Mikroskop (Pengertian, 14 Bagian dan Fungsi, Gambar)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang Mikroskop meliputi Pengertian Mikroskop, Fungsi Mikroskop, 14 bagian-bagian Mikroskop dan fungsinya berserta gambarnya. Silakan disimak selengkapnya...

A. Pengertian Mikroskop

Mikroskop adalah alat bantu yang digunakan untuk melihat dan mengamati benda-benda yang berukuran sangat kecil yang tidak mampu dilihat dengan mata telanjang. Kata Mikroskop berasal dari bahasa latin, yaitu “mikro” yang berarti kecil dan kata “scopein” yang berarti melihat. Benda kecil dilihat dengan cara memperbesar ukuran bayangan benda tersebut hinga berkali-kali lipat. Bayangan benda dapat dibesarkan 40 kali, 100 kali, 400 kali, bahkan 1000 kali, dan perbesaran yang mampu dijangkau semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi. Setelah mengetahui Apa itu mikroskop, mari kita pelajari cara / langkah-langkah menggunakan mikroskop dan cara merawat mikroskop. 

B. Fungsi Mikroskop

Mikroskop memiliki fungsi sebagai berikut:

Fungsi utamanya adalah untuk melihat dan mengamati benda-benda dengan ukuran yang sangat kecil yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Fungsi lain dari mikroskop masih akan berakar pada Fungsi utamanya, kecuali beberapa jenis mikroskop yang dibuat untuk berfungsi lebih detail, misalnya, ada jenis mikroskop yang dibuat hanya untuk mengamati hanya satu jenis objek mikroskopis.

C. Bagian Bagian Mikroskop dan Fungsinya

Menyadari pentingnya keterampilan menggunakan mikroskop dalam pembelajaran ilmu biologi, tentu dirasa perlu bagi kita sebagai siswa-siswi sekolah untuk mempelajari bagaimana cara menggunakan mikroskop dengan terlebih dahulu mengenali bagian bagian mikroskop dan fungsinya secara detail. Berikut ini silakan dipahami gambar mikroskop dan bagian-bagiannya.

 Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang  Mikroskop (Pengertian, 14 Bagian dan Fungsi, Gambar)

  1. Lensa okuler adalah lensa yang letaknya dekat dengan mata observer. Lensa ini berfungsi untuk membentuk bayangan maya, tegak, diperbesar dari lensa objektif.
  2. Lensa objektif adalah lensa yang berada dekat dengan objek yang diamati. Lensa ini  berfungsi untuk membentuk bayangan nyata, terbalik, diperbesar. Pembesaran dari lensa objektif dapat diatur oleh bagian revolver yang ada pada mikroskop.
  3. Tabung mikroskop atau tubus adalah bagian mikroskop berbentuk tabung yang berfungsi mengatur fokus serta menghubungkan lensa okuler dengan lensa objektif.
  4. Makrometer atau pemutar kasaradalah bagian mikroskop yang berfungsi menaik-turunkan tabung mikroskop dengan cepat.
  5. Mikrometer atau pemutar halus adalah bagian mikroskop yang berfungsi menaik-turunkan tabung mikroskop dengan lambat. Ukurannya umumnya lebih kecil dibanding makrometer.
  6. Revolver adalah bagian mikroskop yang berfungsi mengatur perbesaran lensa objektif.
  7. Reflektor adalah bagian mikroskop yang berfungsi memantulkan cahaya dari cermin ke objek yang diamati melewati lubang yang ada di meja objek. Reflektor terdiri dari dua jenis cermin, yaitu cermin datar dan cermin cekung. Cermin datar digunakan saat cahaya yang dibutuhkan terpenuhi, sedangkan cermin cekung digunakan saat kondisi kurang cahaya. Cermin cekung berfungsi mengumpulkan cahaya.
  8. Diafragma adalah bagian mikroskop yang berfungsi mengatur sedikit banyaknya cahaya yang masuk.
  9. Kondensor adalah bagian mikroskop yang berfungsi mengumpulkan cahaya. Alat ini bisa putar dan dinaik-turunkan.
  10. Meja kerja atau meja mikroskop adalah bagian mikroskop yang berfungsi untuk meletakkan objek yang diamati.
  11. Penjepit kaca berfungsi sebagai pelapis objek agar tidak bergeser-geser ketika diamati.
  12. Lengan mikroskop berfungsi sebagai pegangan pada mikroskop.
  13. Kaki mikroskop berfungsi penyangga atau penopang mikroskop.
  14. Sendi inklinasi atau pengatur sudut adalah alat atau bagian dari mikroskop yang berfungsi untuk mengatur sudut tegaknya mikroskop.
Referensi :
 

http://www.dosenpendidikan.com/pengertian-fungsi-dan-bagian-dari-mikroskop/

Demikian artikel tentang Mikroskop meliputi Pengertian Mikroskop, Fungsi Mikroskop, 14 bagian-bagian Mikroskop dan fungsinya berserta gambarnya.Semoga dapat menambah 
Sumber https://www.artikelmateri.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel