Taktik Pertahanan Permainan Softball

Pada dasarnya strategi pertahanan adalah siasat atau usaha dari regu penjaga lapangan untuk bertahan mematahkan atau menangkis serangan lawan dengan jalan mematikan pelari, ataupun batter, agar tidak dapat maju ke base depannya dan tidak memperoleh nilai.

Hal-hal yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh para pemain softball ketika berada pada posisi berjaga di lapangan permainan adalah:

  1. Sebagai pemain penjaga lapangan harus selalu siap , waspada, pandai menganalisis kemungkinan yang terjadi sebelum permainan atau pitching dilakukan. Disamping itu dia harus mengetahui situasi permainan yang sedang berlangsung seperti; keadaan nilai, hitungan ball dan strike, jumlah out, inning yang ke berapa, kekuatan dan kelemahan lawan, serta ciri-ciri batter / pemukul maupun runner/pelari.
  2. Sebagai pemain yang bertugas menjaga lapangan  harus mengetahui akibat yang terjadi dari tindakan yang ia lakukan.
  3. Sebagai pemain penjaga lapangan harus pandai menempatkan posisi, melakukan tangkapan, serta terampil dan cepat mengambil untuk melempar keras dan tepat terhadap sasran yang dituju. Komponen tersebut harus dapat dikoordinasi dengan baik dengan gerak yang kontinyu, cepat, dan berlangsung secara wajar.
  4. Menguasai Pelari. Yaitu menjaga pelari agar tidak dapat melanjutkan ke base depannya. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah pelari agar tidak sampai ke base depannya adalah memburu dan mengejar pelari agar tidak sampai ke base depannya. Jika posisi bola jauh dan tidak mungkin untuk melakukan pengejaran. Lakukan operan lemparan dengan teman untuk bekerja sama mencegat dan mematikan pelari.

Perlu diketahui oleh penjaga lapangan, jangan boros melakukan lemparan tanpa tujuan tertentu. Apabila kemungkinan mematikan lawan sangat kecil. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena disamping lemparan menjadi kurang berarti dapat berakibat fatal bagi regu sendiri dan menguntungkan regu lawan. Dipihak lain juga dapat mengakibatkan kelelahan sehingga tangkapan atau lemparan bola kurang terkontrol. Jika sudah demikian maka pihak lawanlah yang akan senang karena akan mendapat keuntungan dari kesalahan kita.

Pada dasarnya strategi pertahanan adalah siasat atau usaha dari regu penjaga lapangan untu Taktik Pertahanan Permainan Softball



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel