7 Tips Pola Hidup Sehat

Gaya hidup yang dianut oleh orang modern cenderung instan. Segala sesuatu di dapat dengan mudah sehingga menimbulkan rasa malas. Prilaku tersebut membuat kualitas kesehatan menjadi menurun. Untuk mencegah hal tersebut marilah kita kembalikan kualitas kesehatan kita dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Kurangi makanan instan atau cepat saji. Makanan instan banyak mengandung bahan pengawet yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan mengganggu kesehatan
  2. Berolahraga secara rutin. Kesibukan memang terkadang membatasi kegiatan kita, namun tidak ada alasan untuk tidak berolahraga. Contoh sederhana: Jika anda ingin belanja ke toko yang jaraknya tidak lebih dari 200 meter dari rumah anda dan anda biasanya pergi dengan naik motor, mulai sekarang  lebih baik gunakan jalan kaki. Selain dapat membakar kalori, jalan kaki juga dapat memperkuat otot kaki.
  3. Konsumsi lebih banyak sayuran dan buah. Buah dan sayuran mengandung nutrisi yang diperlukan bagi tubuh. Selain memberikan asupan vitamin dan mineral, serat yang ada pada buah dan sayuran dapat mengikat zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Misalnya lemak tubuh yang berlebihan.
  4. Jauhi Narkoba. Pemakaian obat-obatan yang terlarang dapat meruak kesehatan tubuh. Narkoba tidak hanya merusak fisik, namun juga dapat merusak jaringan otak dan mental terganggu.
  5. Perbanyak konsumsi air putih. Air putih memperlancar berlangsungnya reaksi-reaksi metabolisme dalam tubuh dan mencegah tubuh dari dehidrasi
  6. Hindari konsumsi alkohol. Alkohol yang berlebihan dapat merusak liver
  7. Hindari merokok. Karena merokok dapat menggangu kesehatan untuk diri sendiri dan orang lain.
Pola hidup sehat sebaiknya dilatih sejak dini, yaitu sejak kanak-kanak, sejak remaja. Agar diwaktu besar nanti sudah terbiasa dengan pola hidup sehat. Biasakan hidup bersih. Hidup bersih ini dapat dilatih sejak kecil misalnya dengan membiasakan mencuci tangan pada waktu mau makan dan sesudah makan atau pada waktu mau memegang/mengambil makanan. Pekerjaan ini kelihatannya sepele namun dapat menjadi pembelajaran untuk memulai pola hidup sehat.



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel