Olahraga Penurun Tekanan Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi adalah disebabkan oleh menyempitnya pembuluh darah di dalam tubuh yang mengakibatkan terjadinya tekanan darah tinggi. Tekanan darah biasanya dipengaruhi oleh usia seseorang. Pada usia muda dibawah 40 tahun umumnya tekanan darahnya adalah 110-120. Sedang bagi orang yang usianya diatas 40 tahun pada umumnya berkisar antara 120 - 130.

Penyakit tekanan darah tinggi umumnya diderita seseorang pada usia di atas 40 tahun. Ada 2 faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit darah tinggi. Yang pertama adalah keturunan dan yang kedua adalah dari pola hidup yang dijalani ketika masih muda. Tanda-tanda yang dirasakan oleh penderita penyakit darah tinggi umumnya merasakan pusing dan sakit kepala pada saat tekanan darahnya naik di atas normal.

Bagi orang yang ingin menjaga kesehatannya agar tidak terkena penyakit tekanan darah tinggi adalah salah satunya rajin berolah raga. Karena dengan berolahraga secara teratur banyak sekali manfaatnya untuk menjaga kebugaran dan kesehatan jasmani yang salah satu pengaruh dari olahraga latihan kebugaran jasmani adalah melancarkan peredaran darah dan menjaga tumbuh kembang dan menjaga penyempitan  pembuluh darah.

Namun bagi orang-orang yang sudah terlanjur menderita penyakit tekanan darah tinggi, jika ingin berolahraga maka harus mendapat rekomendasi dari dokter bahwa ia boleh melakukan olahraga. Karena aktivitas olahraga bagi kesehatan tubuh adalah lebih banyak pada tindakan preventif. Namun dengan rajin berolahraga juga dapat mencegah kambuhnya penyakit tekanan darah tinggi.

Macam-macam olahraga yang berguna untuk mencegah agar terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi adalah:

  1. Jogging di pagi hari. Olah raga joging dapat berupa jalan kaki atau lari lari kecil. Olahraga di pagi hari dapat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Energi yang dikeluarkan juga berguna untuk membakar lemak dan zat-zat dalam tubuh yang tidak berguna.
  2. Olahraga senam ritmik misalnya gerakan peregangan-peregangan anggota tubuh
  3. Olahraga bersepeda. Olahraga ini juga sangat bermanfaat untuk Melatih kekuatan otot jantung dan memperlancar peredaran darah. Mencegah kelebihan kolestrol yang menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi.
Pengaruh olahraga kebugaran jasmani juga akan meningkatkan ketegangan otot dan pembuluh darah dan mengubah jaringan yang lemah dan lunak menjadi jaringan yang kuat dan kukuh. Dalam proses itu sering terjadi penurunan tekanan darah tinggi.



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel