproses lebih lanjut.   
4.   PENDAFTARAN HANYA DI SATU INSTANSI: Calon peserta seleksi hanya diberikan kesempatan untuk mendaftar di salah satu instansi sesuai dengan peminatannya.
5.     Bagi calon siswa yang sudah mendaftar salah satu Kementerian/Lembaga termasuk BIN sebelum pengumuman ini dimungkinkan untuk mendaftar lagi di Kementerian/Lembaga lain sesuai peminatannya.
6.    PERSYARATAN KHUSUS/TAMBAHAN: Masing-masing Kementerian/Lembaga yang memiliki Lembaga/ Sekolah Ikatan Dinas mempunyai persyaratan khusus. Harap calon peserta seleksi membacanya secara cermat dan teliti.

Untuk memahami cara pendaftaran siswa Pendidikan Ikatan Dinas silakan baca alur pendaftaran seperti pada info graphic berikut :


Kembali ke peluang pendaftaran Siswa Pendidikan Ikatan Dinas yang dibukan oleh Kementerian Perhubungan sampai dengan tanggal 27 Mei 2016. Silakan anda baca dengan seksama agar betul-betul faham sehingga informasi penting ini tidak terlewatkan. Karena jika informasi ini terlewatkan, anda harus menunggu tahun 2017 untuk bisa kembali ikut daftar seleksi siswa pendidikan ikatan dinas. Itu juga kalau pemerintah kembali membukanya. Hehehe.....

PENTING!!!
Patikan sebelum anda mendfatar menjadi Calon Taruna di Kementerian Perhubungan sudah memiliki data yang benar-benar valid. Misal memiliki NIK yang valid dan yang tidak kalah penting adalah memiliki alamat email yang valid dan benar-benar masih aktif. Hal ini karena pendaftaran dilakukan secara online. Konfirmasi pendaftaran, info pendaftaran akan dikirim ke email yang digunakan saat pendaftaran.

Jika anda benar-benar berniat mendaftar mengikuti seleksi Calon Taruna di Kementerian Perhubungan silakan anda langsung meluncur ke alamat https://sipencatar.dephub.go.id atau silakan anda baca informasi yang saya kutip dari situs tersebut.


1.   ALUR PENDAFTARAN
  Ikuti Seleksi Siswa Pendidikan Ikatan Dinas Ingin Lulus Kuliah Langsung Jadi PNS? Ikuti Seleksi Siswa Pendidikan Ikatan Dinas




Format PDF dapat di download disini.


Video petunjuk (tutorial) dapat dilihat pada link dibawah ini


- Langkah 1 : Daftar Akun Baru


- Langkah 2 : Login


- Langkah 3 : Pilih Lokasi Ujian


- Langkah 4 : Pembayaran Biaya Pendaftaran


- Langkah 5 : Isi Formulir


- Langkah 6 : Pembayaran Biaya Tes Potensi Akademik (TPA)


- Langkah 7 : Cetak Kartu Ujian





Pembayaran Biaya Pendaftaran dan Biaya Tes Potensi Akademik (TPA) dilakukan melalui TELLER Bank. Dengan ketentuan sebagai berikut :


- Untuk pembayaran Biaya Pendaftaran, pada kolom berita isikan dengan keterangan "Pendaftaran" (spasi) nomor pendaftaran. Contoh : Pendaftaran 123456789000


- Untuk pembayaran Biaya Tes Potensi Akademik (TPA), pada kolom berita isikan dengan keterangan "TPA" (spasi) nomor pendaftaran. Contoh : TPA 123456789000


Nama dan Nomor Rekening Bank tujuan pembayaran Biaya Pendaftaran dan Tes Potensi Akademik (TPA) yang sah adalah Nama dan Nomor Rekening Bank yang tertera dan disampaikan pada e-mail  masing-masing Peserta SIPENCATAR.


Biaya transaksi antar Bank yang timbul akibat transaksi pembayaran Biaya Pendaftaran dan Biaya Tes Potensi Akademik (TPA) ini dibebankan kepada masing-masing Peserta SIPENCATAR, dengan besaran biaya transaksi disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku pada masing-masing Bank.


Untuk menghindari keterlambatan pembayaran, dianjurkan agar pembayaran dilakukan selambat-lambatnya 2 (dua) hari kerja sebelum tanggal jatuh tempo yang ditetapkan.


Jika anda sudah memahami dan serius ingin menjadiCalon Taruna Pendidikan dan Pelatihan  Perhubungan silakan segera daftarkan diri anda pada link berikut :
https://sipencatar.dephub.go.id/daftar

  Nah itulah informasi seleksi siswa pendidikan ikatan dinas yang sangat penting anda ketahui. Karena melalui jalur inilah anda akan kuliah dan langsung menjadi pegawai negeri sipil. Jika, anda tidak begitu tertarik dengan kementerian perhubungan anda bisa memilih kementerian dan lembaga lainnya. Namun sayang untuk tahun 2016 ini, tinggal satu kementerian ini saja yang masih membukan pendaftaran. Itu artinya anda harus menunggu pendaftaran mahasiswa baru tahun depan.
Sumber http://mangwaskim.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel