MANFAAT BERMAIN SEPAK BOLA BAGI ANAK-ANAK

Permainan sepak bola adalah permainan yang sangat digemari oleh anak-anak. Mulai anak kecil sampai remaja yang beranjak dewasa. Di sekolah-sekolah SD sampai tingkat SLTA olahraga sepak bola adalah olahraga faforit. Dilihat dari segi pengembangan kebugaran jasmani bagi anak-anak olahraga sepak bola sangat banyak manfaatnya. Selain itu secara psikologis permainan sepak bola juga bagus untuk mengembangkan sikap kerja sama dan sikap menghargai antar sesama teman.

Berikut ini beberapa manfaat permainan sepak bola bagi anak-anak antara lain:

1.       Mengembangkan Kebugaran kardiovaskular. Saat bermain sepak bola. Anak berlari dan mengejar bola, disitu terdapat manfaat yaitu meningkatkan karakteristik metabolisme otot dan kebugaran aerobik anak-anak.

2.       Membangun otot-otat tubuh. Permain sepak bola secara nyata dapat membantu membangun otot dan memperkuat otot-otot kaki, paha, perut, dan dada. Ketika anak-anak  bermain sepak bola, secara tidak sadar anak-anak telah membangun dan membentuk otot dengan cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan juga dapat membantu meningkatkan kinerja atletik. Dengan otot yang lebih kuat, hal ini juga akan membantu mengurangi risiko cedera.

3.       Mengembangkan Kekuatan Rutin bermain sepak bola, akan membangun kekuatan pada kaki, khususnya bagian  paha depan dan paha belakang. Gerakan seperti menendang, melompat, berjalan mundur dan berlari mengelilingi lapangan akan memberikan manfaat pada kaki anak-anak dan tubuh bagian atas.

4.       Mengembangkan kelincahan dan Fleksibilitas

5.       Gerakan cepat yang dibutuhkan dalam sepak bola akan membantu atlet menjadi lebih fleksibel. Kaki, dada, dan lengan semua akan menjadi lebih fleksibel karena pergeseran konstan yang dilakukan saat bermain, yang juga mendorong otot-otot menjadi lebih kuat. Peningkatan fleksibilitas juga akan membantu mengurangi risiko cedera, karena tubuh akan dilatih untuk bergerak terus-menerus dalam intensitas yang tinggi.

6.       Kontrol berat badan. Mereka yang gemar bermain sepak bola cenderung tidak memiliki badan yang gemuk, karena jenis olahraga ini dapat membantu mereka kehilangan sejumlah besar lemak di tubuh. Sepak bola adalah bentuk latihan aerobik, dan dapat membantu membakar banyak kalori dan lemak, yang berarti bahwa seorang kemungkinan dapat mempertahankan berat badannya. Ketika seorang atlet bermain sepak bola, berarti dia sedang jogging, berlari, dan berlari untuk jangka waktu yang panjang, yang merupakan cara untuk mendapatkan latihan aerobik.

7.       Meningkatkan stamina.

8.       Lebih berdisiplin.

9.       Belajar teamwork (Belajar bekerja sesama teman)

10.   Melatih sportivitas.

11.   Sepak bola menyenangkan menenangkan dan membuat anak-anak  ingin bermain. Hal ini menguntungkan bagi kapasitas kehidupan anak-anak dan mengurangi risiko terhadap kesehatan.

12.   Sepak bola Membuat anak menjadi sukarela mengatur waktu mereka. Karena untuk latihan sepak bola diperlukan waktu khusus.

13.   Melatih anak untuk bisa saling menghargai satu sama lain, mengerti dan paham akan posisi mereka berada.

14.   Mengajarkan konsep tim dan kebersamaan pada anak serta makna kepemimpinan.


Itulah macam-macam manfaat  olahraga permainan sepak bola bagi anak-anak. Karena sepak bola adalah olahraga yang digemari oleh anak-anak, maka untuk melakukan permainan ini tidak usah repot-repot menyuruh anak bermain bola. Orang tua tinggal mengawasi dari jauh dan mengingatkan anak agar dapat membagi waktu dan jangan bermain sepak bola yang membahayakan badan dan kesehatan tubuh. Orang tua harus membimbing anak agar permainan sepak bola yang ia lakukan tidak sampai mencederai teman atau diri sendiri.

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel