Nama Bintang Yang Lebih Besar Dari Matahari

Jika kita ketahui, tentu Matahari boleh menjadi bintang terbesar di sekitar bumi. Namun, jika dibandingkan dengan bintang yang satu ini, Matahari ibarat sebuah kutu yang yang menempel pada tubuh manusia.

UY Scuti, itulah nama bintang yang saat ini tercatat sebagai bintang terbesar di alam semesta. Dengan bobot setara 30 kali Matahari, UY Scuti mempunyai ukuran yang fenomenal, yakni 1.700 kali lebih besar dari Matahari.

Tidak mengejutkan bila ilmuwan menggolongkan UY Scuti di kelompok bintang 'hypergiant'. Hanya bintang-bintang dengan lebar ratusan kali Matahari yang boleh masuk golongan ini.


Saking besarnya, jika UY Scuti ditempatkan di tata surya kita, maka sekitar 50 persen ruang di tata surya akan habis terpakai. Lebar bintang UY Scuti bahkan bisa melebihi jarak Matahari kita ke Jupiter!

Yang tidak kalah mencengangkan, awan panas yang dihasilkan oleh bintang UY Scuti mampu mencapai jarak 10 kali lipat jarak Matahari ke Pluto.

Akan tetapi, UY Scuti bukanlah bintang paling berat di alam semesta. Seperti yang dilansir oleh Phys.org (09/02), gelar bintang paling berat di jagad raya menjadi milik bintang R136a1.

Walaupun hanya mempunyai lebar 30 kali Matahari, bobot bintang R136a1 diprediksi sekitar 265 kali bobot Matahari. Sementara bobot UY Scuti hanya sedikit lebih besar dari 30 kali Matahari.


Sumber https://blogomjhon.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel