Macam-macam Jenis Tindakan Sosial

Tindakan sosial yang dilakukan oleh manusia dapat dibedakan ke dalam beberapa kategori, yaitu tindakan sosial yang bersifat rasional, irasional, dan tradisional.

1) Tindakan sosial yang bersifat rasional

Tindakan sosial yang bersifat rasional adalah tindakan sosial yang dilakukan dengan pertimbangan dan pilihan secara sadar, meliputi suatu unsur yang sistematis dan teratur untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Contohnya, Pak Wawan sebagai pelatih sepak bola di SMPN 1 Kujang mengatur taktik permainan untuk memenangkan babak final kejuaraan sepak bola antarsiswa SMP se-kabupaten. Contoh lainnya, untuk membantu pemahaman mengenai pelajaran yang tidak bisa dimengerti di sekolah, Andri bergabung dengan sebuah lembaga bimbingan belajar terkemuka yang ada di kotanya.

2) Tindakan sosial yang bersifat irasional

Tindakan sosial yang bersifat irasional adalah tindakan sosial yang berorientasi pada suatu sistem nilai tertentu. Tindakan yang akan dilakukan bersifat tiba-tiba tanpa memperhitungkan asas dan tujuan tindakan. Contohnya, menolong orang yang kecelakaan. Contoh lainnya adalah memberi persembahan kepada jin penunggu tempat yang dikeramatkan.

3) Tindakan sosial yang bersifat tradisional

Tindakan sosial yang bersifat tradisional adalah tindakan sosial yang menggunakan pertimbangan tradisi yang sudah baku, sehingga tidak memperhitungkan proses sosial dan tujuannya. Contohnya Upacara Seba, yaitu kebiasaan tradisional suku Badui saat mengadakan kunjungan ke kepala kabupaten setempat. Contoh lain adalah mencium tangan dan mengucapkan salam kepada orang tua saat akan pergi dari rumah.

Secara umum, semua tindakan yang dilakukan oleh manusia dalam masyarakat berhubungan dengan kebutuhan hidupnya. Dengan kata lain, tindakan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang semakin kompleks seiring dengan perkembangan zaman.


Sumber https://blogomjhon.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel