Soal-Soal Pilihan Ganda Seni Budaya (SBD) Kelas VIII SMP/MTs 2016
Friday, April 15, 2016
1. | Syarat utama untuk mengadakan pergelaran adalah … | ||||||
| a. | Adanya kepanitiaan | | ||||
| b. c. d. | Adanya karya Adanya dana yang mencukupi Adanya Seniman | | ||||
2. | Pergelaran yang menampilkan berbagai karya seni dinamakan … | ||||||
| a. | Pergelaran heterogen | |||||
| b. c. d. | Pergelaran homogen Pergelaran tunggal Pergelaran umum | |||||
3. | Pergelaran yang menampilkan seorang seniman saja disebut … | ||||||
| a. | Pergelaran heterogen | |||||
| b. c. d. | Pergelaran homogen Pergelaran tunggal Pergelaran umum | |||||
4. | Sekelompok orang yang akan melaksanakan kegiatan pergelaran adalah … | ||||||
| a. | Pengunjung | |||||
| b. c. d. | Seniman Panitia Apresiator | |||||
5. | Orang yang bertanggung jawab atas seluruh kegiatan pergelaran di sekolah adalah … | ||||||
| a. | Kepala Sekolah | |||||
| b. c. d. | Ketua Panitia Guru dan Siswa Semua Panitia | |||||
6. | Yang bukan sarana/prasarana pergelaran adalah … | ||||||
| a. | Dana | |||||
| b. c. d. | Kamera/Video Katalog Buku Tamu | |||||
7. | Istilah Lighting berarti … | ||||||
| a. | Lampu penerangan | |||||
| b. c. d. | Listrik / genset Pencahayaan / tata lampu Efek gelap terang warna | |||||
8. | Sebelum ditampilkan karya harus diseleksi, karena … | ||||||
| a. | Untuk memilih yang terbagus | |||||
| b. c. d. | Untuk mencari kesesuaian Untuk mencari juara Untuk mengurangi peserta | |||||
9. | Unsur Informasi dalam pergelaran menjelaskan tentang … | ||||||
| a. | Judul karya | |||||
| b. c. d. | Pembuatan spanduk dan poster Menjelaskan tempat dan waktu Menjelaskan dana yang diperlukan | |||||
10. | Pemilihan tempat pergelaran harus strategis, maksudnya adalah … | ||||||
| a. | Luas dan indah | |||||
| b. c. d. | Di tempat umum Mudah didatangi Jauh dari keributan | |||||
11. | Selain Strategis tempat pergelaran harus aman, misalnya … | ||||||
| a. | Menyediakan atap / terop | |||||
| b. c. d. | Luas dan bersih, jauh dari keramaian Dekat dengan jalur angkutan umum Menyediakan tiket masuk | |||||
12. | Unsur penataan karya adalah … | ||||||
| a. | Membatasi karya yang akan ditampilkan | |||||
| b. c. d. | Membuat susunan acara Menata dan memperindah panggung yang akan dipakai Membuat kepanitiaan yang lengkap | |||||
13. | Apresiasi berarti … | ||||||
| a. | Menilai baik dan buruk | |||||
| b. c. d. | Member penghargaan Memberi tepuk tangan Melihat atau mengunjungi pergelaran | |||||
14. | Apresiasi yang mampu mendorong untuk lebih kreatif adalah … | ||||||
| a. | Apresiasi kreatif | |||||
| b. c. d. | Apresiasi aktif Apresiasi pasif Apresiasi nilai | |||||
15. | Pergelaran dapat memberikan pengalaman baru, termasuk fungsi sosial pameran … | ||||||
| a. | Sarana apresiasi | |||||
| b. | Sarana edukasi Sarana prestasi Sarana rekreasi | |||||
16. | Sarana edukasi sering disebut sebagai sarana …. | ||||||
| a. | Wawasan | |||||
| b. c. d. | Penilaian Adu ketangkasan Informasi | |||||
17. | Dengan mengunjungi pergelaran kita bisa mendapatkan hiburan, termasuk fungsi pergelaran sebagai sarana … | ||||||
| a. | Sarana apresiasi | |||||
| b. | Sarana edukasi | |||||
| c. d. | Sarana prestasi Sarana rekreasi | |||||
18. | Sarana prestasi pergelaran adalah … | ||||||
| a. | hubungan antar seniman | |||||
| b. c. d. | Hubungan seniman dan masyarakat Hubungan masyarakat dan masyarakat Mengukur kemampuan seniman | |||||
19. | Kebutuhan jasmani dan rokhani bisa seimbang adalah fungsi sosial pergelaran sarana … | ||||||
| a. | Edukasi | |||||
| b. | Informasi Rekreasi Evaluasi | |||||
20. | Salah satu fungsi pergelaran di sekolah adalah … | ||||||
| a. | Membuat persaingan antar siswa | |||||
| b. c. d. | Menciptakan penyegaran dari kejenuhan belajar di kelas Siswa lebih giat belajar di kelas | |||||
21. | Langkah paling awal dalam pelaksanaan pergelaran di sekolah adalah … | ||||||
| a. | Mengumpulkan dana | |||||
| b. | Melakukan perencanaan Menyeleksi karya Mengadakan rapat OSIS | |||||
22. | Secara garis besar perencanaan di awali dengan … | ||||||
| a. | Menentukan jumlah iuran / dana | |||||
| b. c. d. | Membuat rencana kegiatan Mencari waktu dan tempat yang baik Merumuskan tema | |||||
23. | Sifat dari sebuah tema adalah … | ||||||
| a. | Abstrak | |||||
| b. c. d. | Konkrit Misi idealis Monumental | |||||
24. | Tema biasanya dihubungkan dengan peristiwa monumental, artinya… | ||||||
| a. | Singkat jelas dan padat | |||||
| b. c. d. | Memakai kata-kata sederhana Menjelaskan pokok-pokoknya saja Dihubungkan dengan peristiwa sejarah | |||||
25. | Tema yang cocok untuk sebuah kegiatan yang diadakan bulan mei adalah … | ||||||
| a. | Pentingnya pendidikan | |||||
| b. c. d. | Emansipasi wanita Semangat Kepahlawanan Jiwa kepahlawanan |