DI KABUPATEN INI BUTUH BANYAK GURU PAI


Keberadaan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi salah satu ujung tombak dalam menanamkan pendidikan keagamaan kepada siswa di bangku sekolah.

Namun kenyataannya, jumlah guru PAI di Kabupaten Banyumas masih kurang. Data terakhir menyebutkan, kekurangan tersebut mencapai 776 orang. Saat ini Banyumas hanya memiliki guru PAI sebanyak 1.029 orang yang tersebar di seluruh jenjang pendidikan.

“Kekurangan tersebut terjadi pada seluruh jenjang, mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA/SMK,” kata Kasi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyumas, Purwanto Hendro Puspito.

Berdasarkan data, kebutuhan sebanyak 776 orang tersebut terdiri dari jenjang TK swasta sebanyak 210 orang dan TK negeri sebanyak 3 orang.

Kemudian kebutuhan guru PAI jenjang SD negeri sebanyak 163 orang dan SD swasta sebanyak 21 orang. Selanjutnya jenjang SMP negeri masih membutuhkan sebanyak 94 orang dan SMP swasta sebanyak 65 orang.

Adapun untuk jenjang SMA negeri, kebutuhannya mencapai 72 orang dan SMA swasta sebanyak 22 orang. Berikutnya untuk jenjang SMK negeri membutuhkan 63 orang dan SMK swasta sebanyak 57 orang.  Untuk jenjang SDLB swasta masih butuh 2 orang guru PAI.

”Saat ini hampir seluruh sekolah di semua jenjang kekurangan guru PAI. Kami sudah mengusulkan kekurangan tersebut ke Kanwil agar diteruskan pada pemerintah pusat,” terangnya.

Dia menilai, terjadinya kekurangan ini terjadi karena pengangkatan CPNS untuk formasi guru PAI dari pemerintah pusat sangat minim, sedangkan kebutuhan di lapangan terus bertambah.


Sumber https://www.pgrionline.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel