Misteri Batu Vottovaara, Fenomena Alam Yang Tak Terpecahkan


Dua puluh kilometer sebelah tenggara Desa Sukkajarvi, bagian barat Bukit Karelia, wilayah Karelia, Rusia terdapat Gunung Vottovaara. Wilayah ini pernah tertutup lapisan es besar, yang tebalnya sampai beberapa kilometer sekitar 10.000 tahun yang lalu.

Lapisan es tersebut lama-kelamaan mencair dan kini meninggalkan sebuah lanskap yang unik berupa batu-batu berserakan yang bentuknya aneh. Salah satu batu yang paling mencolok di Vottovaara adalah 'balancing stone' (batu seimbang), yang terdiri dari sebuah batu besar disangga oleh batu-batu kecil.

Batu lain yang menarik adalah batu yang berbentuk seperti tangga. Ada juga yang berbentuk batu terbelah. Tiupan angin yang terus-menerus, pohon-pohon pinus kerdil, rawa-rawa serta batu-batu aneh itu menjadi pemandangan berbeda di Karelia.

Bebatuan tersebut menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Banyak orang yang datang karena penasaran dengan bentuk aneh batu-batu itu. Sebagian dari mereka bahkan tak percaya jika batu-batu tersebut tercipta dengan sendirinya karena proses alam. Mereka yakin batu-batu ini dibentuk dan ditempatkan di sana oleh tangan manusia.


Namun faktanya, batu-batu yang ada di Vottovaara memang terbentuk secara alami. Suku Sami yang merupakan masyarakat adat setempat menyakini bahwa Vottovaara adalah gunung suci, dan menyebut batu-batu aneh itu 'Sieds'. Mereka menganggap batu-batu itu memiliki keuatan gaib.

Demikian informasi di atas semoga bermanfaat untuk anda, terimakasih.


Sumber https://www.pgrionline.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel