Posisi Pemain Yang Bertugas Sebagai Penyerang Dalam Permainan Sepak Bola

Posisi barisan pemain sepak bola pada umumnya dibagi menjadi tiga barisan. Yaitu barisan paling depan, kemudian barisan tengah yang disebut juga gelandang yang bertugas menjadi penghubung antara pemain depan dan pemain belakang, dan barisan paling belakang yang disebut dengan bek yang bertugas menjaga daerah pertahanan agar tidak dibobol oleh lawan. Pemain penyerang dalam permainan sepak bola atau disebut juga Striker adalah pemain yang menempati posisi di garis paling depan. Tugas utamanya adalah mencetak gol. Jumlah pemain yang menempati posisi sebagai pemain penyerang jumlahnya tidak tentu, tergantung formasi yang dipakai. Bisa dua orang penyerang, tiga orang penyerang, dan empat orang penyerang. Semua pemain yang menempati posisi penyerang saling bekerja sama untuk mencetak gol. Pembagian tugas pemain yang menempati posisi penyerang yaitu:

1. Penyerang utama / Penyerang murni

Penyerang utama adalah pemain yang bertugas mencetak gol. Dalam usahanya untuk mencetak gol penyerang utama menempati posisi di tengah barisan paling depan. Dia dibantu oleh pemain penyerang kiri luar, kanan luar, dan pemain barisan tengah atau gelandang penghubung.

2. Pemain penyerang bayangan

Penyerang bayangan adalah pemain yang menempati posisi dibelakang penyerang utama dengan tugas untuk memberikan umpan akurat kepada penyerang utama, membuka pertahanan lawan, mengupayakan gol untuk timnya serta membantu pertahanan saat dibutuhkan.

3. Penyerang sayap

Penyerang sayap adalah pemain yang berfungsi  juga membantu serangan dari sektor sayap dengan memberikan umpan-umpan kepada penyerang murni serta membuka ruang untuk penyerang murni agar dapat mencetak gol. Namun jika ada kesempatan penyerang sayap juga dapat mencetak gol.

Tiga hal utama yang harus dimiliki oleh pemain penyerang adalah: kecepatan, teknik, dan bakat. Bila salah satu syarat di atas tidak terwujud, sulit menjadi penyerang yang andal. Penyerang juga membutuhkan naluri dan konsentrasi yang tajam.

Posisi lainnya yang juga mirip dengan penyerang adalah posisi "penyerang bayangan", atau sering disebut "penyerang lubang/ "Gelandang serang". Posisi penyerang bayangan berada tepat di belakang penyerang murni ataupun dibelakang di antara 2 striker murni. Tugas penyerang bayangan sedikit lebih rumit, karena selain menerima umpan dari pemain di belakang, juga kadang-kadang harus memberi umpan terhadap pemain di depannya .Penyerang bayangan juga harus membantu pertahanan ketika dibutuhkan.



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel