Contoh Sistematika PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
Tuesday, September 15, 2015
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau dalam bahasa inggrisnya class action research merupakan salah satu jenis penelitian sosial yang bertujuan untuk menemukan dan mencari solusi masalah-masalah terkait kualitas pembelajaran. Seorang guru tentunya wajib memahami dan harus melaksanakan PTK agar kualitas pembelajaran semakin baik dan siswa akan semakin antusias belajar. PTK kini menjadi salah satu karya tulis wajib guru dan banyak diperlombakan baik di tingkan propinsi hingga nasional. Pengalaman saya mengikuti lomba karya tulis guru, isi sebuah PTK bisa mengujii sebuah model belajar, metode belajar atau membuat alat peraga dan tentunya harus dibuktikan dengan penerapannya pada kegiatan belajat di kelas. Bagi yang ingin mengetahui sistematika sebuah PTK, berikut saya berikan contohnya.
SISTEMATIKA PTK
1. Bagian Awal
Judul/Cover
Lembar Pengesahan
Pernyataan Keaslian Karya (bermaterai)
Kata Pengantar
Abstrak
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
2. Bagian Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latara Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kerangka Teori
B. Hipotesa Tindakan
BAB III METODE
A. Pendekatan Penelitian
B. Waktu dan Tempat PenelitianC. PRosedur Siklus Tindakan
D. Analisa Data
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Hasil
B. Pembahasan
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Daftar Pustaka
Lampiran
PENJELASAN
HALAMAN JUDUL
Halaman judul ini memuat judul penelitan, nama peneliti, nama institusi dan tahun pembuatan.
LEMBAR PENGESAHAN
Lembar pengesahan berisi pengesahan oleh kepala sekolah dan pihak terkait lainnya
KATA PENGANTAR
ABSTRAK
Abstrak berisi saripati/inti unsur-unsur penelitian mencakup: permasalahan, tujuan, prosedur penelitian, hasil penelitian, kesimpulan dan saran. Abstrak tidak boleh lebih dari satu halaman.
DAFTAR ISI
Daftar isi memuat: Pengantar, Daftar Judul dan Sub Judul, Daftar Rujukan dan Lampiran dengan dilengkapi nomor halaman.
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Memuat uraian kondisi siswa dan masalah pembelajaran yang dihadapi di kelas serta pentingnya masalah tersebut untuk dicari solusinya.
B. Perumusan Masalah
Memuat hasil identifikasi dan analisis masalah menjadi rumusan masalah yang ditulis dalam bentuk kalimat tanya.
C. Tujuan Penelitian
Ditulis sesuai dengan rumusan masalah dan tindakan perbaikan.
D. Manfaat Penelitian
Memuat penjelasan tentang manfaat penelitian bagi guru, siswa, lembaga dan pengembangan pembelajaran
BAB II KAJIAN PUSTAKA
Kajian pustaka berisi uraian teori, pendapat pakar dan atau pengalaman nyata yang nantinya akan menghasilkan suatu hipotesis tindakan yaitu pemecahan masalah sementara dan nantinya dibuktikan melalui penelitian yang menekankan pada proses bukan hasil.
BAB III PELAKSANAAN PENELITIAN
Merupakan uraian mengenai subjek penelitian, tempat, waktu, prosedur siklus PTK (perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data dan refleksi). Rencana proses tindakan diuraiakan secara detail tentang apa yang harus dilakukan guru dan siswa.
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
1. Hasil penelitian menunjukkan aspek kebermanfaatan, keterbaruan, keaslian, implementatif dan inovatif dalam pembelajaran.
2. Uraian data hasil penelitian secara rinci dari mulai perencanaan, hasil observasi, pelaksanaan dan refleksi.
3. Sajian hasil analisis data diurutkan sesuai rumusan masalah.
4.Pembahasan dapat ditulis terpadu dengan sajian hasil penelitian, atau ditulis secara terpisah setelah sajian hasil penelitian.
5. Setiap sajian hasil disertai pembahasan, argumentasi mengapa hasilnya seperti itu, dikaitkan dengan pengalaman praktis, teori atau pakar dalam kajian pustaka.
6. Hasil penelitian menunjukkan aspek kebermanfaatan, keterbaruan, keaslian, implementasi hasil inovasi dalam pembelajaran.
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Memuat uraian singkat tentang kesimpulan dan saran. Kesimpulan mengacu pada rumusan masalah sedangkan saran mengacu pada hasil penelitian.
DAFTAR PUSTAKA
Berisi semua referensi atau rujukan yang digunakan sebagai acuan penelitian, ditulis secara konsisten mengikuti aturan penulisan daftar pustaka.
LAMPIRAN
Hal-hal yang dilampirkan dapat berupa: RPP, lembar observasi, instrumen penelitian, prototipe media pembelajaran, hasil tes, foto, video rekaman dan dokumen lain dianggap perlu dilampirkan.
Sumber dan Gambar:
Kementerian Pendidikan Nasional
disini Sumber https://geograph88.blogspot.com/