Manfaat Senam Taichi

Senam Taichi kini sudah banyak dilakukan oleh oaring-orang diseluruh Indonesia. Senam taichi yang mulanya hanya terbatas dilakukan oleh kalangan perguruan wushu dan kungfu sekarang sudah banyak diikuti olah masyarakat luas. Senam taichi banyak di gelar di lapangan-lapangan pedesaan dan  perkotaan. Acara senam taichi biasanya dilakukan pada waktu pagi hari sebelum matahari terbit, sore, atau malam hari. Senam Taichi banyak diikuti oleh orang tua dan orang-orang yang sedang menderita gejala penyakit darah tinggi, gejala penyakit jantung, sakit rheumatic , dan lain sebagainya. Keikutsertaan mereka dalam senam Taichi kebanyakan berasal dari mulut-ke mulut dari orang yang sudah merasakan manfaatnya.  Setelah mengikuti senam Taichi badan mereka terasa segar dan penyakit yang sering kambuh sekarang sudah tidak lagi.

Beberapa manfaat senam Taichi antara lain:

  1. Mencegah Jatuh Pada Orang Tua .Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada 256 orang tua berusia 70 sampai 92 tahun, Tai chi sebanyak tiga kali seminggu selama enam bulan menurunkan kejadian jatuh pada orang tua yang melakukan Tai chi dibandingkan mereka yang melakukan olah raga peregangan biasa. Kejadian jatuh merupakan kejadian yang umum ditemui pada orang tua sehingga pencegahan jatuh akan mengurangi berbagai komplikasi lainnya seperti patah tulang, strok akibat penyakit darah tinggi.
  2. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh. Peningkatan keseimbangan orang tua yang melakukan Tai chi disebabkan karena berbagai gerakan senam ini umumnya melatih keseimbangan dan koordinasi otot. Hal ini pada akhirnya dapat diaplikasikan pada kegiatan sehari-hari orang tua yang memerlukan koordinasi otot.
  3. Meningkatkan Performa Seseorang. Senam Tai chi meningkatkan performa dalam beraktivitas, hal ini tentu saja akan meningkatkan kualitas hidup 
  4. Meningkatkan Rasa percaya  diri
  5. Meningkatkan Koordinasi Gerakan Tubuh
  6. Bagi orang yang sudah tua atau lanjut usia, senam Taichi lebih aman karena menggunakan gerakan-gerakan yang lambat
  7. Senam taichi tidak memerlukan peralatan khusus dan dapat dilakukan dimana saja.
  8. Melancarkan peredaran darah
  9. Aman untuk penderita Parkinson dan penyakit-penyakit lain. Parkinson adalah sebuah penyakit dengan karakteristik gangguan gerak dan berkurangnya keseimbangan tubuh akibat berkurangnya senyawa kimia dopamin di basal ganglia otak. Pada tahap yang lebih lanjut, penyandang Parkinson akan kehilangan stabilitas dalam bergerak, kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari dan kemungkinan terjatuh yang lebih besar. Pada penyandang Parkinson, Tai chi terbukti menurunkan gangguan keseimbangan dibandingkan olah raga beban dan olah raga peregangan otot. Selain itu, Tai chi juga terbukti aman untuk penyandang Parkinson karena efek samping yang ditemui minimal.
  10. Senam Taichi dapat menyegarkan badan

Olah raga ini terdiri dari berbagai urutan gerakan untuk melatih koordinasi tubuh dan keseimbangan. Senam ini merupakan kombinasi meditasi, pengaturan pernafasan dan berbagai gerakan olah tangan dan kaki dengan kecepatan lambat. Tai chi telah berkembang di negeri tirai bambu sejak abad ke 16. Senam ini telah mengalami berbagai perkembangan dan modifikasi gaya. Tai chi tidak melibatkan kontak tubuh, tidak memerlukan peralatan khusus dan dapat dilakukan dimana saja.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel