Artikel psikolog AliranBehavioristik Pandangan aliran Behavioristik dalam kepribadian Sehat
Friday, August 1, 2014
AliranBehavioristik
Pandangan aliran Behavioristik dalam kepribadian Sehat
Pandangan aliran Behavioristik dalam kepribadian Sehat
TeoriBehavioristikadalahsebuahteori yang di cetuskanoleh gage dan Berliner tentangperubahantingkahlakusebagaihasildaripengalaman .Behavoralismelahirsebagaireaksiterhadapintrospeksionisme (menganalisisjiwamanusiaberdasarkanlaporansubjektif )danjugapsikoanalisis yang berbicaratentangalambawahsadar yang tidaktampak.
PendekatanBehavioristik(behavioral approach)kajianilmiahmengenaiberbagairesponperilaku yang dapat di amatidanpenentulingkungannya .Dengan kata lain ,pendekatanperilakumemusatkanpadainteraksidenganlingkungan yang dapatdilihatdan di ukur. Prinsippendekatanperilakujugatelah di terapkansecaraluasuntukmembantu orang mengubahperilakunyakearah yang lebihbaik (martin dan pear,2007, Watson dan Tharp,2007). Mengadopsipendekataninidisebutkaumbehavioristik .dipimpinintelektual John B.Watson (1878-1958) danB.F.Skinner (1904-1990), behaviorismemendominasikanpenelitianpsikologiselamasetengahabad 21 .
Skinner menekankanbahwaapa yang kitalakukanmerupakanujianterakhiratasdirikitasebenarnya .bahwaganjarandanhukumanmenentukanperilakukita . misalnya, seoranganakmungkinberperilakusopankarena orang tuanyatelahmemberiganjaranbagipelakutersebut. Orang dewasamungkinbekerjakeraspadapekerjaannyakarenauang yang di dapatdariusahanya .Menurutkaumbehavioristik ,bukankarenamotivasimendalam yang menjadikanseseorangkompeten , tetapikarenakondisilingkungan yang kitaalamidanteruskitaalami. (skinner,1983).
Para kaumbehavioristikkontemporermenekankanpentingnyamengamatiperilakuuntukmemahamiindividudanmerekaterusmenggunakanmetodeeksperimensepertididukungoleh Watson dan Skinner (cooper,Heron& Heward,2007) menekankanpentingnyapenentulingkungandanperilaku (De-santis-moniaci& Altshuler,2007) tetapitidaksemuakaumbehaviristikmenerimapenolakan proses berpikirolehkaumbehavioristiksering kali disebutkognisi.
KepribadiansehatBehavioristik
• Manusiaadalahmakhlukperespon
• Manusiatidakmemilikisikapdirisendiri
• Mementingkanfaktorlingkungan .
A. IVAN PETROVICH PAVLOV (1849-1936)
Aliranpsikolog di Rusiadipeloporioleh Ivan Petrovich Pavlov dikenalsebagaialiranbehaviorisme di Rusia.Behaviorismemerupakanalirandalampsikologi yang timbulsebagaiperkembangandanpsikologipadaumumnya. Para ahlipsikologidalamrumpunbehaviorismeinginmenelitipsikologisecaraobjektif .Merekaberpendapatbahwakesadaranmeruopakanhal yang dubious, tidakdapat di observasisecaralangsungsecaranyata.
Menurut Pavlov aktivitas organism dapat di bedakan :
1. Aktivitas yang bersifatrefleksif, yaituaktivitasorganisme yang tidak di sadariolehorganisme yang bersangkutan.
2. Aktivitas yang di sadari ,yaituaktivitasataskesadaranorganisme yang bersangkutan.
Berkaitandenganhaltersebut Pavlov sangatmemusatkanperhatiannyapadamasalahrefleks, karenapsikologi Pavlov seringdisebutsebagaipsikologirefleksataupsychoreflexology.
Eksperimen Pavlov banyakpengaruhnyapadamasalahbelajar ,misalnyapadapembentukankebiasaan(habit formation). Pavlov dalameksperimennyamenggunakananjingsebagaibinatangcoba.Anjingdioperasikansedemikianrupa ,sehinggaapabila air liurnyakeluardapat di lihatdandapat di tampungdalamtempat yang sudah di sediakan . Menurut Pavlov apabilaanjinglapardanmelihatmakanan ,kemudianmengeluarkan air liurmerupakanrespon yang alami , respon yang refleksifdisebutsebagairespon yang tidakberkondisi (unconditioned response).
B. EDWARD LEE THORNDIKE (1874-1949)
Thorndike dilahirkan di Williamsburg padatahun 1874 mempelajaribukunya James mengenai“ Principles of psychology”kemudian Thorndike menjaditemenbaik James . Thorndike merupakantokoh yang mengadakanpenelitianmengenai animal psychology .mengenaihewandiwujudkandalamdisertaidoktornya yang berjudul“animal intelligence: An Experimental Study of the Associative Processes in Animals”. Di terbitkanpadatahun 1911 denganjudul “Animal intelligence”(Hergenhahn,1976).
Menurutthorndikeasosiasiantara sense of impression danimpuls to action disebutsebagaikoneksiatauconnection ,yaituusahauntukmenggabungkanantarakejadiansensorisdenganperilaku . Thorndike menintikberatkanpadaaspekfungsionaldariperilaku, yaitubahwa proses mental danperilakuberkaitandenganpenyesuaiandiriorganismeterhadaplingkungannya .Karenaitu Thorndike di klasifikasikansebagaibehavioris yang fungsional ,berbedadengan Pavlov sebagaibehavioris yang asosiatif.
Menurut Thorndike dasardaribelajaradalah Trial and Error atausecaraasli di sebutnyasebagai learning by selecting and connecting. Thorndike mengajukanpengertiantersebutdarieksperimennyadengan puzzle box. Atasdasarpengamatannyaterhadapbermacam-macampercobaan ,thorndikesampaipadakesimpulanbahwahewanmenunjukkanadanyapenyesuaiandirisedemikianrupasebelumhewanitudapatmelepaskandiridari box . selajutnyadikemukakanbahwaperilakudarisemuahewancobaitusamayaituapabilahewancobadalamhalkucing yang digunakan – dihadapkanpadamasalahdalamkeadaan discomfort dandalammemecahkanmasalahnyadengan trial and error ataucobasalah.
C. BURRHUS FREDERICK SKINNER (1904-1990)
Tokohdalamkondisioningoperansepertihalnya Thorndike sedangkan Pavlov adalahtokohdalamkondisioningklasik.Bukunya yang berjudul“The behavior of organism”diterbitkandalamtahuninimemberikandasardansistemnya.Bukunya yang berjudul “Science and Human Behavior” terbitpadatahun 1953 merupakanbukutesknyauntuk Behavior Psychology .
Skinner membedakanperilakuatas :
1. Perilakualami(innate behavior) kemudian di sebut ,sebagai respondent Behavior (Hergenhahn,1976) yaituperilaku yang di timbulkan stimulus yang jelas , perilakubersifatrefleksi.
2. Perilakuoperan (operant behavior) yaituperilaku yang di timbulkanoleh stimulus yang tidak di ketahui ,tetapisemata-mataditimbulkanolehorganisme .
BerkaitandenganadanyaperilakuRespondendanperilakuOperan ,makakondisioningrespondendankondisioningoperan . Percobaan Skinner tidakjauhberbedadenganpercobaanThorndike ,Skinnermenggunakantikussebagaihewanpercobaansedangkan Thorndike menggunakankucing.
Ada duaprinsip yang berkaitandengankondisionigoperant :
1. Setiapresponsdiikutioleh reward bekerjasebagai reinforcement stimuli – cenderung di ulang
2. Reward atau reinforcement stimuli meningkatkankecepatan (rate) terjadinyarespons
Menurutskinner , reinforcement ada(reinforcement positifdan reinforcement negative) . Reinforcement positifadalahmeningkatkanprobalitasrespons ,sedangkan reinforcement negative adalah di tiadakandalamsuatusituasiakanmeningkatkanprobabilitasrespons. Dengandemikian reinforcement negative adalahhukumanatau punishment.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sumber :
Laura A.King(2010).Psikologiumum.Jakarta : SalembaHumanika
Prof. Dr. Bimowalgito(2010).Psikologiumum.Yogyakarta : Andi Yogyakarta